i.am.legend.
TS
i.am.legend.
Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa



Jokowi Bilang Ibu Kota Baru Tak Banjir dan Macet, Hadirin Tertawa




JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memamerkan video desain ibu kota baru RI saat menyampaikan pidato kunci dalam acara Indonesia Digital Economy Summit yang digelar Microsoft di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sambil memamerkan video, Jokowi menyatakan bahwa ibu kota baru RI di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akan bebas dari macet dan banjir.

"Ibu kota yang hijau. Tidak banjir dan tidak macet," kata Jokowi.

Mendengar pernyataan Jokowi itu, sebagian peserta yang merupakan para pelaku ekonomi digital kompak tertawa. Kebetulan, dua hari sebelumnya ibu kota DKI Jakarta dilanda banjir di sejumlah titik.

Menurut Jokowi, ia berani menjamin ibu kota baru bebas dari banjir dan macet karena pembangunannya akan dimulai dengan tata ruang yang baik.

"Green city, smart city, compact city. Banyak pedestrian, banyak orang berjalan kaki, bersepeda. Mobil harus elektrik. Dan pada lompatan berikut, autonomous (kendaraan tanpa awak)," ucap Jokowi.

Jokowi menyebutkan, akan ada banyak peluang untuk mendorong ekonomi digital negara di ibu kota baru nanti.



Oleh karena itu, ia mengajak para pelaku ekonomi digital untuk ikut berpartisipasi.

"Karena dengan ibu kota baru semangatnya tak hanya pindah gedung. Kita ingin pindah cara kerja. Kita ingin instal sistem baru yang cepat dan efisien. Pindah budaya kerja," kata Jokowi.

"Kita ingin bangun basis ekonomi baru berbasis iptek dan inovasi, dan pindah dari analog ke sepenuhnya digital," ucap dia.
sumber

☆☆☆☆☆

Membangun mimpi.
Bangsa ini memang harus punya plan yang jelas, baik dalam bidang ekonomi maupun pertahanan.
Sangat menyedihkan ketika peralihan kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru, hampir seluruh alutsista di grounded, padahal alutsista kita adalah salah satu yang terkuat di Asia kala itu. Sementara saat pembaruan alutsista masa Orde Baru, banyak makelar alutsista yang bermain, sehingga semua harga yang harus Indonesia bayar, berkali-kali lipat dari harga sebenarnya.

Ibukota baru bukan hanya harus smart city, tapi juga harus smart defense. Jangan sampai nanti rudal China bisa tegak lurus menghajar ibukota baru. Bisa-bisa Tengku Zul bertepuk tangan bahwa logika briliannya terbukti. Maksudnya terbukti bahlul.

Ibukota baru Indonesia haruslah menjadi Green City. Harus mempunyai konsep yang menjaga kelangsungan alam, meskipun sangat mustahil jika alam tak terganggu. Tapi sebenarnya kita bisa meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.

Masalah banjir, kebakaran hutan, gempa bumi, serta kemacetan harus bisa dihindari. Meskipun ibukota baru bukan pusat bisnis, tetapi pastinya banyak kebijakan ekonomi lahir di ibukota baru.

Untuk masalah program berkesinambungan serta nama-nama program, sebaikanya dibuatkan UU tersendiri antara pemerintah dan DPR yang dikuatkan oleh MK. Mustahil sih sebenarnya. Ini cuma lucu-lucuan saja. Tapi jika melihat seseorang yang sangat bernafsu menjadi presiden setelah Jokowi selesai di periode kedua ini, bisa jadi apa yang sudah dijalankan oleh pemerintahan Jokowi, akan diacak-acak oleh dirinya. Dengan alasan keberpihakan maka kendaraan berbahan bakar bensin atau solar bisa dilegalkan disana. Atau PKL yang tiba-tiba menjamur disepanjang jalan menuju Istana Negara. Atau semua atap gedung dibuang agar langit terlihat dan bisa untuk selfie. Dan bisa saja semua program yang sudah bagus akan diobrak-abrik dengan nama yang diganti dan anggaran yang dimarkup.

Kalau benar tahun ini adalah tahun akhir Jakarta menyandang nama DKI, ya kami sebagai masyarakat Jakarta yang lahir di era 60an akan ikhlas. Toh beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis sudah terlalu besar. Tak mungkin lagi Jakarta bertahan dari keadaan yang makin porak poranda 2 tahun belakangan ini.

Satu yang terakhir.
Jangan pernah boleh Ormas apapun juga mempunyai legalitas disana. Baik yang mendukung pemerintah maupun yang anti pemerintah. Baik yang membawa-bawa nama suku maupun yang berbau-bau agama. Terlalu banyak mudharat yang dihasilkan dari keberadaan ormas-ormas seperti itu.

Semoga mimpi bangsa Indonesia menjadi negara yang maju bisa tercapai. Dan kemajuan bangsa ini juga harus bisa mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Itu yang utama.

Selamat bermimpi.
sebelahblog4iinchviniest
viniest dan 59 lainnya memberi reputasi
54
12.5K
191
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.