qonidioAvatar border
TS
qonidio
Sang Ratu Perang Inspiratif Bagi Ane

Tulisan inspirasi dari sosok perempuan.

Assalamualaikum, Gansist! Berawal dari sebuah bangsa yang dahulu pernah dijajah, Indonesia tidak hadir begitu saja tanpa adanya perjuangan para pahlawan. Nah, mari kita menjadi bangsa yang besar, bangsa yang mampu mengingati jasa para pahlawan tersebut.

Cut Nyak Dien adalah sosok perempuan hebat, pernah hidup 111 tahun yang lalu. Bagi Ane pribadi sangat mengagumi beliau. Oke, fix mari Ane jabarin kelebihan beliau saja.


Alasan harus menjadikan Cut Nyak Dien teladan :

1. Pejuang perempuan yang ditakuti oleh musuh. Membaca komentar C. Van der Pol, "Een der merkwaardigeste vrouwen in Nederland Indie." (Salah satu wanita yang paling menakjubkan di Hindia Belanda). Kalau dalam hal berjuang seorang wanita mengaku kedudukannya sama untuk bela tanah air, i'm so exited! Dari hal tersebut dapat dilihat keberadaan Cut Nyak Dien amat diperhitungkan oleh Belanda.

2. Cut Nyak Dien adalah wanita berpengaruh. Segala keputusan dan langkahnya menjadi komando para pejuang kemerdekaan di Aceh saat itu berada di tangan Cut Nyak Dien sendiri. Ini dapat dilihat pada koran Batavia aasche Handelsblad yang terbit di Batavia sekitar tahun 1894 : "Zoo, staat Teuku Umar de man vat het oogenblik in Groot Atjeh, geheel order den invloed van zijn Tjut Nya' Din." (Demikian, Teuku Umar, orang paling penting di Aceh besar, sepenuhnya berada di bawah pengaruh istrinya, Cut Nyak Dien) (Mohammad Said, hal. 247. 1965) Belanda sendiri kerap menyebut Teuku Umar 'shurck' karena pengkhianatannya, tetapi kepada Cut Nyak Dien tidak pernah. Padahal banyak nyawa prajurit Belanda melayang karena strategi dari Cut Nyak Dien.

3. Cut Nyak Dien membawa suaminya kembali kepada kebenaran. Kebenaran untuk membela tanah air Indonesia. Dahulu Teuku Umar bersekongkol dengan Belanda, sampai akhirnya menikah dengan Cut Nyak Dien. Di awal kerap Teuku Umar berpura-pura memusuhi Belanda di hadapan Cut Nyak Dien. Berkat kegigihan Cut Nyak Dien untuk selalu menyemangati Teuku Umar membela negara akhirnya sang suami menjadi berkhianat kepada Belanda. Peran perempuan seperti inilah yang ditunggu dari zaman ke zaman.

4. Cut Nyak Dien menemani suaminya kemana saja. Dia selalu mendorong suaminya supaya tetap jihad memerangi Belanda. Satu di antara sebab utama maka Teuku Umar balik lagi ke pangkuan perjuangan Aceh. Sebagai istri yang turut merasa pahit pedih perjuangan dan terus mengingat meski bagaimanapun tidak boleh menyerah.

5. Cut Nyak Dien sosok yang tahan menderita. Sejak suaminya wafat, dikatakan bahwa ruh suaminya, Teuku Umar memberi dorongan kepadanya untuk terus tabah menderita, menyambut kelanjutan pahit perjuangan bersama-sama dengan pengikutnya. Begitulah, masuk dan keluar desa, masuk dan keluar belantara, naik dan turun gunung, diburu dan memburu.

6. Cut Nyak Dien hafal Al-Qur'an di luar kepala. Semenjak penangkapan Belanda terhadapnya, Cut Nyak Dien dibuang ke Sumedang. Di sana beliau mengajarkan ilmu Al-Qur'an kepada masyarakat di Sumedang.

7. Cut Nyak Dien meski tak dapat melihat faktanya tetap mampu berjuang. Semenjak ditinggal wafat suaminya, ternyata keadaan dramatis ini benar-benar membuat mata teriris. Dalam pekhianatan pengikutnya bernama Pang Laot, akhirnya Cut Nyak Dien ditangkap dalam keadaan sudah udzur dan rabun. Beliau dibuang dan diasingkan di Sumedang, tinggal di rumah H. Ilyas menebarkan ilmu-ilmunya termasuk ilmu agama serta strategi berperang.


Bagaiman Gansist siapa tokoh pahlawan favorit kalian?

Ane mengangap Cut Nyak Dien ini sosok perempuan yang begitu inspiratif. Tak kenal lelah mengupayakan kemanfaatan diri dan ilmunya lho.


Sekian thread Ane tentang Cut Nyak Dien. Semoga bermanfaat dan mengispirasi yah!



Sumber : gambar dari Wikipedia.org, baik, dan buku CGDNH


Ngawi, 3 Maret 2020
Salam Hangat,


Qonidio
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
781
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.