dirawan09
TS
dirawan09
Ospek dan perpeloncoan, masih wajar kah ?
Gue pengen ngebahas soal Ospek nih, tiba-tiba aja berbunyi di kepala gitu.
Udah bukan rahasia lagi kalo dalam dunia pendidikan kita selalu saja ada yang namanya ospek diperkuliahan atau mos di sekolah. akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, kedua kegiatan ospek maupun mos mulai bergeser fungsinya dari yang emang mau ngenalin dunia perkuliahan atau sekolah menjadi ajang prank dan perpeloncoan.



Dengan embel-embel melatih mental kita biar kuat, seorang pelajar baru diisengi kakak senior sehancur-hancurnya, dikasih topi inilah, mukanya dicoretlah, disuruh ngerjain tugas yang aneh lah, iya biar mental kuat tuh harus dipermaluin dulu gitu. Jujur gue mikir, mental kuat apa emang harus dipermaluin gitu yah, mental kuat kan di dapat dari proses kehidupan yang bertahap, dan gak mungkin terjadi dalam waktu beberapa hari.

dan juga gue takutnya, bukannya mental kuat yang didapat, malahan perasaan dendam yang malah menular dari kakak kelas. karena dulu dia di  caci dan dihinakan oleh kakak kelas, maka berikutnya dia yang harus mencaci dan menghinakan adek kelas berikutnya, sounds terrible banget. yang malah ospek dan mos ini malah bergeser fungsinya yang awalnya cuma mau ngenalin dunia baru kampus atau sekolah gitu, jadinya ajang balas dendam kakak-kakak kelas.

Ini udah bukan zamannya lah menurut gue untuk generasi yang baru untuk melakukan hal-hal kayak gitu, mempermalukan dan diperpeloncoin. dan emang dah gak ada hubungannya mental kuat sama perpeloncoan.

namanya itu OSPEK=Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus, dari namanya aja seharusnya dah jelas lah maksudnya, memperkenalkan segala pehamaman tentang kampus yang baru. dan juga MOS = Masa Orientasi Siswa, buat ngenalin siswa tentang dunia pendidikan yang baru, sebenernya sih SMP dan SMA tuh ga butuh mos menurut gue, karena sama aja sistemnya, saking aja pengen keliatan keren kayak mahasiswa.

Gue gak tahu apa alasan kalian atau mereka yang buat ospek ini, tapi kalo kalian mau melatih mental cocoknya tuh ospek kalian panggil dah panglima TNI atau siapapun yang berhubungan sama militer, dijamin dah mentalnya bener-bener dipress sekuat mungkin. Karena kita tahu lah, TNI itu kuatnya kayak apa dan latihan mereka setiap hari tuh lebih keras, tapi gak ada tuh perpeloncoan yang mempermalukan seseorang.

Anyways, gue tahu nih tulisan gak akan ngehapus apa yang ada di dunia pendidikan kita sekarang, OSPEK dan MOS yang ada perpeloncoannya bakal tetep ada karena ada korban yang juga pengen balas dendam, kecuali pemerintah pengen buat aturan soal larangan perpeloncoan. yah tapi gue yakin juga ada yang ngeyel kalo ada larangannya, toh Indonesia, larangan ada untuk dilanggar.

dan gue juga tahu ada yang bilang gue cupu karena bikin tulisan gini, bilang lemah lah apa lah, banci, lembek, gak kuat mental lah. tapi ini soal ngelakuin hal yang benar, dan gue yakin sebagai manusia yang beradab perpeloncoan itu hal yang buruk, walaupun tujuan lu baik, hal buruk tetep aja buruk.

nurulnadlifaNadarNadznona212
nona212 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2K
23
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.5KThread26.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.