Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
354
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5615c0a2d1951a8c54987d/banjir-jakarta-pun-menenggelamkan-logika
Hampir semua orang di Jakarta berteriak ketika banjir merendam jalan raya. Ketika komplek perumahan mereka banjir, kebencian pada Anies meluap, seperti meluapnya air sungai beserta sumpah serapahnya. Siapa yang salah?
Lapor Hansip
26-02-2020 13:52

Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Hampir semua orang di Jakarta berteriak ketika banjir merendam jalan raya. Ketika komplek perumahan mereka banjir, kebencian pada Anies meluap, seperti meluapnya air sungai beserta sumpah serapahnya. Siapa yang salah?

Sebelum Anies jadi gubernur, Jakarta sudah banjir. Sebelum Ahok jadi gubernur, Jakarta pun sudah banjir. Ketika Jokowi menjabat, banjir pun terjadi. Bahkan gubernur-gubernur sebelumnya banjir telah terjadi sepanjang musim hujan setiap tahun.

Mengapa teriakan banjir tetap terjadi dan semakin menjadi-jadi, padahal sudah tahu dan sudah bisa diprediksi kalau nanti musim hujan, Jakarta anak banjir lagi.
Quote:

Sejak Jakarta di pimpin oleh Ali Sadikin, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1966 - 1977, Ali Sadikin, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1966 - 1977, Tjokropranolo, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1977 - 1982, Soeprapto, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1982 - 1987, Jakarta telah banjir ketika curah hujan tinggi.

Demikian juga ketika Wiyogo Atmodarminto, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1987 - 1992. Surjadi Soedirja, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1992 - 1997, Sutiyoso, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1997 - 2007, Fauzi Bowo, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2007 - 2012, banjir juga.

Dan, ketika Joko Widodo, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2012 - 2014, Basuki Tjahaja Purnama, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2014 - 2017, Djarot Saiful, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017, dan terakhir Anies Baswedan, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2017 - sekarang, banjir pun masih menggenang Jakarta ketija musin hujan tiba.
Quote:

Salahnya Anies Baswedan sebenarnya di mana sih? Mungkinkah kekesalan pendukung Ahok yang bermain dan meluapkan kekesalan pada Anies? Bisa iya, bisa juga tidak. Nyatanya semakin setahun wilayah banjir semakin meluas. Lama tergenangnya banjir juga semakin lama.

Atau memang ada sebuah kepentingan terselubung untuk pilpres 2024? Biasanya kandidat yang terlihat seperti tersakiti, dizalimi, akan menarik lebih banyak simpati. Atau mungkin kondisi riil di masyarakat akan ketidakpuasan pada Anies dalam penanganan banjir di Jakarta.

Urusan hujan, memang siapa saja tak bisa menghindarinya. Pun, Anies jua. Anies bukan dewa yang bisa meminta agar hujan dipindahkan ke kalimantan saja. Atau ke pulau lain di Indonesia yang meskupun dihujani berhari-hari tak akan banjir. Tak mungkin bisa. Anies hanya manusia seperti kita. Ketika datang banjir tak kuasa berbuat apa-apa. Banjir ya banjir saja.
Quote:

Berbicara soal banjir, sekarang bukan lagi urusan Jakarta. Bahkan di provinsi lain di Indonesia pun banyak yang tergenang banjir. Tentang ribuan hekter sawah yang lenyap tergenang banjir. Tentang ribuan hektar lahan tambak yang musnah tenggelam karena banjir. Tentang jalan dan jembatan yang rusak karena banjir. Semuanya sudah bukan berita yang istimewa. Banjir ya banjir saja.

Pergantian tampuk pimpinan kelapa daerah juga terjadi di provinsi dan kabupaten di seluruh Indonesia. Nyatanya tiap tahun terjadi banjir juga. Namun, hujatan, cacian, dan makian seakan hanya menerpa pada seorang anies semata.

Proses banding dan membandingkan gubernur yang sebelumnya dengan yang menjabat sekarang. Walikota, bupati, mereka dibanding-bandingkan kinerjanya mengatasi banjir. Memangnya banjir bisa diatasi? Yang bisa diatasi sebenarnya adalah penanganan korban banjir, menanggulangi dampak dan meminimalisir korban.
Quote:

Air hujan yang datang dari hulu adalah penyebab banjir yang utama. disamping memang curah hujan yang sangat tinggi. Mengapa terjadi?

Logikanya, air huja. turun dari langit. Hujan tak pilih-pilih tempat. Mau turun di Jakarta, Bandung, Lampung, Banjarmasin, Aceh, suka-suka hujan mau turun di mana suka. Dan air hujan akan meresap ke dalam tanah atau mengalir ke daerah yang lebih rendah. Hukum alamnya seperti itu.

Tak hanya di Jakarta, banjir juga menggenangi Tangerang, Bandung Barat, Bogor, Lebak Banten, Pinrang dan Pare Pare Sulawesi Selaran, Sikka NTT. Di Kalimantan saja untuk hujan tahun ini, daerah yang ada di Hulu sungai, yang seumur hidup belum pernah kebanjiran tahun ini tergenang banjir. Demikian juga beberapa daerah yang ada di Tabalong, Banjarbaru, Tanah Bumbu tergenang banjir.

Jadi kalau kita cermati, urusan banjir bukan saja urusan kepala daerah, melainkan sudah menjadi urusan negara. Dalam tataran Nasional sudah mulai dipikirkan dan direncanakan dengan matang penjebab banjir secara menyeluruh. Mulai dari halu hingga ke hilir.
Quote:

Tentang hutan yang mulai gundul yang yak mampu lagi menyerap air hujan. Tentang sungai yang dangkal dan sampah yang memenuhi sungai. Tentang repitalisasi pendalam dan pelebaran muara sungai. Bagaimana pun, ketika air tak meresap ke dalam tanah, dan segera mengalir dengan lancar kemana lagi larinya air kalau bukan tergenang dan merendam.

Dam dan bendungan yang banyak pun mungkin tak akan banyak membantu, karena kapasitas bendungan dan dam terbatas. Seperti banjir Karawang akibat bendungan Walahar meluap karena kapasitas bendungan Jatiluhur penuh. Bendungan Kedungbrubus Madiun meluap dan banjir setinggi 70 cm ini menerjang Dusun Telangan dan Dusun Kebonduren, Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Jawa Timur.

Berkaca dari kasus yang terjadi di atas, maka sepertinya tidak bijak jika hanya Anies yang terus-terusan dibully dan dicaci maki. Anies juga manusia sama seperti kita. Sekiranya kebijakannya sekarang dalam mengatasi banjir Jakarta belum memuaskan segala pihak.
Quote:

Pilihannya hanya, pada periode mendatang jangan dipilih lagi apalagi akan menjadi kandidat pada kontestasi pilpres 2024. Atau berusaha membersihkan lingkungan tempat tinggal dengan tidak membuang sampah pada tempatnya.

Bagaimana pun, selokan yang macet, sampah yang memebuhi sungai jadi penyebab banjir. Walau penyebab utamanya tetap saja curah hujan yang tinggi. Memangnya bisa protes pada Tuhan agar curah hujan ditekan? Pasti tak mungkin bisa. Kalau begitu mari dipikirkan kembali bagaimana agar air hujan bisa tertahan dengan resapan berupa reboisasi dan memperbanyak daerah resapan air.

Jangan salahkan hujan ketika banjir datang, tapinsalahkanlah orang yang telah menggunduli hutan dan yang membuang sampah sembarangan.***
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 50 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 15
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 04:15
panjang amat TS bikin tulisan, bukannya benci y, cm heran bin bkin iseng berpikir.. nistA satu it kok y performancenya jauhh ma sebelumnya
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 04:22
dari semenjak si anus jd mentri pakde gw juga udah mikir ni org ga bisa kerja sama sekali, terkait beberapa kebijakan asal2annya pas jd mentri.

dan skrng org model bgni bisa jd gubernur jakarta, ibukota pula?! trs mau diorbitin 2024 jadi presiden?! bener2 udah gila kali ya pendukungnya.ckckck

kerja kagak, solusi gapunya, program kerja ga jelas, banyak pencitraan.
profile-picture
profile-picture
liee dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 04:37
Anis gak salah sih cuma warganya aja terlalu lebay udah biasa kena banjir harusnya biasa aja lah emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 04:38
anjhay, so so an berlogika, tapi narasi lo sama aja sama bacot junjungan lo alias 0
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 05:15
yang bikin anies banyak dikritik adalah karena kelihatan kurang antisipasinya menghadapi musim hujan. contohnya gw ngelihat sendiri, di sungai deket kantor gw di tanjung Priok, sampe mendekati musim hujan (sekitar bulan September 2019), itu masih banyak eceng gondok dan sampah di atasnya. terus anggaran banjir di kurangi, proyek tanggul raksasa di berhentikan..itu yg bikin orang protes. jika pemprov DKI udah nunjukin usaha antisipasi sebelumnya, biarpun tetep banjir, orang masih akan mengapresiasi...
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 05:42
Dari dulu, jakarta tuh banjirrrrr. Tapi anies tidak melakukan apa2, lah ini yg di sorot. Padahal dgn melakukan segala cara agar tidak banjir kayak ahok aja, jakarta ya tetap banjir tapi gak separah skrg.
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 05:57
Gw sih lebih seneng banget kalau ibukota pindah aja sekalian. Toh orang jakarta emang seneng kan ibukota pindah. Jadi jakarta mau tenggelam mau enggak gak akan jadi barometer berita negeri ini. Itu saja cukup
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 06:01
mungkin banjir yang sekarang, yang dipermasalahkan masalah penanganannya. iya emang banjir darindulu, tp gimana solusinya biar gak meluas dan lebih parah. selain itu masyarakat juga harus jaga lingkungan dengan tiddak buang sampah semabrangan...
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 06:08
Jaman Gubenur2 sebelumnya, Banjir itu adalah musibah

Hanya di Jaman GABENER banjir air itu adalah BAROKAH!

Hanya di Jaman GABENER banjir itu harus hari libur!

Hanya di Jaman GABENER, pak SEKDA menyuruh warga untuk menikmati BANJIR!

Hanya di Jaman GABENER terjadi banjir bersilit silit
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 06:26
@Surobledhek746
bener sih gan...
tapi kalau dilihat itu kan ibukota....
klo tetap banjir, ntar dipandang ama negara laen gimana?

ngurus banjir ga becus dari taon ke taon...

pandangan luar negeri akan sama ketika ngelihat permasalahan lain dengan banjir di Ibukota..
permasalahannya sudah pasti ngak kelar2...

emoticon-Nyepi
Diubah oleh muhammadeltar
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 06:26
Eh dodol..... dari jamannya gubernur2 sebelomnya, mau foke, jokowi, ahok, jakarta itu kebanjiran cuma sekali setahun, ini yang sekarang udah kebanjiran berkali2....

Kalo cuma sekali setaun ya wajar aja, tapi kalo kebanjiran ampe berkali kali dalam sebulan ya memang penanganan penanggulangan banjirnya geblek..... wajar aja dicaci maki...

Situ tinggal di jakarta gak sih?
Kayaknya sih ngga yah.... silakan berkunjung ke jakarta water park ye........
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 06:26
Banjir pasti terjadi tapi persiapan atau lebih tepatnya tidak adanya persiapan yang dilakukan pemprov dki jakarta untuk menghadapi musim hujan 2020 membuat dampak banjir menjadi lebih parah dan lebih luas dari seharusnya, ditambah lagi ada program yang benar dan sudah berjalan tapi sengaja tidak dilanjutkan sehingga terkesan ada pembiaran terhadap kondisi banjir sekarang ini
Diubah oleh limwilliam
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 06:28
Quote:Original Posted By Ujang1911
Coba diminta data hujan di zaman bang basuki dan wan aboed ke BMKG.. termasuk data curah hujan di daerah hulu...coba bandingin curah hujannya zaman bang basuki dan zaman wan aboed.. habis itu silahkan caci maki siapa yg ingin anda caci


Betul gan, emang intensitas hujan jaman Ahok dan jaman anies agak beda, dulu waktu Ahok,pernah hujan berhari-hari,makanya banjir nya pun berhari hari.kalo sekarang hujan paling seharian, maka banjirnya pun cepat surut..
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 06:33
Quote:Original Posted By kingmonkichi
Sampe taun lalu tinggal di sby ane bree.
Taun ini bknnya lmyn parah ya banjirnya di sby? Beberapa titik kena banjir lmyn parah pas baca di e100 dan denger cerita tmn2.
Meski emg skalanya ga kyk jkt sih
Kalo di sby mah banjir surut bbrp jam stlh hujan berenti.

Ciland masa ga banjir bre?
Bagus dah klo aman2 daerah ente
Sistem airnya bagus brrti

emoticon-Salaman


Banjir iya kejadian 2x, tapi gak lama surut

Pompa aer ama yg jaga udah di misuh i bu risma soalnya emoticon-Wakaka

Persetan ama omong baik, yg penting kerja cuyyy
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 07:25
Emang Jakarta langganan banjir udah biasa. Tp yg harus diperhatikan tuh penanganan banjirnya . Harusnya berusaha dikurangi bukannya diperluas. Jangan pake ngebela dengan bilang banjir adalah berkah. Kalo dilihat sama ane dr kata² itu kaya ada orang yg seneng ketika warga Jakarta bersusah payah nyelametin harta dan nyawa sebisa mungkin. Yg ada tuh hujan adalah berkah, banjir tuh bencana.
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 07:35
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 07:35
Gw tinggal di perbatasan jakarta, daerah gw tinggi, anti banjir lah.
Puluhan tahun tinggal sini gak banjir, tau tau si arab plonga plongo jadi gubernur, jadi banjir emoticon-No Hope
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
28-02-2020 08:01
Doi terlalu jumawa sih bawa2 ranah agama...fansboy nya juga goblok

1. Bawa2 Sunnatulloh ujung2nya ngandelin pompa n nunggu laut surut
2. Gegayaan katanya tanggul beton ngerusak dan yang bagus naturalisasi..malah tanggul beton akhirnya meminimalisir dan naturalisasi masih di mimpi pagi doi
3. Pensboy malah gila..banjir dibilang berkah..udah gitu bilang doa anies banjir datangnya weekend..lha kemarin malah selasa
4. Aa Jim malah keok ga nyebut2 pemimpin ujub kalo ada banjir..(takut jamaah sepi ya AA)

Udah lah ga usah beretorika apalagi bawa2 agama..kerja aja yg bener ga usah bawa dakwah..udah banyak Ustadz di negeri ini
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Halaman 12 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia