others
Batal
link has been copied
15
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e56677168cc9571690d30a1/hati-hati-berbelanja-di-tokopedia-pusat-resolusinya-mengecewakan
UPDATE Masalah selesai, setelah sy buat surat terbuka ini admin2 Tokopedia yang lain mengerti masalahnya dan kasusnya di review lagi. Kali ini dari Tokopedia setuju bahwa bukti yg sy lampirkan cukup kuat, biasanya dalam hal ini buyer sudah benar, Sy di telepon oleh Tokopedia, dari pihak Tokopedia meminta maaf atas penanganan yang keliru dan diminta untuk mengirim Smoke Pipe ke alamat pusat resolus
Lapor Hansip
26-02-2020 19:41

HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN

Quote:UPDATE
Masalah selesai, setelah sy buat surat terbuka ini admin2 Tokopedia yang lain mengerti masalahnya dan kasusnya di review lagi. Kali ini dari Tokopedia setuju bahwa bukti yg sy lampirkan cukup kuat, biasanya dalam hal ini buyer sudah benar,

Sy di telepon oleh Tokopedia, dari pihak Tokopedia meminta maaf atas penanganan yang keliru dan diminta untuk mengirim Smoke Pipe ke alamat pusat resolusi tokopedia. Setelah barang diterima Tokopedia, dana sudah dikembalikan ke akun sy.

Terima kasih untuk Kaskuser dan moderator Kaskus yang memberi dukungan dan juga terima kasih untuk Tokopedia yang akhirnya mereview lagi masalah ini,
jadi surat ini sy tutup karena masalah sudah selesai dan solusi sudah diberikan oleh pihak Tokopedia,


Hati-hati berbelanja di Tokopedia karena pusat Resolusi tidak selalu menjamin hak buyer yang tertipu seller disana. 

id Seller bermasalah : Baju Bayi SISA PABRIK

Kronologis :
>Tanggal 18/2 sy membeli Smoke Tube merk Butterfly isi 6 x 2pak dengan rincian
Smoke tube per pak Rp. 75.000 x2   = Rp. 150.000
Ongkos kirim 2kg                                 = Rp. 14.000
Asuransi                                                = Rp. 700
total                                                        = Rp.164.700

>Tanggal 22/2 Paket datang di buka ternyata isinya Smoke Tube merk TOP N1 isi 5x 2 pak. (barang lebih kecil, biasanya harga lebih murah dan isi cuma 5 sepaknya) 
sy buka komplain + bukti foto bahwa barang yang dikirim tidak sesuai dengan iklan. 
Bukti :
-foto-foto paket saat dibuka, alamat kirim & foto dari dekat tanpa buka bubble wrapnya
-Pesanan dihitung 1 KG oleh jasa kirim karena yang dikirim Smoke Tube merk TOP N1 x2 pak memang lebih ringan dari Smoke Tube merk Butterfly (biasa Butterfly 2 pak 2kg)
-Kronologisnya sudah jabarkan juga di sana termasuk menjelaskan bahwa Smoke Tube yang dikirim berbeda dari iklannya

Seller menyetujui komplain ongkos kirim yang tidak sesuai tapi menolak komplain barang tidak sesuai,

Sy menghubungi pesan bantuan dan pusat bantuan Tokopedia, cerita kronologis, kasih penjelasan dan bukti2 tapi disarankan menunggu keputusan Admin pusat resolusi

>Tanggal 23/2 Admin pusat resolusi minta bukti tambahan, bukti foto, penjelasan dan kronologis yang sudah ada disana tidak dianggap oleh admin pusat resolusi.

Sy upload bukti video.

>Tanggal 23/2 Di hari yang sama Admin pusat resolusi minta bukti tambahan video yang lain di link yang diberikan admin

Sy hubungi lagi pesan bantuan dan cerita masalahnya, disarankan tetap di pusat resolusi (dimana disana admin tidak mengepost apa-apa selain minta bukti)

 Sy upload bukti video lagi di link tersebut dan status komplain di sana dari "ADMIN MEMINTA BUKTI" menjadi "MENUNGGU KEPUTUSAN ADMIN"

>Tanggal 25/2 Ternyata DANA DITERUSKAN KE SELLER, Alasan admin "Dikarenakan sampai batas waktu yang diberikan Pembeli tidak lampirkan bukti tambahan, maka mohon maaf Ade tutup komplain ini dengan penerusan dana ke Saldo Penghasilan Penjual.  
Padahal post sy upload bukti video ada tepat di bawahnya dan tidak ditanggapi / tidak minta bukti lain.

Kesimpulan belanja dan pusat resolusi di Tokopedia kali ini:
1. Foto2 unboxing tidak dianggap bukti,
2. Kronologis dan penjelasan tidak diperdulikan.
3. Video pendek tidak diterima, disuruh upload video unboxing berulang kali (bayangin kalau kecelakaan terus video dianggap kurang jelas, suruh ulangin lagi kecelakaannya sambil direkam ulang? Logis gak tuh?)
4. Seller tidak perlu mengirimkan bukti apa2. 

Kenapa TS nggak videoin yang tenang, lama dan jelas mungkin 10 menit-15 menit per video kyk unboxing di youtube-youtube? Karena 3 hari itu banyak barang kiriman yang datang dari seller2 lain di Tokopedia termasuk kulkas dan siapa yang kira bukti foto dan bukti video pendek tidak dianggap? padahal selama ini tidak pernah ada masalah. Malah diminta video ulang unboxing (logis gak menurut kalian?)

Apa TS gak pernah komplain disana? Pernah, sy belanja di Kaskus dari 2013,  Tokopedia, Bukalapak, Shopee sejak 2017 sampai sekarang, kalau dapat barang tidak sesuai lampirkan bukti foto dan kronologisnya, video juga pernah dan selama ini selesai dengan baik oleh admin pusat resolusi dan sellernya juga gak ada model salah tapi ngeyel, baru satu sekarang ini dapat admin pusat resolusi yang ribetnya bukan main, upload bukti berkali-kali dan penjelasan sama sekali tidak digubris, sementara sellernya tinggal duduk santai.

Terus TS mau saranin gak belanja disana? Gak, belanja bebas tapi harus foto2 yang banyak dan rekam bukti sekualitas youtuber unboxing setiap kali barang datang, kalau kalian sial dapat seller yang mengirim barang gak sesuai dan dapat adminnya yg seperti ini ya 50/50 menang kalah. kenapa? bukti2 nggak dilihat dan kronologis juga nggak dibaca dan ingat seller tidak dimintai bukti apa2.

Ini jadi keuntungan buat seller yang mau menipu disana, kirim aja barang lain kalau di komplain disuruh kembalikan barang, tinggal retur dan tidak ada hukuman apa2 dari Tokopedia, tapi kalau buyernya tidak video unboxing layaknya youtuber unboxing ya keuntungan buat seller yang menipu pasti menang, gak perlu kasih bukti kirim apa2.

catatan : Tidak semua admin pusat resolusi Tokopedia seperti ini ya, ini baru sekali aja sy kebetulan dapatnya yg aneh, sebelum-sebelumnya adminnya menyimak dan selesai dengan baik semua.
gambar


Diubah oleh Lyco
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan MrLiemzzz memberi reputasi
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
26-02-2020 22:39
Format pusat resolusi yg baru emang busuk kok, ga ada tombol minta bantuan lagi, jadi suka2 adminnya aja kpan muncul di situ
profile-picture
Lyco memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
27-02-2020 13:17
emang super kurang ajar tokopedia. ane udah males meski telor nya platinum. dulu ane beli sekardus gede dari toko official 3M isi nya cuma kanebo 1 biji. kain pel senilai 80rb gak ada. semenjak saat itu gw kalo unboxing dari manapun wajib video. dan gw udah hampir gak pernah beli lewat tokopedia.

sukur nya semenjak rekam video ane udah beberapa kali mencegah kerugian kayak barang kurang & barang rusak. baik dari tokped maupun bukan.
profile-picture
profile-picture
tupaisql dan Lyco memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
07-03-2020 20:27
UPDATE
Masalah selesai, setelah sy buat surat terbuka ini admin2 Tokopedia yang lain mengerti masalahnya dan kasusnya di review lagi. Kali ini dari Tokopedia setuju bahwa bukti yg sy lampirkan cukup kuat, biasanya dalam hal ini buyer sudah benar,

Sy di telepon oleh Tokopedia, dari pihak Tokopedia meminta maaf atas penanganan yang keliru dan diminta untuk mengirim Smoke Pipe ke alamat pusat resolusi tokopedia. Setelah barang diterima Tokopedia, dana sudah dikembalikan ke akun sy.

Terima kasih untuk Kaskuser dan moderator Kaskus Fuuuuuu yang memberi dukungan dan juga terima kasih untuk Tokopedia yang akhirnya mereview lagi masalah ini,
jadi surat ini sy tutup karena masalah sudah selesai dan solusi sudah diberikan oleh pihak Tokopedia, emoticon-Smilie
profile-picture
jonetgame memberi reputasi
1 0
1
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
12-03-2020 12:02
kalo pengalaman2 saya resolusi admin tokopedia skrg lbh praktis dan penyelesaiannya jg lebih cepat kalau tdk ada diskusi2 yg panjang dan bertele2 gitu...
sekali solusi disetujui penjual, dana saya lsg di refund atau solusi yg saya request lsg dipenuhi tuh...

balik lagi liat kasusnya gimana... tapi overall msh ok dan to the point selama bukti2 dan alasan pendukung terpenuhi dan mendukung isi keluhannya
0 0
0
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
16-03-2020 21:12
admin nya goblok semua
profile-picture
tupaisql memberi reputasi
1 0
1
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
16-03-2020 21:13
saya balikin barang sudah di terima penjual , admin beri semua uang ke penjual
0 0
0
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
17-03-2020 16:35
hati hati beli handphone dengan kondisi batre lemah , tidak akan bisa di retur , apalagi klau penjual menolak , admin tolol tokopedia minta bukti video nunjukin batre lemah yg pastinya pengetesan bisa ber jam jam dan ukuran video ber giga giga , padahal ada aplikasi antutu tester batre seharusnya tinggal di video hasilnya cukup...dasar admin tokopedia bego bin tolol muter muter saja solusinya akhirnya barang di tolak di retur..bahaya belanja di sini klau barang bermasalah dan penjualnya menolak...untuk itu pilih penjual yg benar benar mau di komplain .
0 0
0
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
09-07-2021 15:52
Yg penting jangan klik terima barang. Sebelum barang di periksa dengan teliti. Selain itu juga jangan kasih review sebelum dipastikan 100% cocok.

Kalo sudah klik terima barang, jangankan beli di tokped, beli platform toko online sekelas dunia kayak amazon atau ebay sekalipun tetap akan sulit mengurus komplain.

Itu saja sih kuncinya.
0 0
0
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
13-07-2021 05:29
Gue komplain karena barang ga sesuai ekspektasi gue, eh.... gue malah dihina-hina dan di caci maki sama si penjual. Gue mau laporin nih seller ke tokopedia, tapi... tidak ada tombol lapor!!! Menghina pembeli seharusnya tidak boleh dan itu harusnya bisa di laporin. Saya sangat kecewa tokopedia tidak melindungi pembelinya dari kata2 yang bersifat penghinaan.
0 0
0
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
23-07-2021 00:32

Asia Hardware Shop, Tokopedia seller yang paling tipu tipu di dunia

Ya cerita cerita disini semua ada benernya. Mau Beli barang koq malah jadi marah-marah!

Order 3 barang dari "Asia Hardware Shop" tgl 19 Juli 2021, Senin jam 4 sore. Saya tanya dulu apakah "ready". Langsung dijawab "Ready gan....etc etc". Anehnya ini seller, jam 11 malam hari Senin, tau tau kirim message kalau salah satu stock yg Ready, cuman ada yg mirip (harga lebih murah, nah loh, keliatan liciknya).

Ehh, saya balas, dia tidak jawab. Hari Rabu malam, saya cek order, lho koq masih ga dikirim padahal saya sudah sabar karena ada libur Idul Adha. Hari Kamis siang ini, saya kirim PM, lagi si "Asia Hardware Store", masih juga ga mengirim barang saya dan PM ga dijawab sama sekali. Aneh ajaib nih seller maunya apa.... padahal feedback rating udah ratusan.....

Kirim message sampai 3 message ke CS pas Kamis siang tadi (22 Juli), jawabannya seperti ngomong ke "robot". Saya sampe mikir, Tokopedia itu punya "pegawai" ga sih, koq jawabannya kaya "template" dan ga nyambung.

BELANJA DI TOKOPEDIA KOQ JADI CAPE GINI.... MESTI BARANG SAMPE, URUSAN SELESAI TANPA KESEL KESELNYA.

Saya sudah sering order sejak Tahun 2019, sekitar 30% order saya nasibnya sama kaya gini. Order di proses sampai ada yang 10 hari, tapi barang ga pernah dikirim. Dibikin Mandek dan buyer disuruh nunggu.

YANG SAYA TANYAKAN.... KENAPA TOKOPEDIA MEMBIARKAN SELLER KAMPRET DAN TIDAK BERTANGGUNG JAWAB SAMPAI SEKIAN LAMA (feedback rating sdh 800 lebih dengan 1 star ada 56 transaksi). Apa ga ada bagian untuk Ban Seller yang kaya gini? koq Tokopedia kesannya cuman sebagai platform pembayaran saja? sebagai middle man, kayanya ga menjamin Transaksi yg mulus dan aman? Saya rada kapok karena kejadian seperti ini sudah terlalu sering sejak tahun 2019..... saatnya kembali belanja online.....

Ini Invoice nya ke "Asia Hardware Shop"
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
Diubah oleh lilikjakarta
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia