supermusic.idAvatar border
TS
supermusic.id
[COC Regional: Kesenian] Gemulai Tarian Orek-Orek Ngawi Paduan yang Dinamis


Tari Orek-Orek Khas Ngawi
Tarian Pergaulan
Pernah Mencetak Rekor MURI




Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh


Gansist, di seluruh Nusantara bagaimana kabarnya? Semoga kabar baik selalu menyertai kita semua. Aamiin.

Ane akan memperkenalkan satu kebudayaan kota Ramah, Ngawi yaitu kesenian tari yang merupakan tarian tradisional Indonesia yang berasal dari kota Ngawi. Apakah itu? Sudah pada tahu 'kan? Iya, Tari Orek-Orek.

Tari Orek-Orek merupakan tarian wajib dilingkungan sekolah karena merupakan tarian tradisional Kota Ngawi. Jadi, masuk di ekstrakurikuler. Semenjak PAUD atau Taman Bermain dan TK anak-anak sudah diperkenalkan dengan tarian ini.

Tari Orek-orek merupakan tarian yang dilakukan berpasangan bisa empat sampai sepuluh pemuda pemudi. Namun, Kota Ngawi pernah menyabet rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) pada 31 Agustus 2014 karena 15.000 penari turun di Alun-alun Merdeka Ngawi.

Siswa-siswi dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Mahasiswa turun ikut memeriahkan acara tersebut.


Spoiler for :



Asal usul tari Orek-Orek


Tarian Orek-orek merupakan tarian rakyat yang dahulu melakukan kerja rodi saat pemerintahan Belanda. Mereka rata-rata masyarakat Ngawi dan sekitarnya.

Saat itu warga Ngawi dan sekitarnya sedang di paksa Pemerintah Belanda untuk membuat jembatan antara Anyer sampai Panarukan di Ambarawa. Setelah seharian bekerja mereka melepas lelah dengan bersenang-senang. Ada kesenian ludruk, ketoprak, dan bermacam-macam tarian yang dilakukan karena mereka bukan dari masyarakat Ngawi saja, jadi gerakannya berbeda-beda. Pemerintah Kolonial menyebutnya morak marik.

Lidah bermacam-macam daerah akhirnya sering disebut morat-marit yang kemudian jadilah orek-orek.

Tarian ini kemudian menginspirasi Ibu Sri Widajati yang sejak kecil suka mengamati kebudayaan dan akhirnya menciptakan tarian sederhana tapi dinamis dipadukan dengan instrumen gamelan, yaitu Tari Orek-Orek.Dengan cepat tarian ini menyebar ke seluruh warga Ngawi dan sekitarnya, Gan. Akhirnya tarian ini menjadi tarian tradisional Indonesia yang berasal dari Kota Ngawi.

Tarian dengan paduan yang dinamis antara penari, tabuhan gamelan, dan gerak gemulai membuat tarian ini terlihat mempesona.

Setiap ada acara besar ataupun acara khusus, Tari Orek-Orek selalu hadir memeriahkan. Misalnya upacara pernikahan, penyambutan tamu besar, karnaval ataupun secara perpisahan, pun acara-acara dinas lainnya.

Tari Orek-orek ini akan selalu mengawali tiap-tiap acara atau penyambutan tersebut.


Spoiler for :


Busana dan Gamelan


Busana untuk penari wanita

Penari wanita hanya memakai pakaian yang sederhana Gansist kemben, jarik, kebaya, gelang, dan kalung tidak lupa sampur dengan rambut disanggul dan dihiasi dengan bunga.

Ya, semacam memperlihatkan kecantikan alami dari wanita desa, Gan Sista. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan penyempurnaan di sana sini tanpa meninggalkan unsurnya. Sekarang cenderung memakai pakaian berwarna kuning dan merah menyala. Iya warna cerah Gan, menandakan kebahagian dan ramah tamah dalam menari.

Pasti Agan dan Sista akan mendapati tiap penari dengan wajah yang ceria mengambarkan kegembiraan dan suka cita tiap-tiap penarinya.

Penari Pria

Bagi penari pria pun demikian, hanya memakai baju biskep dan celana gemyong warna hitam, dan stagen. Pakaian sederhana yang memperlihatkan seorang pemuda yang gagah perkasa.

Gesit, luwes, dan sigap dalam bertindak serta mencerminkan sesosok pemuda yang pekerja keras.

Gamelan

Instrumen yang dihasilkan dari alat musik tradisional yaitu boning barung, saron penerus, kendang, kempul, gong, dan keprak/kecrek, juga drumb menghasilkan musik yang sederhana namun cantik dan dinamis untuk mengiringi gemulainya para penari,Gan.

Gerakan-gerakan yang sederhana inilah yang bisa membawa hanyut pemirsa atau penikmat tarian. Apalagi, yang sangat mencintai seni, khususnya tari.


Lirik Gending Orek-orek


Jika, ane memperhatikan seksama Gan, bunyi gending Orek-orek yang dalam Bahasa Jawa adalan sebagai berikut;

“Orek-orek puniki kesenian saking Ngawi Promiarso kakung putri, wit kino nganti saiki. Aduh Gusti mugi-mugi antuk berkahing Hyang Widi E o e ya eyo eya eyo E o e ya eyo eya eyo

Kagungan langen beksa mawih luhuring budaya. Yo, pro konco amakaryo, dimeh lestari widodo. Tuwo mudo gotong royong saiyek saeko proyo E o e ya eyo eya eyo E o e ya eyo eya eyo
Nadyan among sapala, rasane kok miroso. Gawe lipuring wardoyo. Ayem tentrem kang pinagyo, awit iku Kabudayan tinular e pro pujangga E o e ya eyo eya eyo E o e ya eyo eya eyo. ”

Arti lirik lagu Orek-orek dalam Bahasa Indonesia, adalah sebagai berikut;

Tari orek-orek asli Ngawi. Terlahir atau tercipta sejak zaman dulu. Semoga tetap lestari dan mendapat berkah Tuhan.
Tari Orek-orek bisa dinikmati dalam bentuk tayub atau langen bekso yang menggambarkan kerukunan dan persatuan antara pemuda dan orang tua.


Spoiler for :


Lirik Gending Tarian Orek-orek sangat sederhana bukan? Akan tetapi, banyak makna dan pesan yang dapat kita petik.

Menggambarkan kesederhanaan dan persahabatan, tanpa membeda-bedakan Suku, Agama, Ras, dan Golongan (SARA) Saling bekerja sama dan ramah juga menjaga sopan santun yang menjadi ciri khas adat timur, khusus adat Jawa.

Sedikit pesan bagi generasi muda kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi? Kitalah yang patut mengembangkan dan meningkatkan kesadaran untuk terus menerus melestarikan budaya ini.

Generasi pada zaman dahulu sudah susah payah menciptakan dan meneruskan hingga sekarang. Jadi, patut dan layak jika, gantian kita yang muda yang berkarya supaya tidak punah. Agar, anak cucu kita esok juga masih bisa melihat dan menikmati Tarian Orek-Orekini.

Sekian thread ane semoga bermanfaat. Mari kita ikut melestarikan budaya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh


Ngawi, 27 Februari 2020

Opini pribadi dan dokumentasi milik pribadi juga.
Diubah oleh supermusic.id 27-02-2020 11:36
abellacitra
s3ijiro
s3ijiro dan abellacitra memberi reputasi
2
3.2K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Karesidenan Madiun
Karesidenan Madiun
icon
253Thread373Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.