• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Jjapaguri : Variasi Mie yang Menggambarkan Kesenjangan Kelas Sosial di Film Parasite

tsuway.c001Avatar border
TS
tsuway.c001
Jjapaguri : Variasi Mie yang Menggambarkan Kesenjangan Kelas Sosial di Film Parasite


Assalamualaikum warohmatullah wabarokatu.

Hai hai, GanSist!
Ane kembali nge-thread lagi di akun ini, tapi sekarang ane mau bahas yang agak kekorea-koreaan walaupun sejujurnya ane lebih suka jejepangan.



GanSist yang sudah pernah menonton film Parasite, pasti tau hidangan Jjapaguri Sirloin. Makanan ini menjadi hidangan khas di film tersebut, terlebih lagi setelah film Parasitememenangkan Piala Oscar 2020. Seakan membuat nama Jjapaguri kembali melambung menjadi makanan populer di Korea meskipun bukan untuk pertama kalinya karena Jjapaguri pertama kali nge-trend di Korea pada tahun 2013.

Dalam film Parasite Jjapaguri Sirloin direpresentasikan sebagai bentuk pertemuan kelas sosial ataupun metamorfosis kekayaan karena memadukan Hanwoo atau Sirloin (daging sapi premium) yang menjadi makanan orang kaya dengan mie instant yang sangat murah yang biasa dikonsumsi rakyat jelata. Kalau dipikir-pikir lagi kombinasi makanan ini sepertinya tidak cocok dan terlalu memaksakan karena sangat menunjukkan kesenjangan antara si kaya dan si miskin.

Jjapaguri sendiri merupakan kombinasi dari dua jenis mie instan, yakni perpaduan antara mie jenis ramen atau ramyun yaitu Jjappagetti dan juga mie jenis udon yaitu Neoguri yang sebelumnya sudah sangat populer di wiayah Korea. Secara individual kedua jenis mie ini sangat berbeda.

Quote:


Jjapagetti atau Chapagetti merupakan versi hidangan mie instan yang populer di daratan Korea-Cina, yakni jajangmyeon (dibaca jjajangmyeon atau chajangmyeon) yang disajikan kering dengan campuran chajang (saus kacang hitam).

Quote:

Sementara Neoguri merupakan sup mie instan dengan rasa pedas seafood yang memiliki tekstur mie udon, tebal dan kenyal.

Maka dari itu Jjapaguri juga dipopulerkan dengan sebutan "Ram-Don", yang diambil dari singkatan Ramen dan Udon untuk menggambarkan variasi dari kombinasi dua jenis mie tersebut.

Buat GanSist yang mau coba buat hidangan satu ini, ga ada salahnya liat video ini. Siapa tahu kan, abis baca thread ini tetiba pengen bikin, ya kan?
Quote:


Sumber : Link
Diubah oleh tsuway.c001 13-02-2020 00:36
TaraAnggara
alva610
idarose
idarose dan 31 lainnya memberi reputasi
32
16.2K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.