• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?

telah.ditipuAvatar border
TS
telah.ditipu
Kenapa Minggu jadi Hari Paling Dikenang oleh Milenial terutama Kelahiran 1990/2000?
Awal tahun identik dengan tanggalan baru. Dengan tanggalan itu, sedikit banyak hidup orang ditentukan olehnya. Kenapa demikian? Karena kalender itu jadi acuan setiap orang untuk melakukan aktivitasnya selama satu tahun.


Quote:

Kalo agan sista lihat kalender, biasanya apa yang gan sis cari pertama kali? Yup bener, hari libur. Karena dengan menemukan hari libur, agan sista bisa merencanakan pelarian dari rutinitas yang melelahkan. Dengan mengetahui kapan libur, maka agan sista bisa merefresh sejenak dari pekerjaan.



 
Dalam sistem penanggalan Indonesia, setiap tahun selalu ada hari libur nasional seperti hari raya keagamaan dan peringatan momen tertentu. Hari libur ini tidak sama harinya dan selalu berubah setiap tahunnya, kayak hari libur tahun baru 2020 jatuh pada hari rabu, sedangkan tahun baru 2019 kemarin jatuh pada hari selasa. Jadi hari liburnya berubah.

Tapi bagi pelajar dan karyawan, ada satu hari dimana mereka bakal libur terus. Hari apakah itu? Yup bener, hari Minggu. Hari dimana sebagian besar instansi dan sekolah nonaktif. Hari yang dalam kalender selalu berwarna merah. Inilah hari dimana kehidupan melambat dan berhenti sejenak dari rutinitas yang membosankan.

Quote:

Bagaimana tidak gan sis, beragam aktivitas dari senin hingga sabtu membuat tubuh capek dan lelah. Sehingga saat hari minggu tiba, beban tugas dan pekerjaan yang ditanggung selama beberapa hari itu menjadi berkurang. Makanya tidak heran hari minggu selalu ditunggu kehadirannya.

 

 
Masih senin, pikirannya udah pengen cepet-cepet ke minggu lagi. Selasa, rabu, kamis biasanya udah agak terbiasa dengan rutinitas harian. Sedangkan jumat dan sabtu adalah persiapan untuk menyongsong cerahnya hari minggu. Begitulah biasanya siklus yang dialami oleh beberapa orang terutama yang sibuk dalam enam hari dari pagi hingga sore.

Tapi apakah cuma karena itu? Ane pikir tidak juga, karena ada beberapa hal lagi yang bikin banyak orang gak sabar pengen cepet-cepet ke hari minggu, terutama dari kalangan milenial.


Quote:


Kadang ane juga inget, dulu masih kecil perasaan bawaannya seneng melulu saat Sabtu sore, kenapa begitu? Karena tahu kalo besok hari Minggu, dan biasanya hari Minggu itu hari yang menyenangkan jika dibanding hari lainnya.

 


 

Jadi, lewat thread ini ane mau nuangin cerita kok bisa sih hari minggu selalu ditunggu oleh para milenial. Memangnya ada apa di hari Minggu, kok sampe demikian spesialnya bagi anak – anak jaman dulu.

Tapi sebelum itu, ada baiknya kita perlu tahu kenapa sih hari minggu jadi hari libur di indonesia. Jadi dulunya bangsa Romawi kuno menetapkan hari minggu untuk hari beribadah, dan tradisi itu menurun kepada cucu cicitnya yang banyak tinggal di negara Eropa seperti Jerman, Inggris dan Belanda.


Quote:


Nah, setelah mengetahui kenapa hari minggu jadi hari wajib libur di negara kita, sekarang lanjut lagi cerita kenapa hari minggu terasa menyenangkan bagi milenial. Setidaknya ada empat hal yang membuatnya berbeda dengan hari yang lain. Yang pertama adalah:

 


 

TIDAK HARUS BANGUN PAGI DAN PERGI SEKOLAH

Beda dengan sekarang, walau belum semua yang menerapkan tapi sudah banyak sekolah yang menjadwalkan kegiatan dari senin sampai jumat saja, sehingga hari sabtu nya sudah bisa santai.


Quote:


Karena sistem pendidikan formal masih enam hari, jadinya setelah bercapek-capek ria dari senin sampai sabtu maka hari minggu menjadi semacam es penghilang lelah. Sabtu sore adalah waktu kegirangan mulai muncul. Sabtu malam pikiran tentang tugas dan pekerjaan rumah agak berkurang.

Lalu minggu paginya adalah hari kebebasan mutlak. Kenapa? Setelah dari senin sampai sabtu harus bangun pagi, mandi, berangkat ke sekolah selama terus menerus, tapi saat hari minggu milenial gak harus melakukan itu semua. Rasanya kayak lepas dari kurungan. Bebas.


 

ACARA TV YANG MENARIK

Masih berhubungan dengan poin pertama, sistem pendidikan enam hari membuat anak – anak tidak bisa menonton tv saat pagi hari. Satu – satunya hari dimana mereka bisa melihat tv dari pagi sampai siang adalah hari minggu. Sehingga banyak milenial dulu sering menghabiskan waktu minggu dengan menonton tv. Itu seperti pelampiasan setelah lelah belajar selama enam hari terus-terusan.


Quote:


Terus dari cerita kartun seperti donal bebek, doraemon, dragon ball, p-man, pokemon, digimon, detective conan, hamtaro dan kobo chan. Bahkan anime seperti b-daman, beyblaade, Tamiya dan crush gear membuat anak-anak ingin beli mainannya.

Acara kartun mulai dari jam 6 pagi sampe siang non stop. Makanya gak jarang kakak, ortu atau saudara yang lebih tua pada ngalah karena saking banyaknya kartun tersebut.


 

KELUARGA LENGKAP BISA KUMPUL

Ini juga masih ada hubungannya dengan poin di atas. Karena anak – anak sekolah dari senin sampai sabtu, maka orangtua mereka tidak bisa berkumpul saat pagi hari. Mereka baru bisa betemu anaknya lagi setelah anaknya pulang sekolah, yang biasanya siang agak sore baru sampai rumah.


Quote:


Walau tidak semua kerja di kantor selama enam hari, tapi banyak orangtua memilih hari minggu sebagai hari kumpul keluarga setelah banting tulang mencari nafkah. Dengan adanya hari minggu, anak dan ortu bisa berkumpul bersama di rumah dari pagi sampai malamnya.

Mereka bisa menghabiskan waktu bersama sejak bangun tidur. Biasanya para ortu bermain bersama anak-anaknya di rumah. Atau kalau sempat bisa juga diajak jalan-jalan ke pantai, naik gunung, renang di kolam dan sederet kegiatan menarik lainnya dimana tidak bisa mereka lakukan saat hari kerja dan sekolah.


 

BISA BERMAIN BERSAMA SAUDARA

Selain berkumpul bersama keluarga dan melakukan berbagai macam kegiatan menyenangkan, hari minggu bisa jadi waktu dimana mempererat keakraban dengan saudara yang jarang ditemui.


Quote:


Apalagi kalau jaraknya cukup jauh dan memakan waktu berjam-jam, maka hari minggu lah waktu yang paling tepat untuk bertemu kerabat dan orang – orang yang jarang dijumpai.

Selain semakin mengakrabkan hubungan persaudaraan, berkunjung ke rumah orang yang masih ada hubungan darah juga bisa menyenangkan anak – anak karena bisa jalan – jalan, mampir di suatu tempat wisata dan makan – makan bareng. Suasana nyaman kayak gini gak bisa dilakukan selain hari Minggu.


 

Jadi, itulah beberapa poin yang menyebabkan hari minggu menjadi momen yang berkesan khususnya bagi kalangan milenial. Kalau sekarang, entah bagaimana apakah masih se-menyenangkan dulu, atau berkurang, atau malah mulai terasa biasa saja dan gak ada bedanya dengan senin, kamis, jumat dan hari lainnya.

Apalagi sekarang sudah banyak pergantian. Sistem pendidikan sudah banyak sekolah yang hanya masuk lima hari. Begitu juga dengan instansi lain, sehingga di hari Sabtu pun orang – orang sudah bisa bersantai. Ditambah setiap orang memegang hape, membuat orang semakin jarang mencari hiburan lewat tv. Dengan hape pula mereka bisa bertatap muka dengan keluarga dan saudara yang jaraknya jauh sekalipun.


Quote:


Thanks for reading gan sis. And keep ngaskus.


Sumber ilustrasi: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8.

 


Diubah oleh telah.ditipu 26-02-2020 19:41
isu152
anasabila
sebelahblog
sebelahblog dan 12 lainnya memberi reputasi
11
9.3K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.