chenzahendratan
TS
chenzahendratan
Jakarta Hujan lebat, pemda sibuk koordinasi supaya TOA bisa bunyi peringatan banjir

Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut alat peringatan dini Disaster Warning System (DWS) berfungsi saat banjir. Selain itu, BPBD juga menyebut masyarakat tanggap setelah ada pemberitahuan.
"Alhamdulillah DWS berfungsi. Setiap kenaikan muka air (Siaga) 4 ke 3, kita melakukan DWS itu kepada daerah rawan banjir. Kemudian (Siaga) 2, 1," ucap Plh Ketua Pelaksana BPDB DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, saat dihubungi (27/2/2020).

BPBD pun berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Informasi BMKG akan disampaikan melalui DWS tersebut.


Baca juga:
Peringatan Dini Banjir Pakai Toa Disebut Berisik, BPBD: Itu Kearifan Lokal

Menurut Sabdo, masyarakat sudah sigap saat peringatan dini dikeluarkan. Pihak Kelurahan pun langsung turun penanganan setelah ada peringatan dini."Dasar (data) BMKG itu untuk peringatan dini telah disampaikan kepada masyarakat rawan bencana melalui DEW yang ada di wilayah rawan banjir," kata Sabdo.

"Sigap, mereka sigap, kelurahan ujung tombak pemerintah daerah, sudah punya kelompok masyrakat yang dilatih, Tagana (Taruna Siaga Bencana), KSB istilahnya dengan organisasi mas yang ada sudah, ada namanya kampung siaga bencana, itu bagian dari cara Pemprov edukasi, sosialisasi. Kami ikuti cara seperti Jepang," ucap Sabdo.

sumber banjir
Diubah oleh chenzahendratan 28-02-2020 06:31
gpanditasebelahblog4iinch
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
33
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.