agnarraAvatar border
TS
agnarra
3 cara meredam amarah tanpa marah-marah
Agan sista, kehidupan itu gak bisa lepas ya dari hal-hal yang mengejutkan untuk diri kita, kejutan itu pun tidak hanya yang menyenangkan aja, tapi ada juga yang menguji kesabaran, namanya ujian
Nah, kalau udah ketemu yang namanya ujian, biasanya emosi itu bener-bener bisa meledak kapan aja kan ya, apalagi kalau ujiannya itu berbentuk manusia yang akan mendatangi kita dengan tingkah dan ulah yang mungkin kurang sesuai dengan apa yang kita harapkan dan tidak pas pada porsinya.
Langsung aja di cek di bawah, tiga tips supaya agan sista bisa meredam amarahnya tanpa harus marah-marah apalagi meledak-ledak,

1. Tarik nafas secara sadar penuh
Sebagai mahluk hidup pasti kita butuh dong ya yang untuk bernafas. Tapi ternyata, bernafas secara sadar penuh alias menyadari kalau kita benar-benar lagi bernafas dan menyadari kalau udara terasa masuk lewat hidung kita, itu bisa membantu loh gan untuk bikin amarah kita menjadi teredam.
Jadi caranya, agan tinggal duduk secara relax dan tidak tegang sama sekali, lalu memejamkan mata, lalu tarik nafas melalui hidung, rasakan kalau udara benar-benar masuk melalui hidung dan hembuskan secara perlahan, rasakan udara mengalir keluar melalui hidung.
Lakukan ini di tahap awal 5-6 kali ya gan, ke depannya bisa ditambahkan jadi 8-10 kali.

2. Mengepalkan tangan sekuat-kuatnya
Jadi, agan kalau lagi marah dan kesel banget, butuh mengeluarkan energi yang timbul akibat emosi tersebut. Nah, makanya agan coba deh langsung pusatin energinya dengan mengepalkan tangan sekuat-kuatnya, lalu kalau sudah maksimal, langsung buka kepalan tangannya.
Kalau kerasa merinding-merinding gitu, berarti itu bekerja dengan baik gan karena energinya berhasil dikeluarkan. Cara ini dipercaya bisa meredam amarah yang udah mau meledak karena kita mengalihkan energi kita dengan cara lain.

3. Merendam wajah di air dingin dari kulkas
Kalau di kartun-kartun, tokoh atau karakter yang lagi marah pasti digambarkan mukanya merah gitu ya? Atau kalau lagi ada masalah, pasti disuruh "coba selesaikan dengan kepala dingin". Ternyata itu bener gan, jadi psikolog yang ane kenal pernah kasih tau kalau lagi marah banget dan pengen marah semarah-marahnya dengan nada tinggi, coba aja ambil air es dari kulkas, taruh di baskom, dan rendem deh muka kita disitu. Rendam muka di air es tersebut selama 8-10 detik dan coba deh rasain relaxnya.

Segitu dulu Gan infonya, moga berguna dan bisa cegah marah-marah saat amarah tidak terarah ya Gan.

See you!  


emoticon-Toast
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
968
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.