akhlis3Avatar border
TS
akhlis3
PETANI SENGSARA DI NEGERI AGRARIS
PETANI SENGSARA DI NEGERI AGRARIS


INDONESIA adalah negara agraris yang menyediakan kebutuhan manusia semua sudah di sediakan oleh alam.

Semua keperluan untuk bertani sudah tersedia iklim yang mendukung, ketersediaam air yang melimpah tanah yang subur.

Seharusnya rakyat tidak bingung u tuk bertahan hidup di negara Indonesia ini, apalagi hasil tambang atau bumi melimpah ruah.

Nah kalo kita bicara soal pertanian seharusnya indonesia itu sudah memasok ke negara lain bukan mendatangkan makanan dari negara lain, sudah tidak masuk akal nih jika negata yang mayoritas petani tanah subur ko bisa kekurangan bahan makanan sehingga perlu mendatangkan dari negara lain.

Iya jika petani lokal sudah makmur dan tidak sanggup tapi ini petani belum makmut harga lokal murah di tambah di datangkan dari negara luar yang di bandrol dengan harga yang sangat amat murah.


Udah ngga masuk akal lah, pasti ada sesuatu yang salah dalam sistem dan tatakelola di negeri ini, apakah yang mengurusi atau ada seauatu yang menyebabkan semua itu terjadi.

Sebagai contoh saja petani padi mayoritas penduduk Indonesia kan makan nasi? Betul kan

Nah sekarang petani Indonesia harusnya sudah barang pasti makmur lah wong padi yang mereka produksi pasti laku dan ngga mungkin sampai tidak laku, sebab kebutuhan dasar manusia yang setiap hari mereka gunakan.

Namun dalam kenyataan petani padi di Indonesia tidak banyak yang masih dalam taraf hidup rendah dan di pandang sebelah mata.

Kasus seperti ini masih sebetulnya dari dulu kala, namun pada masa president soeharto lebih merasakan petani itu makmur mereka bisa bernafas dengan lega, tapu hanya kisaran hitungan tahun semua kembali bahkan mencapai titik rendah kelayakan.

Kita masih heran mengapa persoalan seperti ini sampai sekarang belum terselesaikan. Apa yang seharuanya dilakukan oleh petani atau pemerintah?

Dari lapangan saya melihat permasalahan yang terjadi adalah para petani masih di setir oleh para tengkulak atau pengepul yang tidak banyak masih belum bisa berbagi hasil yang ada, kebanyakan mereka membeli dengan harga yang lebih murah.

Dikarenakan para petani hanya pendapatan mereka melalui bercocok tanam padi ya bagaimana lagi harga murah tetap mereka jual karena mereka pun butuh makan.

Sebenarnya yang petani butuhkan bukan bantuan alat alat pertanian namun dengan pendekatan cara mereka membuat petani berdikari sehingga mereka bisa ikit serta dalam era jual beli.

Petani bukan hanya memproduksi pangan saja namun bisa berperan dalam perdagangan.

Sehingga mereka lebih sejahtera, jika petani sejahtera maka negara akan kokoh dan di segani oleh bangsa asing.

Mulai dari kita, jika kita tidak. Bisa menghargai para petani karena kita tidak tahu persis secara personal alangkah baiknya hormati profesinya dengan cara yang kita bisa.
Diubah oleh akhlis3 07-10-2019 11:16
wiispica
evihan92
ichad14
ichad14 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
1.2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & Profesi
icon
37KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.