others
Batal
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e480aa8f4d69502c62e0e6b/coc-regional-makanan-tradisional-wajib-coba-tepo-tahu-legendaris-khas-kota-ngawi
Tepo Tahu Khas Kota Ngawi Kepoin Ayuk! Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Hai, Gansist, apa kabar? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Aamiin. Sebelumnya perkenalkan nama aku Abella Citra Prayudisetyo asal dari Ngawi. Biasa dipanggil Abel. Abel akan memperkenalkan satu makanan khas kota Ngawi. Salah satunya yaitu Tepo tahu. Rasanya yang unik dan enak tentunya, begitu pula ca
Lapor Hansip
15-02-2020 22:13

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

icon-verified-thread
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Tepo Tahu Khas Kota Ngawi
Kepoin Ayuk!


[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Hai, Gansist, apa kabar? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Aamiin. Sebelumnya perkenalkan nama aku Abella Citra Prayudisetyo asal dari Ngawi. Biasa dipanggil Abel.

Abel akan memperkenalkan satu makanan khas kota Ngawi. Salah satunya yaitu Tepo tahu. Rasanya yang unik dan enak tentunya, begitu pula cara buatnya terbilang sangat mudah. Bagi Gansist yang pernah ke kota Ngawi, rugi kalau gak mencicipi menu andalan kota Ngawi Ramah ini.

Bagi yang domisili di Ngawi dan sekitarnya pasti tak asing dengan Tepo Tahu ini bukan?

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Pasti penasaran 'kan apa itu tepo tahu? Oke, Abel kasih tahu. Tepo adalah sejenis lontong atau kupat yang terbuat dari beras dan direbus dengan air dengan minimal 2 jam perebusan. Akan tetapi, beda cara membungkusnya. Kalau lontong dibuat panjang, sedangkan tepo bentuk salah satu ujungnya prisma segi empat.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Kalau ketupat pembungkus beras terbuat dari daun kelapa. Sedangkan, tepo pembungkusnya beras dari daun pisang sama seperti lontong.

Cara menyajikan tepo juga sama seperti lontong dan ketupat. Bisa dengan opor, pecel, tahu kecap, sayur lodeh, sate, ataupun bakso.

Tepo ini adalah makanan khas dari Ngawi. Sebelum membahas lebih jauh tentang tepo tahu, Abel akan memberikan resep cara membuat tepo ini. Gansist, pasti protes ribet amat membungkusnya! Padahal, sama sekali tidak.

Yuk, simak cara membuat tepo ini.

Quote:Cara Membuat Tepo

Bahan

1. 3 gelas beras

2. Daun pisang secukupnya

3. Lidi untuk tusuk diruncingkan, secukupnya.

4. Panci untuk merebus

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Cara membuat

1. Cuci beras kemudian tiriskan.

2. Siapkan daun pisang, potong kira-kira lebar 30 cm dan letakkan daun yang berwarna hijau tua di atas dan di bawah. Ini gunanya untuk mendapatkan warna hijau segar pada tepo.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

3. Bentuk seperti kerucut di salah satu ujungnya. Usahakan ujung yang lunak lunak ya Gansist. Oh, iya daun yang digunakan harus daun yang sudah dijemur, daun yang layu. Tujuannya biar tidak retak daunnya saat dibuat lipatan.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Bila retak tepo ini bisa tidak jadi Gansist, saat direbus beras akan keluar lewat retakan tadi. Bisa kosong tanpa isi daunnya.

Biasanya memakai daun pisang batu untuk mendapatkan hasil tepo yang berwarna hijau cantik. Akan tetapi, sudah jarang tempat Abel. Jadi, ini memakai daun pisang kepok saja.

4. Kalau sudah dibuat menyudut daunnya kemudian isi dengan beras sepertiga bagian. Jangan terlalu banyak karena saat direbus akan tetap berwujud nasi atau bisa juga lepas sematan lidinya.

Jika, terlalu sedikit hasil tepo juga tidak cantik. Gembos, tidak padat berisi.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

5. Lipat dari sisa daun sebelah kiri ke arah kanan dan sisa daun sebelah kanan ke arah kiri. Kemudian, lipat yang atas ke bawah dan tutupkan yang bawah ke atas. Semat dengan dua lidi. Biasanya satu lidi sudah cukup, tetapi Abel memakai dua lidi biar kuat.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Hasilnya seperti gambar di bawah ini jika di balik. Bagus 'kan hasilnya. Ini Abel masih belajar juga cara membungkusnya ternyata tidak sulit.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

6. Siapkan panci untuk merebus. Cara meletakkan tepo ini juga jangan sampai terbalik ya Gansist! Sematan lidi harus di atas. Pasti tanya kenapa? Iya, saat direbus ada gelembung air yang kuat tekanannya itu tidak merusak sematan lidinya. Biasanya bisa lepas atau rusak dan beras berhamburan saat direbus.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Air harus merendam seluruh permukaan tepo ya Gansist. Supaya matang sempurna.

7. Gunakan api sedang Gan dan minimal 2 jam perebusan supaya tidak mudah basi teponya atau matang sempurna. Bila, saat merebus belum dua jam air menyusut bisa ditambahi air lagi Gansist.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

8. Angkat dan tiriskan dalam wadah yang berongga Gansist. Supaya air bisa kering dari tepo tadi. Nah, mudah bukan? Tepo didinginkan dan siap dihidangkan.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi


Gimana Gansist? Mudah bukan? Sembari kita menunggu tepo direbus. Abel akan menyiapkan bahan buat toppingnya.

Abel, membahas tepo tahu yang jadi menu andalan kota Ngawi. Jadi, topping kali ini Abel menyiapkan tahu dan segala kelengkapannya Gansist.

Topping Tepo Tahu

Quote:Topping Tepo Tahu

Bahan

1. 1,5 papan tahu
2. 1 lonjor tempe
3. 4 butir telur
4. 1 ons kacang tanah
5. Tauge secukupnya
6. Daun kobis secukupnya
7. Daun seledri secukupnya
8. Krupuk
9. Bawang goreng
10. Minyak goreng secukupnya

Bumbu untuk sambal

1. Cabe sesuai selera
2. Bawang putih sesuai selera
3. Kecap
4. Sedikit garam
5. Sedikit gula

Bumbu untuk kuah

1. 3 lembar daun salam
2. 1 batang serei keprek
3. 2 ruas jahe keprek
4. 2 ruas lengkuas keprek
5. 3 siung bawang merah diiris tipis
6. 5 lembar daun jeruk.
7. Gula, garam dan penyedap rasa
8. Minyak goreng secukupnya
9. Air secukupnya

Cara Membuat Sambal

Tumis bawang putih dan cabe kemudian gerus sampai halus dengan ditambahkan gula dan garam sedikit. Kemudian, tambahkan kecap sesuai selera.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi


Cara Membuat Kuah

Tumis bawang merah sampai harum kemudian masukkan jadi satu bumbu yang lainnya tambahkan air. Cicipi, apakah rasa sudah pas!

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Nah, untuk tahu dipotong sesuai selera dan digoreng sampai matang begitu juga dengan tempe, kacang tanah, dan telurnya.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Kobis, seledri dan daun jeruk purut bisa diiris tipis-tipis. Siapkan juga taugenya yang sudah dibersihkan. Tentunya sebelum diiris harus dicuci dahulu ya Gansist. Jangan sampai lupa.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi


Tepo sudah matang, topping pun sudah jadi. Sekarang waktunya menyajikan tepo tahu untuk disantap bersama keluarga.

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi

Quote:Cara Menyajikan Tepo Tahu

1. Iris sesuai selera tepo yang sudah dingin. Kalau Abel suka lonjong-lonjong gak tahu kalau Gansist. Besar kecil pun sesuai selera ya!

2. Iris juga tahu dan tempe sesuai selera dan secukupnya. Taburkan irisan tahu dan tempe di atas irisan tepo di piring yang sudah disediakan. Oh ya, telur dadarnya Gansist hampir lupa.

3. Kemudian taburkan irisan kobis, seledri, daun jeruk, kacang tanah goreng, dan bawang goreng.

4. Ambil secukupnya sambal yang sudah dicampur dengan kecap. Jika, kurang kecapnya bisa langsung di taruh di atas toppingnya. Adik Abel suka kecap banyak soalnya Gansist. Jadi, sesuai selera saja kecapnya.

5. Terakhir siram dengan kuahnya dan taburi dengan kerupuk. Siap disajikan Tepo Tahu khas kota Ngawi.


Mantap bukan? Jadi, jangan lupa mampir dan cicipi kuliner khas kota Ngawi. Jika, ingin membuat sendiri yang sedang di rantauan gak harus pulang kampung ya Gansist! Bisa dicoba resep di atas.

Cita rasa khas tiap daerah pasti beda, mari kita budayakan dan lestarikan.

Sekian thread Abel, jangan lupa mampir untuk sekadar mencicipi ya Gansist, jika ke kota Abel atau kalau melewati.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Ngawi, 15 Februari 2020
@abellacitra

Opini pribadi dan semua dokumen pribadi Abella Citra
Diubah oleh abellacitra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 18:03
Quote:Original Posted By abellacitra
emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow

Sini. Tak bgi gan 😄😄😄


nnti dah abisemoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
risky.jahat dan abellacitra memberi reputasi
2 0
2
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 18:36
Quote:Original Posted By phntm.7
nnti dah abisemoticon-Frown


Bikin lagi. Org mudah ko
profile-picture
phntm.7 memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 19:56
terniat emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

keliatannya enak emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan phntm.7 memberi reputasi
2 0
2
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 20:26
Quote:Original Posted By abellacitra
Bikin lagi. Org mudah ko


Sepertinya bolehemoticon-Metal

Quote:Original Posted By risky.jahat
terniat emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

keliatannya enak emoticon-Thinking


halo mas brader, lama tak bertemuemoticon-Big Grin
mari kopdar lagiemoticon-Ngakak
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 20:53
Quote:Original Posted By abellacitra
Hihihi 😁😁😁 🙈 🙈🙈🙈 malu kk

sini merapat kk

ho oh. Jd klau pengen nambah masih ada


Bagi bagi dong
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
16-02-2020 23:03
Quote:Original Posted By abellacitra

sini merapat kk



Gampang, yg penting serlok ae ya emoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
17-02-2020 00:00
Salah besar buka thread kuliner di malam hariemoticon-Mewek
Mana udah jam segini pulaemoticon-Mewek
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
17-02-2020 06:39
Quote:Original Posted By abellacitra
Ayuk merapat kita makan bareng Tepo tahu nya


Bagi sini
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
21-02-2020 23:08
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
aku galfok kirain kepo...


Wkwkwkwkwk tepoooo kpk kepo yg bner kepo ma tepo hiks
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
21-02-2020 23:09
uenak ini sih. tapi aq ga iso mbuntel tepo. abel pinter ih...fto nya jg lngkap beud. bkin laper
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
22-02-2020 19:23
Quote:Original Posted By riwidy
uenak ini sih. tapi aq ga iso mbuntel tepo. abel pinter ih...fto nya jg lngkap beud. bkin laper


Mudah tinggal tekuk tekut tekut
0 0
0
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
24-02-2020 17:43
kangen tepo tahu
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
29-02-2020 03:06
di magetan ya ada nih tepo tahu
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
29-02-2020 16:04
enak nih
emoticon-Leh Uga
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
01-03-2020 08:33
Quote:Original Posted By risky.jahat
terniat emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

keliatannya enak emoticon-Thinking

Banget lahh
Quote:Original Posted By phntm.7
Sepertinya bolehemoticon-Metal



halo mas brader, lama tak bertemuemoticon-Big Grin
mari kopdar lagiemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By darmawati040
Bagi bagi dong

Ayuk merapat ke ngawi
Quote:Original Posted By dmega
Gampang, yg penting serlok ae ya :tepuktangan

😍😍😘😘 Okeh kk Mega
Quote:Original Posted By lapar.bang
Salah besar buka thread kuliner di malam hariemoticon-Mewek
Mana udah jam segini pulaemoticon-Mewek

Knp? Laper yak 😂😂😂
Quote:Original Posted By ukhtyfit81
Bagi sini

Ayuk lah koodar
Quote:Original Posted By riwidy
Wkwkwkwkwk tepoooo kpk kepo yg bner kepo ma tepo hiks

Sakarep wes ngikut ae
Quote:Original Posted By riwidy
uenak ini sih. tapi aq ga iso mbuntel tepo. abel pinter ih...fto nya jg lngkap beud. bkin laper

😂😂😂 Action tok
Quote:Original Posted By hidashofie
kangen tepo tahu

Merapat ngawi dunk :goyang:goyang
Quote:Original Posted By andhikasukma
di magetan ya ada nih tepo tahu

Traktir ya kak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By rhery
enak nih
emoticon-Leh Uga


emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Harus lah biar nagih pen beli lagi 😁 games
0 0
0
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
17-03-2020 17:57
kapan-kapan mau dunk 😁😁 dibuatkan seperti ini dek
0 0
0
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
29-03-2020 22:40
Quote:Original Posted By abellacitra
Ayuk merapat kita makan bareng Tepo tahu nya


Emm lezat
0 0
0
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
23-04-2020 09:55
kapan ya bisa gue cobain langsung tuh...
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional: Makanan Tradisional] Wajib Coba, Tepo Tahu Legendaris Khas Kota Ngawi
07-06-2020 21:21
Ngiler, Bel 😋😋
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia