joko.winAvatar border
TS
joko.win
Update: Indonesia dan Deretan Negara Asia yang Belum Terpapar Corona
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebaran infeksi virus corona (Covid-19) semakin mengkhawatirkan dunia. Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Provinsi Hubei, China itu sudah menyebar luas sampai ke Eropa, Amerika, hingga wilayah Afrika bagian utara.

Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Korea Selatan, Italia, dan Iran yang menjadi episentrum baru virus tersebut terus bertambah secara signifikan dengan jumlah yang mencapai ratusan kasus baru.

Angka kematian paling banyak di luar China adalah Iran (34), Italia (21), Korea Selatan (17), Jepang (5), Kapal Diamond Princess (6), Prancis (2), dan Filipina (1).

Berdasarkan data laporan situasi harian resmi WHO per tanggal 29 Februari 2020 yang dikutip di Jakarta, Rabu, 85.403 kasus COVID-19 terjadi dengan 1.753 penambahan kasus baru secara global.

Sebanyak 79.394 kasus terjadi di China (435 kasus baru) dengan total angka kematian mencapai 2.838 jiwa (47 kematian baru.

Kasus di luar China mencapai 6.009 kasus terkonfirmasi (1.318 kasus baru) dengan total 86 kematian (19 kasus kematian baru) di 53 negara. Sebanyak dua negara, yaitu Meksiko dan San Marino, melaporkan kasus COVID-19 pertamanya dalam 24 jam terakhir.

Meskipun demikian, dari data milik WHO, terdapat sejumlah negara yang dilaporkan belum terpapar virus corona. Seperti di wilayah Asia, beberapa negara belum ada laporan terjangkit virus tersebut.

Lihat juga: Australia Catat Kematian Pertama Akibat Virus Corona


Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang belum melaporkan ada pasien positif terkena virus corona sampai saat ini. Meskipun terdapat sejumlah pasien suspect yang telah menjalani perawatan, dan hasilnya negatif terinfeksi virus corona.

Selain Indonesia, Korea Utara negara lainnya di Asia yang juga belum melaporkan kasus pasien positif virus corona. Sementara negara di sekitarnya, China, Korea Selatan, hingga Jepang sudah terserang virus yang salah satu efeknya membuat sesak napas.

Negara komunis ini telah menutup perbatasan dan melarang masuk turis asing dari China untuk mencegah penyebaran virus corona.


Arab Saudi juga belum melaporkan kasus warganya positif terjangkit virus corona. Saudi menjadi salah satu negara di Timur Tengah yang masih 'bersih' dari virus yang pertama kali menyebar dari wilayah China Daratan.

Negara tetangga Saudi dilaporkan sudah terdapat pasien positif terjangkit virus corona, seperti Kuwait, Irak, Bahrain, Uni Emirat Arab, hingga Oman.

Lihat juga: VIDEO: Antisipasi Covid-19, Kapal Pesiar Australia Diperiksa


Untuk antisipasi penyebaran virus corona itu, Saudi langsung mengambil tindakan tegas. Pemerintah Saudi menghentikan sementara visa umrah di tengah merebaknya wabah corona.

Aturan penangguhan ini membuat peziarah tak bisa mengunjungi Masjid Nabawi, Madinah dan Masjidil Haram, Mekkah untuk sementara waktu. Penangguhan visa juga berlaku bagi wisatawan yang berasal dari negara-negara yang termasuk dalam daftar 'berbahaya' penyebar virus corona.

Saudi membuat daftar 23 negara yang warganya dilarang untuk masuk ke negara tersebut, termasuk Indonesia. Kebijakan Saudi ini pun berdampak langsung terhadap masyarakat Indonesia yang akan ibadah umrah sejak 27 Februari sampai waktu tak ditentukan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi protes terhadap Saudi yang memasukkan Indonesia dalam daftar negara terlarang 'berbahaya' penyebar virus corona Covid-19. Retno menyatakan bahwa sampai saat ini Indonesia masih bebas dari virus corona jenis baru tersebut.

Turki juga menjadi salah satu negara di Asia yang dilaporkan belum ada kasus pasien positif virus corona. Sebagian besar wilayah negara itu masuk dalam kawasan Asia, sementara bagian lainnya memang masuk kawasan Eropa.

Berikut daftar negara-negara di Asia yang dilaporkan belum terjangkit virus corona berdasarkan data WHO:

Indonesia

Korea Utara

Arab Saudi

Turki

Laos

Myanmar

Bangladesh

Mongolia

Kazakhstan

Uzbekistan

Kyrgyzstan

Tajikistan

Turkmenistan

Suriah

Yordania

Yaman

Rincian negara beserta jumlah kasusnya:

Di kawasan Pasifik Barat kasus terbanyak terjadi di Korea Selatan (3.150) dengan 813 kasus baru, Jepang (230) dengan 20 kasus baru, Singapura (98) bertambah dua, Malaysia (24), Australia (24) bertambah satu, Vietnam (16), Filipina (3), Kamboja (1), Selandia Baru (1). Untuk wilayah Asia Tenggara, yaitu Thailand (42) bertambah dua, India (3), Nepal (1), Sri Lanka (1).

Penyebaran di benua Amerika terjadi di Amerika Serikat (62) bertambah tiga, Kanada (14) bertambah tiga , Meksiko (2), dan Brasil (1). Wilayah Eropa paling banyak di Italia (888) bertambah 238 kasus, Jerman (57) bertambah 31, Prancis (57) bertambah 19, Spanyol (32) bertambah tujuh, Inggris (20) bertambah empat, Swedia (12) bertambah lima, Swiss (10) bertambah empat, Austria (5) bertambah satu, Norwegia (6) bertambah dua, Kroasia (5) bertambah dua, Israel (5) bertambah dua, Yunani (3), Rusia (2), Finlandia (2), Belarusia (1), Lithuania (1), Belanda (2), Belgia (1), Denmark (2), Estonia (1), Georgia (2), Makedonia Utara (1), dan Rumania (3).

Untuk wilayah Timur Tengah paling banyak dilaporkan terjadi di Iran (388) dengan penambahan 143 kasus baru, Kuwait (45), Bahrain (38), Uni Emirat Arab (19) , Irak (8) bertambah satu kasus, Oman (6), Lebanon (2), Pakistan (2), Afghanistan (1), dan Mesir (1). Untuk wilayah Afrika adalah Aljazair (1), dan Nigeria (1).

Kasus COVID-19 di Kapal Diamond Princess yang berada di perairan Yokohama Jepang kini menjadi 705 kasus.

Untuk Indonesia, Kementerian Kesehatan belum mengonfirmasi adanya kasus positif Covid-19. Data terakhir menyebutkan 143 sampel spesimen yang dikirimkan dari 44 rumah sakit di 22 provinsi seluruhnya negatif.

Pemerintah saat ini sedang berupaya memulangkan WNI yang berada di Kapal Diamond Princess Jepang setelah sebelumnya telah berhasil membawa 188 kru Kapal Dream World dari Selat Durian.

Tim evakuasi yang merupakan gabungan dari sejumlah instansi dan kementerian telah diberangkatkan ke Jepang menuju Bandara Haneda menggunakan pesawat terbang milik Garuda Indonesia. Sebanyak 188 kru Kapal World Dream sudah sampai di Pulau Sebaru Kecil Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Jumat (28/2), untuk menjalani masa observasi selama 14 hari.

 (fra/chs)

https://m.cnnindonesia.com/internasi...erpapar-corona
Diubah oleh joko.win 01-03-2020 12:05
sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.6K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.