kurkurakuraAvatar border
TS
kurkurakura
Fenomena Gelombang Laut Persegi, Indah Namun Mematikan


Adakah agan sista disini yang suka maen ke pantai? Atau malah rumahya di daerah pesisir pantai? Nggak bisa dipungkiri bahwa pantai emang banyak dijadiin tempat melepas penat sama kebanyakan orang. Menikmati angin sepoi-sepoi, denger suara deburan ombak, sambil bermain air emang lumayan bisa bikin pikiran kembali fresh. Apalagi pantai yang menawarkan sunset view, beuhh pasti orang jadi betah lama-lama di pantai buat dapet momen sakral tersebut.
Tapi tahukah agan, bahwa gelombang pantai selain indah ternyata juga bisa mendatangkan bahaya. Khususnya gelombang laut persegi. Hah gelombang laut persegi? Masih sodaraan kah sama gelombang cinta? Nah, daripada bingung ayok kita kenalan lebih dekat sama gelombang laut persegi beserta bahayanya.



Gelombang laut persegi ini tercipta akibat angin yang mendorong pertemuan antara dua cuaca yang berbeda serta dari sisi yang berlawanan. Pertemuan oleh bantuan angin tersebutlah yang kemudian menciptakan pola-pola persegi di permukaan air laut.
Meskipun kelihatan unik, tapi gelombang ini ternyata mampu menciptakan tekanan air yang mematikan, yang berpotensi menenggelamkan kapal yang terjebak di dalamnya. Gelombang ini juga diyakini jadi penyebab banyaknya kasus kapal karam dan kecelakaan berperahu.
Gelombang ini emang nggak sering terjadi. Tapi sekali terperangkap di dalamnya, pastinya butuh usaha yang nggak mudah buat keluar, karena fakta bahwa gelombang ini dapat menghantam dari berbagai sudut mengingat bentuknya yang menyerupai persegi. Bahkan untuk keluar dari gelombang ini dikatakan lebih sulit daripada meloloskan diri dari riptide (gelombang pecah).




Isle de Ré di Perancis adalah pulau yang terkenal dengan fenomena gelombang persegi ini. Gelombang ini sering terjadi disana, dan bahkan jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melihat keindahan gelombang ini dari ketinggian. Tapi jangan seneng dulu gan, fenomena gelombang ini sejatinya bisa terjadi di samudra manapun asalkan konsidinya tepat.

emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir Tubrukanemoticon-Ngacir

Nah itu dia sekelumit fakta tentang gelombang laut persegi yang cantik namun mematikan. Di Indonesia sendiri kayaknya emang jarang terjadi fenomena gelombang ini. Tapi, jarang bukan berarti nggak mungkin gansis. Jadi penting juga buat kita tahu soal gelombang ini. Pokoknya, kalo gansis lihat tanda-tanda gelombang ini, langsung aja keluar dari air secepet mungkin demi keselamatan nyawa agan sista sekalian.

emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer

Referensi: rare.us
Diubah oleh kurkurakura 22-02-2020 06:41
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 21 lainnya memberi reputasi
22
10.5K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.