Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
354
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5615c0a2d1951a8c54987d/banjir-jakarta-pun-menenggelamkan-logika
Hampir semua orang di Jakarta berteriak ketika banjir merendam jalan raya. Ketika komplek perumahan mereka banjir, kebencian pada Anies meluap, seperti meluapnya air sungai beserta sumpah serapahnya. Siapa yang salah?
Lapor Hansip
26-02-2020 13:52

Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Hampir semua orang di Jakarta berteriak ketika banjir merendam jalan raya. Ketika komplek perumahan mereka banjir, kebencian pada Anies meluap, seperti meluapnya air sungai beserta sumpah serapahnya. Siapa yang salah?

Sebelum Anies jadi gubernur, Jakarta sudah banjir. Sebelum Ahok jadi gubernur, Jakarta pun sudah banjir. Ketika Jokowi menjabat, banjir pun terjadi. Bahkan gubernur-gubernur sebelumnya banjir telah terjadi sepanjang musim hujan setiap tahun.

Mengapa teriakan banjir tetap terjadi dan semakin menjadi-jadi, padahal sudah tahu dan sudah bisa diprediksi kalau nanti musim hujan, Jakarta anak banjir lagi.
Quote:

Sejak Jakarta di pimpin oleh Ali Sadikin, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1966 - 1977, Ali Sadikin, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1966 - 1977, Tjokropranolo, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1977 - 1982, Soeprapto, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1982 - 1987, Jakarta telah banjir ketika curah hujan tinggi.

Demikian juga ketika Wiyogo Atmodarminto, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1987 - 1992. Surjadi Soedirja, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1992 - 1997, Sutiyoso, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1997 - 2007, Fauzi Bowo, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2007 - 2012, banjir juga.

Dan, ketika Joko Widodo, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2012 - 2014, Basuki Tjahaja Purnama, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2014 - 2017, Djarot Saiful, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017, dan terakhir Anies Baswedan, menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2017 - sekarang, banjir pun masih menggenang Jakarta ketija musin hujan tiba.
Quote:

Salahnya Anies Baswedan sebenarnya di mana sih? Mungkinkah kekesalan pendukung Ahok yang bermain dan meluapkan kekesalan pada Anies? Bisa iya, bisa juga tidak. Nyatanya semakin setahun wilayah banjir semakin meluas. Lama tergenangnya banjir juga semakin lama.

Atau memang ada sebuah kepentingan terselubung untuk pilpres 2024? Biasanya kandidat yang terlihat seperti tersakiti, dizalimi, akan menarik lebih banyak simpati. Atau mungkin kondisi riil di masyarakat akan ketidakpuasan pada Anies dalam penanganan banjir di Jakarta.

Urusan hujan, memang siapa saja tak bisa menghindarinya. Pun, Anies jua. Anies bukan dewa yang bisa meminta agar hujan dipindahkan ke kalimantan saja. Atau ke pulau lain di Indonesia yang meskupun dihujani berhari-hari tak akan banjir. Tak mungkin bisa. Anies hanya manusia seperti kita. Ketika datang banjir tak kuasa berbuat apa-apa. Banjir ya banjir saja.
Quote:

Berbicara soal banjir, sekarang bukan lagi urusan Jakarta. Bahkan di provinsi lain di Indonesia pun banyak yang tergenang banjir. Tentang ribuan hekter sawah yang lenyap tergenang banjir. Tentang ribuan hektar lahan tambak yang musnah tenggelam karena banjir. Tentang jalan dan jembatan yang rusak karena banjir. Semuanya sudah bukan berita yang istimewa. Banjir ya banjir saja.

Pergantian tampuk pimpinan kelapa daerah juga terjadi di provinsi dan kabupaten di seluruh Indonesia. Nyatanya tiap tahun terjadi banjir juga. Namun, hujatan, cacian, dan makian seakan hanya menerpa pada seorang anies semata.

Proses banding dan membandingkan gubernur yang sebelumnya dengan yang menjabat sekarang. Walikota, bupati, mereka dibanding-bandingkan kinerjanya mengatasi banjir. Memangnya banjir bisa diatasi? Yang bisa diatasi sebenarnya adalah penanganan korban banjir, menanggulangi dampak dan meminimalisir korban.
Quote:

Air hujan yang datang dari hulu adalah penyebab banjir yang utama. disamping memang curah hujan yang sangat tinggi. Mengapa terjadi?

Logikanya, air huja. turun dari langit. Hujan tak pilih-pilih tempat. Mau turun di Jakarta, Bandung, Lampung, Banjarmasin, Aceh, suka-suka hujan mau turun di mana suka. Dan air hujan akan meresap ke dalam tanah atau mengalir ke daerah yang lebih rendah. Hukum alamnya seperti itu.

Tak hanya di Jakarta, banjir juga menggenangi Tangerang, Bandung Barat, Bogor, Lebak Banten, Pinrang dan Pare Pare Sulawesi Selaran, Sikka NTT. Di Kalimantan saja untuk hujan tahun ini, daerah yang ada di Hulu sungai, yang seumur hidup belum pernah kebanjiran tahun ini tergenang banjir. Demikian juga beberapa daerah yang ada di Tabalong, Banjarbaru, Tanah Bumbu tergenang banjir.

Jadi kalau kita cermati, urusan banjir bukan saja urusan kepala daerah, melainkan sudah menjadi urusan negara. Dalam tataran Nasional sudah mulai dipikirkan dan direncanakan dengan matang penjebab banjir secara menyeluruh. Mulai dari halu hingga ke hilir.
Quote:

Tentang hutan yang mulai gundul yang yak mampu lagi menyerap air hujan. Tentang sungai yang dangkal dan sampah yang memenuhi sungai. Tentang repitalisasi pendalam dan pelebaran muara sungai. Bagaimana pun, ketika air tak meresap ke dalam tanah, dan segera mengalir dengan lancar kemana lagi larinya air kalau bukan tergenang dan merendam.

Dam dan bendungan yang banyak pun mungkin tak akan banyak membantu, karena kapasitas bendungan dan dam terbatas. Seperti banjir Karawang akibat bendungan Walahar meluap karena kapasitas bendungan Jatiluhur penuh. Bendungan Kedungbrubus Madiun meluap dan banjir setinggi 70 cm ini menerjang Dusun Telangan dan Dusun Kebonduren, Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Jawa Timur.

Berkaca dari kasus yang terjadi di atas, maka sepertinya tidak bijak jika hanya Anies yang terus-terusan dibully dan dicaci maki. Anies juga manusia sama seperti kita. Sekiranya kebijakannya sekarang dalam mengatasi banjir Jakarta belum memuaskan segala pihak.
Quote:

Pilihannya hanya, pada periode mendatang jangan dipilih lagi apalagi akan menjadi kandidat pada kontestasi pilpres 2024. Atau berusaha membersihkan lingkungan tempat tinggal dengan tidak membuang sampah pada tempatnya.

Bagaimana pun, selokan yang macet, sampah yang memebuhi sungai jadi penyebab banjir. Walau penyebab utamanya tetap saja curah hujan yang tinggi. Memangnya bisa protes pada Tuhan agar curah hujan ditekan? Pasti tak mungkin bisa. Kalau begitu mari dipikirkan kembali bagaimana agar air hujan bisa tertahan dengan resapan berupa reboisasi dan memperbanyak daerah resapan air.

Jangan salahkan hujan ketika banjir datang, tapinsalahkanlah orang yang telah menggunduli hutan dan yang membuang sampah sembarangan.***
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 50 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 15
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:17
Gue bukan org jkt
Cuman klo baca2 berita tentang kebijakan atau masalah banjir jkt sekarang.
Org dengan logika normal pasti ketawa atau minimal senyum setelah baca2 tentang banjir dan kebijakanya. Jkt telah mengambil kesalahan yang fatal 😊
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:22
Quote:Original Posted By Liambiero
Gubernur lain gak ada banjir besar dalam dua bulan bisa sampe lima kali. Emang salah si anis, dia udah punya waktu 2 tahun lebih tapi gak ada penaganan banjir. Bahkan di apbd aja dikurangi anggaran untuk penanganan banjirnya. Ada malah formula e yang gak ada manfaatnya bahkan dari kajiannya jakarta bakal rugi selama 5 tahun kalo ada event itu. Gubernur lain ada penanganannya meski tetep ada banjir setidaknya ada usaha. Mega proyek bkt timur barat, normalisasi, penambahan pompa, pembangunan pintu air, penggusuran rumah tak berizin itu usaha dari gubernur sebelumnya dan sebagian warga jakarta bisa menikmati hasilnya atau apresiasi usaha mereka. Yang sekarang lo cuma dikasih toa itupun bukan dari apbd dan jelas bukan pencegahan banjir.

Gue yakin ts bukan orang jakarta. Gak pernah ngerasain banjir, jadi gak pernah ngerasain capeknya angkat barang ke lantai dua karena gak mau rugi karena air. Atau pasrah sampe hampir nangis ngeliat barang barang yang jumlahnya sampe ratusan juta rusak dalam beberapa jam karena telat nyelamatin dari banjir. Atau panik ngeliat anggota keluarga sakit parah tapi gak bisa bawa ke rumah sakit karena banjir. Liat ular kobra masuk kerumah karena banjir dan lo harus tangkep itu hewan karena takut anak istri lo mati digigit, padahal lo takut setengah mati sama kobra. Orang gak pernah merasain banjir di jakarta biasanya asal ngomong kalo banjir bukan salah gubernur.

Cuma orang bodoh gak mau salahin anis. Lo bayar pajak supaya hidup lo aman tenang tentram dari banjir, tapi sama dia dipake buat hura hura furmula e dan proyek selebrasi. Orang nyalahin dia bukan karena politik, tapi karena nyawa banyak orang jadi taruhan karena dia gak mau urusin masalah yang seharusnya menjadi tanggung jawab dia.


Yg venting vangke dimandiin
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:30
anjay gabener.
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:37
gw jujur ga memihak siapa2,kalau siapapun yg jadi gubernur n salah pasti gw komplen kalau ada masalah,nah disini masalahnya,udah tau mau masuk musim hujan,dia malah bikin trotoar dibagusin emoticon-Cape d... bukannya melakukan tindakan mencegah,misalkan tuh sungai dikeruk kek,atau bikin saluran air lg kek atau apalah,eh malah trotoar dibagusin,tp ya udahlah,skrng kita sebagai warga jakarta tinggal pasrah aj,mau gmn lg,lawong ga ada tindakan jelasnya,toh yg penting untuk kedepannya,pas pilgub lg,pilihlah yg jelas bibit bebet bobotnya,jgn sampai nanti nyesel kaya gini
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:41
rumah ane pernah banjir sekali, setinggi mata lutut aja ga enak banget asli...
gimana ini yang tiap tahun langganan banjir sampe sedada ya emoticon-Cape deeehhcd
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:48
Memang daerah lain juga banjir.. memang dari dulu Jakarta juga banjir..

Masalahnya adalah gak ada yang dikerjain wan abud buat penanganan banjir selama dia menjabat.. malah anggaran dialihkan buat hal lain yang gak penting.. menjelaskan solusi penanganan banjir pun muter-muter gak ada isinya..

Parahnya lagi saat kampanye dulu kubu doi pakai segala macam cara ngibul termasuk cara sentimen keagamaan..

Maka begitu ada kejadian fatal di pihak wan abud, pihak yang notabene kesel sama 2 keadaan tersebut diatas balas menghabisi dan menyerang wan abud..

As simple as that.. emoticon-Big Grin
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:58
Anies dicaci karena politik semata gan. Banyak yg masih sakit hati sama anies, khususnya psi. Makanya psi paling gencar goreng isu banjir untuk jelekin anies.

Anies dihujat habis biar gak bisa maju di 2024, dan psi sedang menggalang suara khususnya di kalangan pemuja jokowi-ahok.

Segitu bobroknya perebutan kekuasaan di indonesia. Lebih mentingin jabatan daripada kemajuan negeri. Daripada bahu membahu membangun negara, tujuan utamanya adalah mendapatkan tahta dan harta.

Masih mau percaya politikus? Gw sih engga. Mau ahok, anies, jokowi, prabowo; politikus ya semuanya busuk.

Say yes to golput
Diubah oleh thekingisme
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:59
Ya jelas salah anis lah...yg dulu2 aja mati2an melakukan pencegahan masih banjir....apalagi yg skrg ga ngapa2in... Logika TS error.
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 22:59
Harus ada kesadaran manusia jga sbenarnya
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:04
yang penting se iman udah auto surga...
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:04
Quote:Original Posted By Liambiero
Gubernur lain gak ada banjir besar dalam dua bulan bisa sampe lima kali. Emang salah si anis, dia udah punya waktu 2 tahun lebih tapi gak ada penaganan banjir. Bahkan di apbd aja dikurangi anggaran untuk penanganan banjirnya. Ada malah formula e yang gak ada manfaatnya bahkan dari kajiannya jakarta bakal rugi selama 5 tahun kalo ada event itu. Gubernur lain ada penanganannya meski tetep ada banjir setidaknya ada usaha. Mega proyek bkt timur barat, normalisasi, penambahan pompa, pembangunan pintu air, penggusuran rumah tak berizin itu usaha dari gubernur sebelumnya dan sebagian warga jakarta bisa menikmati hasilnya atau apresiasi usaha mereka. Yang sekarang lo cuma dikasih toa itupun bukan dari apbd dan jelas bukan pencegahan banjir.

Gue yakin ts bukan orang jakarta. Gak pernah ngerasain banjir, jadi gak pernah ngerasain capeknya angkat barang ke lantai dua karena gak mau rugi karena air. Atau pasrah sampe hampir nangis ngeliat barang barang yang jumlahnya sampe ratusan juta rusak dalam beberapa jam karena telat nyelamatin dari banjir. Atau panik ngeliat anggota keluarga sakit parah tapi gak bisa bawa ke rumah sakit karena banjir. Liat ular kobra masuk kerumah karena banjir dan lo harus tangkep itu hewan karena takut anak istri lo mati digigit, padahal lo takut setengah mati sama kobra. Orang gak pernah merasain banjir di jakarta biasanya asal ngomong kalo banjir bukan salah gubernur.

Cuma orang bodoh gak mau salahin anis. Lo bayar pajak supaya hidup lo aman tenang tentram dari banjir, tapi sama dia dipake buat hura hura furmula e dan proyek selebrasi. Orang nyalahin dia bukan karena politik, tapi karena nyawa banyak orang jadi taruhan karena dia gak mau urusin masalah yang seharusnya menjadi tanggung jawab dia.


Tu ts unek2 yg kebanjiranemoticon-Leh Uga

Jgn bandingkan dengan daerah laen apalagi dibandingkan daerah luar jawa
Kalo di daerah saya banjir ya biasa saja wong emang tiap taun banjir
Lah ini kan Jakarta Ibukota gitu lo tentu jadi sorotan seluruh Indonesia
Bahkan dunia pun ikut memberitakannya.





TS kalo abis makan jgn lupa minum nanti seret emoticon-Leh Uga
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:05
Urgent mana bray, ngurus saluran aer biar aer cepet ngalir apa, ngaspal monas bakal formula E?
0 0
0
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:05
Salah airnya..
Sdah tw disuruh antri malah gk sabar.
Main kemna2..
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:09
Quote:Original Posted By junaedi1982new
Anis gak salah,
Wong dia gak ngapa-ngapain..
emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakakemoticon-I Love Indonesia
Kok bener ya

Coba baca enih
Quote:Original Posted By ontagram
Memang daerah lain juga banjir.. memang dari dulu Jakarta juga banjir..

Masalahnya adalah gak ada yang dikerjain wan abud buat penanganan banjir selama dia menjabat.. malah anggaran dialihkan buat hal lain yang gak penting.. menjelaskan solusi penanganan banjir pun muter-muter gak ada isinya..

Parahnya lagi saat kampanye dulu kubu doi pakai segala macam cara ngibul termasuk cara sentimen keagamaan..

Maka begitu ada kejadian fatal di pihak wan abud, pihak yang notabene kesel sama 2 keadaan tersebut diatas balas menghabisi dan menyerang wan abud..

As simple as that.. emoticon-Big Grin
Diubah oleh kolo.bendhu443
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:15
Quote:Original Posted By nowbitool
Usaha manusia gak ada apa-apanya klo tuhan allah berkehendak lain...

Ridho tuhan lebih besar daripada usaha manusia...

Rasionalitas tidak ada apa-apanya dibandingkan wahyu tuhan allah, Karena wahyu tuhan allah adalah benar dan tuhan bersumpah akan wahyu nya dalam wahyu yg Ia kitabkan untuk umatnya

emoticon-Cool


Quote:Original Posted By Xhukameqhi
@nowbitool
Mengenai legalitas warga bantaran sungai..
Bukan hanya salah pemda..

Pusat pun ada andil dalam kesalahan..lahan yg jelas jelas adalah daerah aliran sungai mengapa bisa sampai punya sertifikat hak milik.? emoticon-Gila

Penerbitan sertifikat tanah itu dikeluarkan oleh lembaga negara "Badan Pertanahan Nasional"

"Untuk itu perlu adanya komunikasi aktif yang dilakukan oleh pemohon kepada petugas di Badan Pertanahan Nasional untuk mengetahui proses pengurusan/penerbitan sertifikat."
Dikutip dari : https://materihukum.wordpress.com/20...tifikat-tanah/


Stop bales balesan pake fitur "bales" pake quote napa, bunyi terus nih ish
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:17
klo gw pikir emg dr disiplin buang sampah sembarangan yg harus dirubah
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:18
Quote:Original Posted By Xhukameqhi
Ya berarti ente mesti usul ke mimin agar fitur "bales" dihilangkan..
Gitu aja repot.. emoticon-Ngakak
emoticon-Ngacir


Notif nya masuk ke ane ish
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:22
Quote:Original Posted By lapetbasi
salah Anis itu karena dia ga melakukan apa2 buat pencegahan, malah sempat2nya mengurangi anggaran pengelolaan banjir..emoticon-fuck
Quote:Original Posted By nesta526
gw jujur ga memihak siapa2,kalau siapapun yg jadi gubernur n salah pasti gw komplen kalau ada masalah,nah disini masalahnya,udah tau mau masuk musim hujan,dia malah bikin trotoar dibagusin emoticon-Cape d... bukannya melakukan tindakan mencegah,misalkan tuh sungai dikeruk kek,atau bikin saluran air lg kek atau apalah,eh malah trotoar dibagusin,tp ya udahlah,skrng kita sebagai warga jakarta tinggal pasrah aj,mau gmn lg,lawong ga ada tindakan jelasnya,toh yg penting untuk kedepannya,pas pilgub lg,pilihlah yg jelas bibit bebet bobotnya,jgn sampai nanti nyesel kaya gini


emoticon-Sundul Up
Diubah oleh kolo.bendhu443
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:23
jujur kata, gue di jakarta sih cuma kok ini paling ngaco.. taon taon sebelum nya emanv banjir cuma ya ngga sampe berkali kali dalam kurun waktu singkat..

gue mau ngakak takut dosa aja waktu di canangkan pake toa.. emang nya di toa bisa naek ke langit itu aer nya ya? anggaran di hambur - hamburin begitu ga jelas, plus berita dimana mana bilang toa nya ga bisa di pake setelah instalasi.. faedah nya apa itu toa ya amir ya amir..

mending itu dana buat kedukin kali, perbaikin sama nambah pompa dari pada beliin toa begitu omaigat
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta Pun Menenggelamkan Logika
27-02-2020 23:27
nyalahin/belain anies gk akan nyelesein masalah, klo udah waktunya banjir ya banjir, cuma kan selalu ada jalan bro... emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 9 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia