others
Batal
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e594e2bb84088088e22d732/coc-regional--makanan-tradisional-klepon-rainbow-weke-ngawi-ramah
Yakin klepon muncrate mak nyus? Assalamualaikum Gansist! Kali ini Ane bakal ajak kalian jalan-jalan ke Ngawi. Ngawi adalah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Jawa Tengah di sebelah barat. Gak cucok kalau jalan-jalan ga nyobain klepone wong Ngawi ramah. Xoxoxo.😂 Klepon atau bola-bola manis ini adalah makanan tradisional yang bakal membuat lumernya meleleh di mulut lho. Loh nyoto iki
Lapor Hansip
29-02-2020 00:30

[COC Regional : Makanan Tradisional] Klepon Rainbow Wek'e Ngawi Ramah

icon-verified-thread
[COC Regional : Makanan Tradisional] Klepon Rainbow Wek'e Ngawi Ramah
Yakin klepon muncrate mak nyus?

Assalamualaikum Gansist! Kali ini Ane bakal ajak kalian jalan-jalan ke Ngawi. Ngawi adalah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Jawa Tengah di sebelah barat. Gak cucok kalau jalan-jalan ga nyobain klepone wong Ngawi ramah. Xoxoxo.😂
[COC Regional : Makanan Tradisional] Klepon Rainbow Wek'e Ngawi Ramah

Klepon atau bola-bola manis ini adalah makanan tradisional yang bakal membuat lumernya meleleh di mulut lho. Loh nyoto iki kok!

Jajanan basah banyak sekali ragamnya di Indonesia ini. Kudapan yang selalu mengenyangkan ini antara lain; onde-onde, kucur, bala-bala, bikang, jadah, wajik, madu mongso, dan lain-lainnya. Ane sebagai orang yang hidup di zaman modern pun masih suka banget ama yang namanya klepon lho, Gansist.
[COC Regional : Makanan Tradisional] Klepon Rainbow Wek'e Ngawi Ramah

Kemarin waktu jalan-jalan kok dilalah nemu klepon yang kekinian. Masyarakat desa Ngrambe mampu mempercantik tampilan klepon dengan melakukan inovasi warna semenarik mungkin. Dinamakan Klepon Rainbow, klepon ini amat memanjakan mata yang memandang lho. Bukankah dari mata cinta turun ke hati? Yeeey!😂

Sejurus kemudian dapat disimpulkan bahwa, di Ngawi yang semakin kekinian, olahan jajanan basah bernama klepon salin nama menjadi Klepon Rainbow. Apa sih artinya? Klepon pelangi.


Di Ngawi saat ini Alhamdulillah tidak ada banjir, Gansist. Mumpung musim hujan klepon bisa dijadikan kudapan spesial saat menunggu pelangi datang lagi. Ecieeee😂😂😂.


Mau tahu resepi Klepon Rainbow? Okelah, cekidot!


Bahan-bahan Klepon Rainbow :

1. Tepung beras ketan 250gram
2. Tepung beras 50gram
3. Air untuk menguleni 1liter atau secukupnya saja.
4. Daun pandan dua lembar
5. Garam 1sdt
6. Kelapa setengah tua atau kelapa muda yang penting sudah bisa diparut.
7. Gula merah atau gula Jawa 250gram.
8. Bahan pewarna pangan tambahan ; merah, kuning, hijau, biru, dan ungu.
9. Gula pasir 3sdm


Cara membuat Klepon Rainbow

1. Campurkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam dalam wadah.

2. Siapkan pewarna yang telah dicampur air, boleh menggunakan gelas untuk tempat pewarna yah! Kalau Klepon Rainbow punya lima warna, maka kita menggunakan lima gelas saja.

3. Uleni nomor satu tadi dengan menambahkan air sedikit demi sedikit (bisa menggunakan air yang telah diberikan pewarna).

4. Bagi adonan menjadi lima bagian. Langkah selanjutnya adalah beri warna adonan.

5. Jika dirasa adonan sudah pas tingkat kekentalannya, Gansist dapat membagi adonan menjadi kecil-kecil.

6. Pipihkan adonan yang telah disesuaikan ukurannya tadi, lalu isi dengan gula merah yang telah disisir. Bentuk bola-bola kecil.

7. Perhatikan betul saat mengisi adonan dengan gula merah. Tidak perlu mengisi adonan dengan gula merah yang banyak, dikhawatirkan bakal meluber saat perebusan nanti. Jangan sampai ada bagian bola yang nampak celah sisiran gula merah yah!

8. Setelah semua selesai, adonan bola-bola klepon siap untuk di rebus.

9. Siapkan panci untuk merebus klepon. Masukkan klepon ketika air benar-benar telah mendidih yah!

10. Tanda klepon matang adalah klepon telah mengapung pada permukaan air.

11. Sambil menunggu klepon matang, sebaiknya lakukan proses pemarutan kelapa.

12. Campurkan parutan kelapa dengan garam dan gula pasir secukupnya.Sisihkan.

13. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Biarkan kandungan air dalam klepon berkurang.

14. Gulingkan klepon pada parutan kelapa atau boleh juga menaburkan parutan kelapa pada klepon kok.

15. Sajikan klepon selagi masih hangat.

ben do tumbas



Mudah bukan, Gansist? Klepon amat enak dan murah meriah. Jajanan basah yang selalu nampol di mulut ini bakal memanjakan segala kepahitan hidup Gansist, lho.😂😂😂

Rasa klepon yang manis dan legit amat masyur di angan-angan para pencinta makanan tradisional di Indonesia tercintah.

Netra kita telah terbiasa menyaksikan klepon yang berwarna hijau kan? Biasanya warna hijau dari daun pandan yang diblender atau dari daun suji. Untuk klepon rainbow ini supaya lebih mudah, Ane bikin dari pewarna pangan saja sih. Aman kok untuk dikonsumsi manusia. Harap tenang 😊.

Kalau mau bikin klepon yang benar alami, Gansist dapat mengakali bahan pewarnanya kok. Warna merah dari buah naga, kuning dari kunyit tapi karena dikhawatirkan rasa kunyit itu menohok bolehlah pakai wortel saja kok. Hijau tentu dari daun suji atau daun pandan. Biru dan Ungu dari blueberry atau timun ungu.

Semua bisa diakalin pokoknya. Kalau gak lagi repot bolehlah memilih makanan yang beragam dan bergizi, Gansist. Olahan makanan tradisional akan mengenyangkan dan tidak bakal membuat sembelit kok. Kalau kita mau makan yang tradisional secara tidak langsung, kita berani untuk menjaga nilai-nilai luhur yang merupakan warisan budaya dan cita rasa nenek moyang Indonesia lho.

Harga Klepon Rainbow ini murah meriah sekali lho, Gansist. Hanya dengan menggelontorkan dana senilai 6 ribu rupiah, Gansist sudah dapat menikmatinya. Kok murah tenanan? Biasa Ngawi kan ramah ma kantonge sampeyan juga.😂

Jangan lupa ketika jalan-jalan ke Ngawi untuk membawakan buah tangan Klepon Rainbow kepada keluarga di rumah yah! Dimakan sendiri juga boleh sih.😂

Akhirnya, jangan lupa bahagia yah!




Ngawi, 29 Februari 2020
Salam Sehat,


Qonidio



profile-picture
profile-picture
tien212700 dan s3ijiro memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[COC Regional : Makanan Tradisional] Klepon Rainbow Wek'e Ngawi Ramah
29-02-2020 00:30
Klepon juga enak dinikmati bersama teh hangat sih
0 0
0
[COC Regional : Makanan Tradisional] Klepon Rainbow Wek'e Ngawi Ramah
29-02-2020 03:00
di pasar ada gak nih
0 0
0
[COC Regional : Makanan Tradisional] Klepon Rainbow Wek'e Ngawi Ramah
29-02-2020 16:08
enak nggak nih
emoticon-Hammer2
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia