Arwandu.NETAvatar border
TS
Arwandu.NET 
[KISAH SEORANG DRIVER OJOL] 30 Hari Mencari Customer



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Sebelumnya nulis di lounge dan banyak yang nyaranin buat nulis di mari aja emoticon-Embarrassmentmakanya thread yg di lounge ane pindahin aja kemari emoticon-Big Grin

Mau share dikit suka duka jadi driver ojek online, kurang lebih udah sebulan ane jadi driver ojek online. Status jadi driver doang yang udah sebulan, kalau perkara ngojeknya sendiri mungkin cuma sekitar 10 hari.Itu juga tiap ngojek paling cuma 3-4 jam, ya tergantung mood ajalah pokoknya, kalau lagi pengen narik ya narik kalau gak ya enggak.

Ane sendiri termasuk orang yang buta arah, gak begitu mengenal jalanan kota sendiri walaupun udah lama tinggal disini, dan doyan nyasar sampe-sampe di mal aja bisa nyasar.vJadi driver ojol ini bisa dibilang tantangan sih, ya mana tau dengan profesi sampingan ini bisa nyembuhin penyakit buta arah yang lumayan akut.

Selama sebulan menjadi driver ane kurang lebih dapet 20 orderan, macam-macam sih, ada yg go-ride, go-food, dan go-send. Dari 20 orderan duit yg didapat kalau menurut ane lumayan, bahkan lebih dari cukup, ya itung-itung bisa buat beli pulsa sama kuota.
Pendapatan hampir seimbang ama uang jajan sebulan, lumayan gak tuh ? padahal kerja gak full cuma iseng-iseng doang. Yang bikin pendapatan lumayan ya banyak customer yang sering ngasih tip, jadi gak heran dengar cerita-cerita driver yg lain kalau sebulan full ngojek bisa dapet 4-5 juta (untuk kota pekanbaru ini udah bisa dibilang gede).

Pertama mulai narik itu 3 hari setelah terdaftar sebagai driver ojol. Sekitar jam 3 sore mulai ngaktifin status narik di aplikasi driver, nungguin orderan masuk di rumah dulu gak langsung jalan. Sekitar 15 menit gak ada orderan baru deh keluar rumah, mau nyoba ngarah ke pusat kota kali aja di sana rame orderan. Selama dijalan tiap papasan sama driver lain pasti diklaksonin, otomatis klakson balik, jadinya klakson motor sering dipake semenjak jadi driver gojek, gak lama jalan adzan ashar berkumandang, mampir dulu di mesjid buat menjalankan kewajiban dan gak lupa itu status narik di aplikasi driver ane nonaktifin dulu. Kelar sholat langsung ngaktifin status narik, selang 5 menit orderan masuk, orderan otomatis keambil karena ane ngidupin fitur autobid di aplikasi, berhubung ini orderan pertama dan masih kikuk ama sistem aplikasi ane langsung aja swipe pilihan ngantar orderan (padahal pesanan belum dibeli).
Dan bener aja langsung si customer nelpon,

customer : udah siap ya pak pesenennya ? kok cepet amat ?
ane : (dengan sedikit rasa panik anepun ngejelasin) gak sengaja keswipe pak, maklum pak orderan pertama jadi masih bingung.

Abis minta maaf langsung buru-buru ke restoran yang di order ama customer, ini restoran letaknya di dalam suatu mal di kota Pekanbaru, dan ane gak tau posisi persinya dimana, begitu masuk langsung nyariin dan gak nemu.
Untungnya ada kakak-kakak yang lagi jagain stand minuman manggil ane.

si kakak baik : lagi nyari apa bang
ane : lagi nyari (nama restoran) kak, dimana ya tempatnya?
si kakak baik : oh kalau itu naik lagi ke atas ntar nemu tuh
ane : oh makasih ya kak, pantes gak nemu, alamat di aplikasi gak sesuai sama alamat sebenernya

Setelah ketemu ane langsung masuk itu restoran, disambut dengan ramah oleh para pelayan, berasa agak beda aja ramahnya dibandingin nyambut orang yang gak pake atribut gojek. Mereka langsung nanyain pesanan dan nawarin air minum buat nungguin (beneran asli ramah banget pelayannya). Setelah orderan selesai langsung deh nganterin ke alamat si customer, gak lupa waktu mau keluar mal mampir lagi ke tempat si kakak yang tadi buat ngucapin makasih.

Bermodalkan GPS dengan pengisi suaranya yg manis anepun tancap gas ke alamat customer, kalau kata GPS kanan ane belok kanan, kalau kiri ane belok kiri, kalau lurus ya ane lurus hingga akhirnya sampe di tempat tujuan. Begitu sampe depan rumah customer ane panggilin dari luar, yang keluar ibu-ibu paruh baya, beda sama customer yang sebenernya laki-laki (dari namanya), ternyata yg order menantu dari ibu tersebut yang masih di kantor. Langsung deh ane serahin itu pesanan beserta bil dan total tagihan semuanya. Ibu-ibu itu ngasih duit 100rb dan bilang ”udah kembaliannya ambil aja”, total tagihan waktu itu 92rb (udah sama ongkos) jadi 8rb tip dari ibu itu, jujur tip yg 8rb itu menurut ane banyak sih ya harus disyukuri. Dengan mengucapkan ”alhamdulillah” di dalam hati anepun mulai narik lagi, nyobain keliling kota dulu mau lihat driver-driver lain pada mangkal dimana, ada beberapa spot yang drivernya pada rame, waktu itu belum berani gabung ama mereka, masih canggung soalnya kan masih newbie banget. Hingga magribpun tiba orderan gak ada masuk, mampir lagi di mesjid yang tadi buat sholat magrib dulu, kelar sholat magrib ane putusin buat udahan, langsung nonaktifin status narik dan pulang ke rumah.

Ngegojek selanjutnya ane coba buat keluar malam setelah isya, ngeberaniin diri buat gabung sama driver-driver lain yang lagi pada mangkal, ada satu driver bapak-bapak yang nyamperin ane.
bapak driver : driver baru ya dek ?
ane : iya pak, baru banget, belum seminggu ?
bapak driver : udah dapat berapa ?
ane : belum ada pak, ni baru aja keluar tadi jam 8

Sambil nungguin orderan kamipun saling cerita, ini bapak udah berkeluarga dan punya anak 2 orang, si bapak minjem gadget anaknya buat ngegojek, beliau juga ngasih tips dan trik supaya dapet orderan, ditunjukin deh tu sama si bapak jam-jam dan spot-spot yang rame orderan. Gak terasa udah jam 10 malam, dan orderan gak ada yang nyangkut, tetep bersyukur sih karena walaupun gak dapat orderan ane dapat temen-temen baru yang juga driver ojol, dan juga bersyukur malam itu bisa saling sharing sesama driver ojol, hitung-hitung nambahin ilmu biar rame orderan.

Beberapa hari kemudian ane ngojek lagi, ane ikutin deh tu tips dan trik yang udah didapat dari para driver lain waktu ikutan mangkal kmaren, dan bener aja setelah ngikutin itu tips dan trik orderan ada aja yang masuk, sehari minimal 2 sampai 3 orderan yang menurut ane udah lumayan karena biasanya ane ngojek ya paling lama 3 jam-an.

Suatu pagi abis nganter customer ane pernah dapet orderan buat jemput ke bandara, mengingat kalau driver dilarang ambil customer ya ane telfon itu customer buat minta dicancel. Ditelpon berkali-kali gak bisa karena nomor tidak aktif, langsung nebak kalau ini mungkin kerjaan supir taksi disana mau ngejebak, terpaksa deh ane yang cancel tu orderan. Bukannya apa-apa sih cuma kalau driver keseringan nge-cancel bisa kena sanksi suspend.

Ada juga pengalaman dapet orderan nganterin customer cewek ke salah satu mal di Pekanbaru, lokasi ngejemputnya gak begitu jauh dari rumah, begitu nyampe di rumah customer langsung ane telfon buat ngabarin kalau udah sampe, si customerpun keluar dan asli itu customer cakep, seumuran ane ada sih kayaknya. Kita gak langsung berangkat, si customer cewek ini pengen sekalian minta tolong nganterin surat (offline gak lewat aplikasi) ke salah satu kantor dinas di Bangkinang (jarak Pekanbaru-Bangkinang kurang lebih 40 km), setelah deal sama tarif baru deh ane antar ke mal. Jujur aja ane gak biasa ngebonceng cewek, cakep pula, biasanya ngebonceng emak sendiri ke pasar. Oleh karena itu ane bawa motor lumayan gregetan, bingung harus kenceng atau pelan bawa ni motor, ya namanya juga driver lama melajang ya gini. Sepanjang perjalanan si customer cewe ini curhat perkara susahnya bikin KTP, ane ladenin aja curhatnya biar gak gregetan bawa motor, jadi berasa lagi ama pacar gitu (padahal udah jomblo sekian tahun).

Nah, terus suka duka menjadi driver ojol itu apa sih ? jujur aja dukanya mungkin gak ada, paling ya awal-awal aja sepi orderan setelah itu mah alhamdulillah ada aja, trus sukanya banyak, menjadi driver ojol secara gak langsung bikin ane taat aturan lalu lintas, kemudian bisa bertemu banyak customer yang bermacam-macam, dan pastinya temen-temen baru sesama driver, bergabung dengan ojol ini seperti masuk ke dalam suatu komunitas baru, berhubung ane orang yang suka berkomunitas jadi dinikmati banget yang namanya ketemu banyak orang.

Mungkin ini profesi terkesan sederhana, tapi dibalik itu banyak cerita dan pengalaman yang mungkin bisa mengubah ane menjadi orang yang lebih baik di masa depan emoticon-Embarrassment

Diubah oleh Arwandu.NET 02-02-2018 07:33
rafifdx
krisna.BPR.Arta
krisna.BPR.Arta dan rafifdx memberi reputasi
2
5.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
icon
31.4KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.