News
Batal
KATEGORI
link has been copied
235
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e57c73af0bdb24ea32bb7bf/pantas-jakarta-tenggelam-dua-proyek-antibanjirnya-mandek
Banjir nampaknya sudah menjadi langganan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya jika musim turun hujan. Pemerintah tentu tak tinggal diam, sejumlah proyek infrastruktur untuk penangkal banjir telah direncanakan. 
Lapor Hansip
27-02-2020 20:42

Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek

Past Hot Thread
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek Jakarta - 

Banjir nampaknya sudah menjadi langganan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya jika musim turun hujan. Pemerintah tentu tak tinggal diam, sejumlah proyek infrastruktur untuk penangkal banjir telah direncanakan. 

Beberapa proyek penangkal banjir pun sebenarnya sudah berjalan. Hanya saja, pengerjaan terpaksa berhenti di tengah jalan lantaran terkendala pembebasan lahan. 

Adapun proyek pertama adalah normalisasi Sungai Ciliwung. Normalisasi dilakukan dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) sampai Manggarai.

Baca juga: 200 Kepala Keluarga di Bidara Cina Bakal Kena Gusur Sodetan Ciliwung

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan, proyek normalisasi Ciliwung sudah vakum alias berhenti sementara sejak tahun 2018. Terkendalannya pembebasan lahan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi masalah utama.

Dari total 33,5 kilometer (km) bantaran sungai yang harus dinormalisasi, baru 16 km saja yang selesai.

"Ciliwung belum ada lagi pembebasan lahan karena belum ada pemberitahuan. Sekarang ya berhenti (pengerjaannya) karena tidak ada lahan (kosong) yang dikerjakan. Dari dulu 33,5 km baru 16 km (yang dinormalisasi), itu saja," kata Jarot kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).

Proyek kedua adalah Sodetan Ciliwung yang bisa mengalirkan sebagian air dari Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT). Lagi-lagi proyek ini juga mandek akibat terkendala lahan.

Adapun proyek mandek di daerah Bidara Cina, Jakarta Timur. Ada sekitar 8.054 meter persegi lahan yang harus dibebaskan di Bidara Cina agar bisa melanjutkan proyek Sodetan Ciliwung.

Baca juga: Ingin Sodetan Ciliwung Segera Selesai, PUPR: Bisa Alirkan 60 M Kubik Banjir

Jarot menjelaskan jalur Sodetan Ciliwung memiliki panjang 1,27 km, namun hingga kini baru 600 m saja yang selesai.

"Kan ada 1.270 meter ini baru 600 meter sudah selesai, nah sisanya belum karena yang di Bidara Cina belum bebas (lahannya)," ungkapnya.

https://m.detik.com/finance/infrastr...ospopular_list

Banjir adalah berkahemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 48 lainnya memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 10
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
29-02-2020 19:32
bukannya nyalahin gubernernya, tapi nyalahin kinerja gubernurnya aja wkwkwk emoticon-Big Grin
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
29-02-2020 19:39
Oh pantess yaaa.. gitu ternyataaaa
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
29-02-2020 20:29
Banjir..banjir...
Mana TOA TOA...TOA...
Kekwkww...
emoticon-Selamat emoticon-Selamat
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
29-02-2020 20:44
Hmmm banyak yang perlu gerak sih kalau emang beneran mau bebas banjir, dari atasnya harus punya kebijakan yang bagus dan rakyatnya harus ngedukung penuh kebijakan itu
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
29-02-2020 23:25
tapi curah hujan tahun ini memang tinggi sih daripada tahun sebelumnya
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 03:49
Semua sayang Anies ( Aniesa Pohan)
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 04:26
Quote:Original Posted By chyrow
Banjir di bulan jan dan feb 2020 ini adalah bencana alam, pak anies sudah berusaha keras & sangat khusuk berdoa agar banjir terjadi di hari minggu dan doa nya di jawab Tuhan.


emoticon-Ngakak
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 05:01
"banjir adalah berkah" kata gurbernur yang diangkat dengan tidak berkah....ehehehe...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 10:01
Oh penyebab banjir kemarin jadi karena itu ya. emoticon-Big Grin
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 11:31
Indonesia2 emg bodoh dan ga kompeten sih.
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 11:32
Indonesia2 emg bodoh dan ga kompeten sih.
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 11:32
Bukan mangkrak, tetapi di tunda proyek banjir nya, tolong dibedakan mangkrak dengan ditunda
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 14:25
Nikmati saja wong banjir cuma 3m berkah doa org sholeh jadi tdk smpai 20m kaya tsunami aceh
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 20:32
Bukannya dulu Ahok bilang reklamasi solusi untuk melindungi Jakarta tenggelam dari rob dan banjir? konsepnya seperti Amsterdam, tembok raksasa dari reklamasi untuk menghambat daerah muara kepenuhan air laut. Normalisasi sungai sungai utama untuk menambah debit air keluar, dan pompa siaga 24 jam. Ini semua distop zaman Anies kan?
Diubah oleh silentIm
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
01-03-2020 23:49
Kalo anies sdh lakukan normalisasi, sodetan, tp masih banjir krn curah hujan tinggi, ok lah kita masih bisa maklum. Tapi ini anies gak lakukan apa2.

Yang maksudnya "melakukan" itu adalah melakukan suatu karya yg bisa dinikmati anak cucu. Gak cuma nolong korban banjir seperti sumbang makanan, bikin posko, bantu bersih2. Kalo cuma kyk gitu mah gak perlu gubernur dan gak perlu APBD 80 T. Emak2 aja cukup.

Jangan banding2 dgn jabar, jateng yg jg pada banjir. Mereka area lebih luas, dana APBD lebih kecil.

Sementara Jakarta, area lebih kecil, dana besar 80 T, ibukota negara otomatis kota internasional, dimana bnyk perwakilan asing di sini. Jadi emang jakarta dituntut perfect, krn bandingannya dgn singapore, kuala lumlur, bangkok, beijing, new delhi, dll.
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
02-03-2020 08:48
Anies masih berani ke pansus banjir?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
02-03-2020 11:26
berkah tjuy emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pantas Jakarta 'Tenggelam', Dua Proyek Antibanjirnya Mandek
02-03-2020 17:30
Quote:Original Posted By aaaa1
@mony372an @sunny.wijaya

Makanya dibandingin petanya titik baniir dari tahun ke tahun, liat tuh mana yg titik berkurang mana yang titik barunya. Titik baru banyak dibagian selatan. Biar ngerti jg apa dampak pekerjaan gubernur baik yg baru maupun yg lampau. Bakal keliatan dr peta banjirnya.

Gua malah melihat keseluruhannya kok, terus ada banjir di titik baru yg dulunya nyaris gk pernah banjir, elu maklumin krn jakarta berubah gitu? Terus jakarta berubah, Gubernur gk menyesuaikan gitu gak antisipasi gitu? Karep dah.


Maklum, udh minum kobokan anies, berenang di kubangan anies, otak ny rontok, silau sama kesucian anies
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia