News
Batal
KATEGORI
link has been copied
372
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e590e18c82084224e6c813c/umat-turun-ke-jalan-tolak-segala-kegiatan-keagamaan-non-muslim
Jaga Marwah Kota Cilegon, Forum Masyarakat Peduli Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim Beredar, Surat Rencana Kegiatan Ritual Rabu Abu dari Paroki Kristus Raja Serang Stasi Santo Mikael Cilegon yang akan dilaksanakan Rabu (26/2/2020) hari ini. Rencana kegiatan ibadah agama nasrani di Kota Cilegon yang beredar beberapa hari terakhir di Medsos Whatsapp Grup (WAG) ini, terny
Lapor Hansip
28-02-2020 19:56

Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim

Jaga Marwah Kota Cilegon, Forum Masyarakat Peduli Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim

Quote:Beredar, Surat Rencana Kegiatan Ritual Rabu Abu dari Paroki Kristus Raja Serang Stasi Santo Mikael Cilegon yang akan dilaksanakan Rabu (26/2/2020) hari ini.

Rencana kegiatan ibadah agama nasrani di Kota Cilegon yang beredar beberapa hari terakhir di Medsos Whatsapp Grup (WAG) ini, ternyata tengah menjadi pembahasan dan bahkan ada penolakan dari kalangan masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Forum Masyarakat Peduli Umat (FMPU) Kota Cilegon, Muhammad Rifqi, yang mengatakan pihaknya sudah mengadakan rapat di MTs Al-Jauharotunnaqiyyah, Palas, pada tanggal 12 Februari 2020 lalu, yang menghasilkan penolakan adanya kegiatan keagamaan selain agama Islam di wilayah Kota Cilegon.

“Sejak dulu masyarakat Cilegon hidup rukun damai tenteram. Dengan adanya Geger Cilegon pada 1888 menandakan terjadinya perlawanan kyai dan santri terhadap bentuk penjajahan. Hingga adanya pembangunan Trikora dan PT Krakatau Steel 1969 terjadi nota kesepahaman yang ditandatangani dalam SK Bupati Serang, dimana saat itu Cilegon merupakan bagian dari Kabupaten Serang. Isi poin pentingnya adalah; dibangunnya PT KS itu dibolehkan asal tidak ada segala bentuk peribadatan keagamaan non muslim di Cilegon,” ujar Rifqi kepada wartawan, sambil menunjukkan salinan SK yang ditandatangani Bupati Serang saat itu, Ronggo Waluyo.

Dia menegaskan bahwa SK Bupati Serang dan kesepakatan masyarakat Kota Cilegon masih sama dan tetap berlaku hingga saat ini.

“SK ini hingga sekarang belum ada revisi dan pencabutan, jadi masih berlaku,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rifqi menjelaskan, para tokoh agama di Cilegon saat itu menolak keras adanya segala bentuk kegiatan agama non muslim sebagai perwujudan nota kesepahaman berdirinya PT Krakatau Steel.

“Oleh karena itu, kami sebagai warga Kota Cilegon menyampaikan bahwa sampai bumi dan langit ini digulung oleh Allah SWT, kami menolak keras segala bentuk kegiatan keagamaan non muslim di Kota Cilegon sebagai upaya menjaga marwah Kota Cilegon sebagai kota seribu pondok pesantren guna terjaganya keyakinan keimanan kami sebagai ummat Islam di Kota Cilegon sampai ke generasi selanjutnya,” tegasnya.

Selain itu, Rifqi juga menunjukan pernyataan penolakan yang ditandatangani oleh masyarakat Cilegon, bahkan tandatangan dari warga yang tinggal tidak jauh dengan gedung Serbaguna Stasi St Mikael atau eks Mardiyuana, tempat yang rencananya akan digunakan untuk Rabu Abu yang akan diikuti oleh 2500 umat Katolik tersebut, pada Rabu (26/2/2020), pukul 18.30 WIB hari ini.

Mengajak kepada seluruh komponen dan elemen masyarakat Kota Cilegon untuk merapatkan barisan guna mendukung penolakan keras terhadap segala kegiatan keagamaan non muslim di Kota Cilegon. Ini hasil notulensi FMPU, dan ini tandatangan masyarakat sekitar eks Mardiyuana juga kita punya,” tandasnya.


Tetap Menolak, Massa Umat Islam Cilegon Sempat Datangi Kegiatan Ibadah Di Eks Mardiyuana

Belasan massa dari Forum Masyarakat Peduli Umat (FMPU) Kota Cilegon bersama dengan tokoh masyarakat di lingkungan sekitar mendatangi Gedung eks Mardiyuana, saat berlangsungnya Ritual Rabu Abu umat Katolik, pada Rabu (26/2/2020) malam.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Umat (FMPU) Kota Cilegon, Muhammad Rifqi mengatakan, maksud kedatangan pihaknya untuk melakukan pemantauan dan memastikan kegiatan tersebut dilaksanakan atau tidak.

“Hanya monitoring kegiatan nasrani biar tahu situasinya. Kalau sebelumnya penolakan kita diabaikan mana peran FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) Cilegon?” ujar Rifqi saat ditemui awak media di lokasi atau depan Kantor PLN Cilegon.

Dengan berkaca atas kejadian tersebut, FMPU akan segera mengambil sikap dengan menyurati dan menemui Walikota dan unsur Forkopimda Cilegon, untuk mengingatkan agar pemerintah lebih serius dan bisa menjalankan aturan yang tertuang pada SK Bupati Serang Tahun 1969 yang masih berlaku.

“Kita ini menjalankan amanah leluhur kita, SK Bupati Serang itu masih berlaku, dulu kalau para ulama Cilegon tidak mengizinkan PT Krakatau Steel itu tidak ada. Karena leluhur kita mengizinkan dengan syarat permintaaannya cuma jangan sampai ada tempat peribadatan  non muslim di Cilegon, bukan cuma nasrani Khatolik. Kita berharap agar kedepan segala hal yang berbentuk kegiatan keagamaan non muslim di Cilegon semuanya ke Serang aja,” jelasnya.

Rifqi juga menilai bahwa Pemerintah tidak tegas terhadap penyalahgunaan fungsi bangunan eks Mardiyuana tersebut.

“Harapan kita Pemkot Cilegon mendengar aspirasi masyarakat dan kearifan lokal ini. Apalagi kabarnya eks Mardiyuana itu secara perizinan yang tertuang hanya untuk sarana serbaguna dan olahraga bukan untuk peribadatan,” imbuhnya, tegas.

Hal senada juga dibenarkan oleh salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Jombang, Aan Abdurahman, yang juga ikut hadir memantau karena secara tegas pihaknya menyatakan penolakan. Selain tidak memiliki izin dari warga di lingkungan setempat, gedung Mardiyuana yang dulu bekas sarana pendidikan atau sekolah, menurutnya telah disalahgunakan untuk ibadah.

“Kami mewakili masyarakat Jombang jelas menolak, kegiatan inikan gak ada izin lingkungannya. Ini kan dulu izinnya dari Lurah Sukmajaya Pak Marfu dan Camat Jombang Agus untuk pendidikan sekolah serbaguna, kenapa sekarang buat ibadah?” ucapnya.

Kerumunan massa yang menolak adanya peribadatan di Gedung eks Mardiyuana ini akhirnya membubarkan diri setelah ditemui Kapolsek Cilegon, dan sekitar pukul 21.00 WIB para jemaat umat Khatolik sudah selesai mengadakan ritual Rabu Abu dan membubarkan diri.

Saat coba dikonfirmasi, beberapa panitia yang masih berada di lokasi enggan memberikan komentar kepada awak media, dengan alasan Ketua Panitia Rabu Abu sudah pulang.


SUMBER

ginian mau di akui damai?
ginian mau di akui toleransi?

aksi dan tindakan intoleransi ATAS NAMA AGAMA terus menerus terjadi loh
bukan sekedar katanya

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 82 lainnya memberi reputasi
75
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 14
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:19
Quote:Original Posted By nowbitool
Argumen w tetep sama kekuatan agama...

Undang2 atau hukum gak berlaku klo massa bergerak..., paling yg di cari provokator itu pun para pengikutnya di lepas yg pemimpin dan provokator lapangan yg di amankan...


Melihatnya jangan di kekuatan agama, harus dicermati, dipahami bahwa mereka mengatasnamakan agama, kekuatan mereka, jumlah mereka ngak besar, umat mayoritas secara umum juga ngak suka dengan aksi mereka, malah bikin malu.

Tetep umat mayoritas menurut gue sama, tindak tegas bagi siapa saja yang melanggar hukum.

Hukumlah panglimanya.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:21
Orang sultan mah bebas..emoticon-Bingung
0 0
0
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:23
Tahun 2008 numpang tinggal di Cilegon beberapa bulan. Dikasih tau orang sono, kalo mau ke gereja harus ke Serang. Di Cilegon sejak dulu gak boleh ada gereja, katanya emoticon-Big Grin
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:26
gatau apa itu Bhineka Tunggal Ika
0 0
0
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:27
Quote:Original Posted By nowbitool
Secara normatif iya...

Tapi kenyataan di lapangan enggak... Dlu dosen w komentar soal penyerangan komunitas islam (bah w lupa) , padahal secara normatif negara harus melindungi komunitas tersebut. Adalagi unjuk rasa menolak seminar tertentu padahal massa tersebut gak boleh se enaknya mengganggu kegiatan akademis...


Dunia makin maju, jaman sudah berubah. Sebuah negara seperti Indonesia yang majemuk ini, kalau ingin semakin beradab, ya hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu. Salah ya salah, dihukum.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:28
Quote:Original Posted By salonPlusPluss
belasan itu striker nya
yang diem tapi mendukung di belakang mah banyak

iklannya agama damai, rahmat bagi alam semesta tapi kenyatannya berbeda

udah bisa dibilang penistaan agama gak nih buat strikernya


Yang kayak gini sebenernya bahaya mereka minoritas tapi bawa2 + klaim suara mayoritas...dan kalau "dirusuhin" bakal play victim + narasi kalau "umat" di zholimi oleh kaum ini kaum itu,dan tujuan ngebenturin mayoritas sama "musuh" mereka...mungkin mereka ini bisa di bilang kanker...
Diubah oleh zaaxion.7k
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:30
Kalau Menag sudah tidak bisa diandalkan seharusnya Pak Jokowi yang turun tangan.
PERCUMA Bapak lakukan pemerataan pembangunan kalau mental SARA semakin meningkat. Ujung-ujung nya pasti mengarah ke Suriah, porak poranda, jadi sia-sia pemerataan pembangunan.
Atau jangan-jangan Bapak itu serupa tapi tak sama????????
profile-picture
snoopze memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:32
Quote:Original Posted By rofari.sato
sudah berkali2 ditegaskan, jangan salahkan umatnya

TAPI SALAHKAN AGAMANYA

selama agama yg mengajarkan kebencian ini masih ada, akan selalu aksi kebencian dari umatnya.


dan seperti biasa, akan ada yg ngeles, bahwa ini oknum dan jangan digeneralisir ke agamanya emoticon-fuck


ini sudah bukan masalah oknum lagi, TAPI JELAS MASALAH DI AGAMANYA
hal ini SELALU, SUDAH SERING dan BERULANG2 KALI TERJADI,
BUKAN YG PERTAMA KALI dan juga PASTI BUKAN YG TERAKHIR

aksi2 kebencian agama ini bersifat sistemik, merata di seluruh dunia dan selalu berulang2 dgn motif yg sama


hanya orang BEBAL atau MALU untuk mengakui bahwa agamanya mengajarkan kebencian emoticon-Cape d...


Bukan agamanya gan, krn klo emg agamanya yg mengajarkan seperti itu, pasti SEMUA org yg beragama "itu" akan berbuat seperti demikian. Itu terjadi karena org yg beragama "itu" msh banyak yg bodoh sehingga mudah dihasut

Klo ada ulama yg mlintir ayat, kelar lah. Dan itu pemicu intoleran. Ditambah byk umat goblok yg mudah dihasut
Diubah oleh epicenter
0 0
0
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:33
palingan kata menag ini bukan intoleransi karena sudah ada nota kesepahaman dengan kraksteel (dengan asumsi notanya nggak fiktif kayak tohannya). emoticon-Blue Guy Smile (S)

memang hebat ini negara, nota dengan bumn (?) itu ada di atas undang-undang.

namanya aja kadrun ajaran damae.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:33
Quote:Original Posted By nowbitool
Butuh waktu lama....

Penyakit begitu gak bakalan ilang... Orang2 keras kepala bakalan tetap ada.

Semoga kita dilindungi tuhan allah dr bencana kebodohan dan penyesatan ilmu/pengetahuan ... 🙏


Yang dibutuhkan itu niat, kesungguhan yang serius dari para pemangku kepentingan di Republik ini dalam menegakkan hukum dengan tegas.
0 0
0
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:34
emoticon-Wkwkwk agama damai katanya
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:35
Forum komunikasi umat beragama emoticon-Ngakak







Gw berani jamin 90% isinya climers semua emoticon-Ngakak
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:44
Kyknya sih minta duit tuh. Kalo udah dikasih amplop mah diem.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:47
namanya jg agama peler emoticon-Wakaka
aduh ternistakan emoticon-Mewek
Diubah oleh JepZ
profile-picture
wahgituya memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:48
Quote:“Harapan kita Pemkot Cilegon mendengar aspirasi masyarakat dan kearifan lokal ini. Apalagi kabarnya eks Mardiyuana itu secara perizinan yang tertuang hanya untuk sarana serbaguna dan olahraga bukan untuk peribadatan,” imbuhnya, tegas.


Wadaw, kearifan lokal
Piye pak Menag? emoticon-Big Grin
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:51
Ga usah jauh2 protes ke India, di sini jg ada, tp sebaliknya
profile-picture
Sweetjulia01 memberi reputasi
1 0
1
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:52
Quote:Original Posted By theJizyah
@atmajazone salah
saat kau mengatakan islam juga salah, dan islam tidak ada bedanya dengan agama lain . berarti disaat tersebut kau mengatakan bahwa allahmu pembohong emoticon-Big Grin

tidakkah allah sudah berfirman bahwa agama yagn benar itu adalah islam?

kau tau gak bahwa tuhannya abraham tidak pernah menurunkan agama, tuhannya abraham hanya menurunkan firman (taurat) .. yesus tidak pernah menurunkan agama krsiten .. dll ..

itu bedanya IMAN dan AGAMA
orang yang beriman pada YHWH kemudian disebut orang beragama judaism
orang yang beriman pada yesus kemudian disebut beargama kristen

tapi anehnya, tuhannya islam menurunakn agama ..
jika islam salah, maka allah pun salah ..

makanya islam tidak boleh salah
dan islam harus dibela dengan jadi bomber bunuh diri

itulah dilema dalam islam


Begitupula dalam kitab sucinya...

Judaisme menggunakan talmud yg jelas2 tulisan para rabbi.
*untuk taurat, saya kurang paham.

kristen menggunakan alkitab yg Juga merupakan penuturan kisah2 oleh subyek yg bukan tuhan.

nah kalo islam,
kitabnya adalah perkataan tuhan kpd muhammad.
dimana tuhan = tidak bisa salah.
dan muhammad = sebaik2nya manusia yg sangat minim sekali untuk salah.
.
jd buat saya, yg bermasalah adalah sistem religi beserta hukum2nya.
klo masalah dia mau nyembah siapa2 sih itu adlh hak masing2 individu seperti halnya hak untuk tidak menyembah tuhan.
Diubah oleh Sweetjulia01
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:53
ya donk.kl gk damai dr kmrn udah disembelih lo semua paham.syukur2 g bom aj emoticon-Ngakak ampas
0 0
0
Umat Turun Ke Jalan Tolak Segala Kegiatan Keagamaan Non Muslim
28-02-2020 21:55
Quote:Original Posted By atmajazone
Begitulah. Ane muslim juga jd ane sadar kalo yg dilakuin umat tidak benar. Harusnya ajaran yg mengarah ke kekerasan apa aja itu harus dirubah. Agama apa aja ane yakin pasti dah ndak murni lagi seperti yg versi pertama nya. Termasuk islam juga. Cuma kalo agama lain, misal kristen udah di reformasi. Ane agak gak yakin kalo islam bisa direformasi dalam waktu dekat..
Tapi minimal muslim harus sadar lah kalo yg dilakuin itu ndak benar. Coba lihat negara2 islam sekarang kalo ndak mengandalkan minyak bisa apa? Ini aslinya kalo orang yg ngerti atau bisa lihat, dia akan tau kalo semua itu aslinya azab dr Allah/Tuhan. Ya gara2 kelakuannya ndak baik itu. Bukannya memperbaiki moral malah membanyakkan ibadah ritual ewes2 yg aslinya sangat sedikit nilainya di bandingkan tidakan kebaikan yg nyata.
Peace buat my brother yg tersinggung. emoticon-Peace


Mwantep banget nih muslim satu emoticon-Smilie
islam mempercayai Tuhan yang Maha Pengasih, Penyayang, Adil, dan Maha Kuasa..
Segala hal yang bertentangan dengan hal tersebut seharusnya ditolak walaupun tercantum dalam kitab suci..
well, ga mungkin tuhan yang maha pengasih mengatakan "hendaklah mereka menemui kekerasan daripada kamu" atau "penggallah kepala mereka" emoticon-Takut (S)

kamu lebih percaya rukun iman yang pertama dibanding yang lainnya..
semoga kamu diberi kesempatan mendakwahkan hal tersebut ke muslim lain emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan atmajazone memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 4 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia