Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
119
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4f7d3d018e0d4c4102f901/bahaya-yang-ditimbulkan-jika-malas-ganti-oli-motor
Ganti oli motor adalah salah satu bentuk perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga peforma motor agar tetap stabil. Ya walaupun terkadang terlihat sepele, tapi rutin mengganti oli akan membuat umur mesin menjadi lebih panjang. 
Lapor Hansip
21-02-2020 13:48

Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor

Past Hot Thread

Ganti oli motor adalah salah satu bentuk perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga peforma motor agar tetap stabil. Ya walaupun terkadang terlihat sepele, tapi rutin mengganti oli akan membuat umur mesin menjadi lebih panjang. 

Banyak orang yang menunda atau malas ganti oli karena mereka merasa motor masih aman dan gak ada kendala apa – apa. Dan yang jelas masih bisa nyala dan jalan. Mungkin sekilas terlihat aman GanSis, tapi jika melihat lebih detil lagi, pada kondisi ini mesin akan bekerja sangat keras GanSis. Dan apabila terus dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi motor.

Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor

Berikut ini beberapa dampak buruk akibat malas ganti oli motor:

Mesin overheating

Salah satu fungsi oli atau pelumas adalah sebagai pendingin motor. Apabila oli gak pernah diganti, maka volume dan kualitasnya akan menurun. Ini akan mengakibatkan kemampuan untuk mendinginkan mesin akan menurun dan rentan menyebabkan mesin mengalami overheating. Apabila terus dibiarkan, maka akan membuat mesin menjadi rusak.

Bikin komponen lain jadi rusak

Oli yang kental, volume berkurang, dan kualitas oli menurun akan menyebabkan keausan pada beberapa bagian mesin motor. Ini akan membuat komponen menjadi berkarat, tergores, kepanasan, dan bisa terbakar. Jika dibiarkan, ini akan berdampak ke komponen lain dari mesin, dan bisa – bisa akan mengalami turun mesin. Biaya turun mesin gak sedikit loh GanSis...

Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor

Bensin jadi boros

Kehadiran oli yang bagus akan mengurangi terjadinya gesekan pada mesin. Namun apabila kualitas oli menurun, maka gesekan dan tarikan mesin akan menjadi berat. Kondisi yang seperti ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Berkendara jadi gak nyaman

Jarang ganti oli akan membuat kenyamanan dalam berkendara terganggu. Ini disebabkan oleh getaran karena adanya gesekan pada mesin sangat kuat.

Tuh GanSis dampaknya kalau malas ganti oli. Ngeri sih, kalau ini terjadi pada motor kalian, biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakannya pasti lebih mahal dari biaya ganti oli GanSis. 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 21:50


Quote:Original Posted By aquarian95
ini sebenernya yang kebanyakan orang lalai termasuk ane gan haha, 2bulan tidak ganti oli jadi kena mesinnya gan hiks


aduh, terus kelanjutannya bagaimana gann?
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 21:50


Quote:Original Posted By sikurus97
mending eajin ganti oli dari pada turun mesin dan ganti isi mesin
pasti lebih mahal, dan akan terasa berat di kantong karena tiba tiba dan jumlah yang harus dikeluarin banyak emoticon-Jempol


betul banget nih gan, daripada abis banyak di akhir mending rajin rajin ngecheck dan ganti oli ya gan
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
26-02-2020 22:51
Oli harus lah lagian ga mahal2 bgnt gantilah sebulan sekali.
Motor lama ku tuh korban berasap dan turun mesin hahaha kapok gara2 oli
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 00:32
Jadi banyak yg oli olian
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 01:08
cewe2
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh KS06
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 09:21
hmmm.. dah mau 3 taun nih belom ganti oli... baru kepake 1000 an km... emoticon-Big Grin
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 10:15
ganti oli, suka rutin kok
palingan kalo lupa, paling telat sebulanan gk ganti oli hehe
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 10:26
Biasa rutin 2 bulan sekali ke bengkel buat service rutin jd masalah oli aman, tp tetep aja pernah mesin mati sendiri sampai ga bisa distarter, setelah dibawa ke bengkel busi nya katanya rusak. apa biasa kalau service rutin busi ga dicek gtu?


tas promosi
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 11:36
ane sering lalai masalah ini duhh, semoga besok2 enggak emoticon-Frown
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 12:56
BRB beli oli dulu..
emoticon-afro
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 13:05
Betul sekali gan. Ane korbannya. Makasih dah ngingetin ganemoticon-Mewek
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 14:27
sama baik jadi kendor gan
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 16:15
lebih baik sering ganti oli daripada sering bongkar mesin
0 0
0
Bahaya yang Ditimbulkan Jika Malas Ganti Oli Motor
27-02-2020 18:56
jangan sampai lah, masa cuma ganti oli aja terlambat, kasihan motornya juga gan
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia