daily.planetAvatar border
TS
daily.planet
Sambil Nangis Amien Rais: Saya Betul-betul Marah Ikhlas, Tolong Jangan Sahkan Zulhas!



Pendiri sekaligus politikus senior Partai Amanat Nasional ( PAN ) Amien Rais angkat bicara usai kongres PAN pekan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Dalam kongres itu, Zulkifli Hasan terpilih untuk kedua kalinya, mengalahkan Mulfahri Harahap yang didukung Amien.

Dalam video yang berdurasi 7,18 menit di akun Instagram resminya @amienraisofficial, mantan Ketua MPR itu angkat bicara soal kekisruhan di partainya itu. Kongres saat itu sempat berlangsung rusuh dengan saling lempar kursi antarkader yang hadir di ruangan itu.

Amien menjelaskan beberapa kejanggalan yang terjadi. Seperti adanya PAW pada 27 DPD, dipaksa untuk melaksanakan penggantian kepemimpinan. Amien juga menyoroti ada penyusup yang masuk ke arena kongres.

"Untuk itu saya meminta pemerintah yang berwenang, jangan dulu mengesahkan hasil kongres nasional PAN yang demikian gawat, maaf memalukan. Membuat aib demokrasi, maaf, maaf, maaf," kata Amien Rais dalam video itu, yang dikutip Rabu (26/2/2020).

Atas peristiwa yang terjadi di kongres itu, dia mengaku sedih bahkan menangis. Amien mengaku heran dengan kongres itu. Sebab, kata Amien, PAN yang ia dirikan bersama rekan-rekannya yang progresif dulu menjadi partai yang menurutnya ugal-ugalan.

"Jadi ini saya betul-betul marah ikhlas. Saya tidak marah emosional, tetapi ini memang harus diperbaiki," katanya.

Maka Amien ingin memperbaiki terlebih dulu PAN ini agar tidak menjadi partai yang ugal-ugalan. Caranya, meminta pemerintah tidak mengesahkan Zulkifli Hasan terlebih dahulu.

"Dan karena itu, tolong jangan disahkan dulu," katanya.

Amien melanjutkan, pihaknya sudah ada tim, dan sudah dia mendapatkan informasi serta bukti-bukti yang cukup lengkap mengenai sesungguhnya yang terjadi di kongres nasional PAN itu.

Mantan Ketum PAN itu juga mengirim pesan ke Zulkifli Hasan untuk tidak menggunakan cara-cara seperti yang dilakukan saat kongres nasional di Kendari lalu.

"Jadi, pesan saya pada Pak Zul Hasan, tolong Pak Zul jangan dilanjutkan cara-cara yang kemarin itu," katanya.

Dia menilai kalau apa yang dilakukan Zulkifli seperti itu lagi, dia khawatir, lambat laun PAN akan hancur. Dia mengatakan, cara itu sama saja membuat kehancuran terhadap partai berlambang matahari itu. "Resep kehancuran PAN itu akan ada di tangan Anda," katanya.

Amien meminta persoalan ini diangkat ke publik, dikonferensi pers, dan diajukan bukti-bukti itu juga. Termasuk akan dibawa ke pemerintah bukti-bukti yang dimiliki oleh pihaknya untuk meyakinkan
Kemenkumham tidak mensahkan kepengurusan Zulkifli Hasan.

"Mudah-mudahan ada solusi, jalan tengah yang baik," katanya.
lewangka26
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
10.4K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.