News
Batal
KATEGORI
link has been copied
247
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e54179c2525c309c026f069/makin-panas-larangan-motor-melintas-di-jalan-raya
Belum selesai masalah wacana tersebut, Nurhayati Manoarfa kembali menghembuskan wacana yang tentu saja bikin pemotor meradang. Belum lama ini muncul kabar bahwa larangan motor masuk ke jalan nasional akan diberlakukan.
Lapor Hansip
25-02-2020 01:36

Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:

Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya

MOTOR Plus-online.com - Nurhayati Monoarfa yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI belakangan sering membahas wacana yang menimbulkan pro kontra.

Setelah sebelumnya mewacanakan wewenang penerbitan SIM, STNK dan BPKB dialihkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

“Saya mendorong agar ada revisi Undang-Undang, hal ini juga demi mengembalikan tugas dan wewenang kepolisian sesuai pasal 30 ayat 4 UUD 1945,” ujar Nurhayati.

Komisi V DPR RI mendorong revisi Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa dalam rilis yang diterbitkan dpr.go.id (3/2/2020).

Belum selesai masalah wacana tersebut, Nurhayati Manoarfa kembali menghembuskan wacana yang tentu saja bikin pemotor meradang.

Belum lama ini muncul kabar bahwa larangan motor masuk ke jalan nasional akan diberlakukan.

Selain itu juga timbul wacana pembatasan jumlah kepemilikan motor mulai menguat

Hal itu diusul oleh Nurhayati Monoarfa, Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

Pembahasan tentang pembatasan motor ini disampaikan saat memimpin Rapat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait masukan Penyusunan Rancangan Undang-Undang Revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) serta RUU Revisi Nomor 38 Tahun 2204 Tentang Jalan.

"Itu mungkin yang harus kita atur kendaraan roda dua ini, di area mana sajakah yang boleh roda dua untuk melintas," kata Nurhayati dikutip dari Kompas.com.

Namun, tidak semua jenis motor bakal dilarang melintas di jalan nasional.

Yang pasti, jika berkaca dari jalan nasional di seluruh dunia, tidak ada roda dua melintas. Dimana pun, di seluruh dunia kecuali di atas 250 cc," lanjut Nurhayati.

Lalu, apa yang menyebabkan larangan motor masuk jalan nasional ini muncul?

Menurut Nurhayati, jalan raya di Jakarta sudah semrawut alias macet.

Untuk itu, pembatasan jumlah motor di Jakarta perlu dilakukan.

Termasuk, pembatasan kepemilikan kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Secara lebih spesifik, Nurhayati juga mengemukakan pendapatnya untuk penting diberlakukannya aturan mengenai area mana saja yang diperbolehkan bagi kendaraan roda dua untuk melintas.

Di samping itu, pembatasan jumlah motor di jalan raya itu bukan berarti melarang pemakaian motor sama sekali.

Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya

Nurhayati juga menyampaikan pentingnya motor untuk akses masyarakat luas.

"Di tempat-tempat seperti Jakarta, mungkin tidak menjadi masalah karena kendaraan umumnya sudah baik seperti adanya MRT dan lain-lain,"

"Tetapi, di daerah-daerah lain itu mungkin agak kesulitan kalau kendaraan roda dua tidak diakomodir,” pungkas Nurhayati.

sumber berita







Opini TS

Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya

Waduhh motor dibawah 250cc dilarang lewat jalur protokol? Yang bener aja nih komisi V DPR jangan mentang-mentang lo punya mobil dari negara berhak larang-larang motor yang banyak di punya kaum susah.

Kalau mau begitu ente yang duduk di gedung DPR/MPR jangan pakai mobil dinas dong pakai aja MRT atau Transjakarta. Lah ini masih pakai mobil dinas ehh dikawal lagi, buat apa pengendara motor bayar pajak. Emangnya siapa yang nyuruh jualan motor di kota besar.

Berani ga tutup pabrik motornya? Dasar wakil rakyat bukannya merakyat malah goblok pikirannya. Otak sama dengkul kok ya hampir deketan gitu ya? Pembatasan kendaraan bermotor di Jakarta bisa dilakukan kalau mental korup di DPR dan MPR dah di hukum mati semua. Karena sarangnya korup di jabatan wakil rakyat.

Negara akan surplus, maka pembangunan masyarakatnya akan lebih adil dan makmur. Sehingga harga transportasi tidak mahal untuk harian di banding kendaraan bermotor, otomatis kendaraan motor roda dua ga akan ada yang beli. Ujungnya perusahaan motor Jepang pun gulung tikar di kota-kota besar, mereka hanya beralih ke desa-desa.

Maka Indonesia pun membeli motor hanya untuk prestise dimana motor cc 250 keatas yang lebih banyak di beli. Sedangkan untuk cc kecil sudah tak laku lagi. Layaknya di Korea Selatan pengguna motor cc kecil hampir tidak ada, mereka lebih memilih membeli mobil di bandingkan roda dua.

Tapi apa sanggup seperti itu? Sedangkan saat ini jutaan motor menjadi tulang punggung pajak negara. Berapa besar pemasukan negara yang hilang kalau masyarakat tidak menggunakan kendaraan motor roda dua?

Jalan protokol motor tak boleh lewat!

Mampukah DPR melawan jutaan pengangguran yang beralih jadi supir ojol? Ingat rakyat lapar bisa marah dan chaos seperti 98 bisa-bisa wakil rakyat di genosida macam revolusi perancis.

Membuat kebijakan harus berfikir dulu secara menyeluruh, masa sekelas DPR pikirannya kaya anak TK mirip KPAI yang ga ada ilmu, gede bacot doank sih tentang berenang bisa hamil, akhirnya minta maaf ....loh ngapain bacot kalau taunya salah bicara.

Dulu zaman Ahok kan pernah larangan ini hasilnya Ahok di TKO pasukan 212, zaman Anies pun larangan ini mentah, duh daripada lengser lebih cepat

Mending diam saja sekalian...

emoticon-Leh Uga


Diubah oleh .r4hma.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 49 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 12
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 09:25
para pabrikan/produsen kendaraan bermotor kurang ngasih kemenyan.#KayakGakTauAja
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 09:30
orang seperti ane nih yang bakal kena imbasnya, kemana mana nyaman menggunakan motoremoticon-Mewek
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 09:42
Sebenernya ane setuju sih motor di batasin gan.
Ane sendiri pengguna motor kok di Jakarta ini. Tiap hari ngerasain makin arogannya pengendara motor kaya gimana. emoticon-Takut (S)


Ane mau aja naik angkutan umum sebetulnya, terlebih sekarang fasum udah bagus seperti trotoar yang di lebarkan misalnya. Transportasinya sayang tidak sebanding. Rumah ane aja jarang ada angkutan umum lewat, mau naik taksi/ojol mahal pastinya. Sama juga dengan kantor ane, malah ga di lewatin transportasi umum emoticon-Ngakak (S)
Alangkah baiknya sebelum di terapkan aturan itu, pemerintah fokus dulu dengan transportasi di Jakarta. Gimana caranya supaya transportasinya dapat di jangkau oleh masyarakat, efisien dan murah.
profile-picture
zimbenk memberi reputasi
1 0
1
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 09:55
Duileh emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 09:59
kok pd bilang mobil sih? itu ganjil genap emang buat apa? udah diatur porsinya kok emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 10:11
Quote:Yang pasti, jika berkaca dari jalan nasional di seluruh dunia, tidak ada roda dua melintas. Dimana pun, di seluruh dunia kecuali di atas 250 cc," lanjut Nurhayati.

Seluruh dunia? emoticon-Wakaka
Liat noh di italy skuter vespa banyak dijalan2 umum emoticon-Wakaka
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 11:28
ya udah mobil jan lewat jalan tikus....... faktanya cuman gegara 2 mobil aje bisa bikin macet......


gua kata mending manfaatkan kondisi.... denda 500rb yg melanggar tiada ampun.... tuh contoh di jlnt casablanca.... 100 org yg kena sehari ud 50jt... itu baru 1 tempat, belum tempat lainnya..... emoticon-Ngacir
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 13:04
Gaboleh melintas, angkutan umumnya digencarkan dongg hehehe
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 13:40
Nih orang tinggalnya diatas angin yaa.... cuma liat2 dari atas itupun jkt doang trus bikin acara aturan..... indonesia ga cuma jkt yg semrawut

coba tinggal di daerah sebuah kota kecil di jawa..... tuh angkot angkudes udah pada modyarrr.... pengusaha angkot dah angkat tangan, tarif n operasional gak nyambung

harus ada motor buat antar jemput sekolah, kerja, yg anak sma terpaksa bermotor.... knapa gak sepedaan???..... sekarang sekolah negeri banyak yg tutup ga ada murid .... skrg terpusat di kota atau kota kecamatan, skolah swasta ya di kota kabupaten.... lagian berani lu lepas anak SD SMP naek sepeda 2-5 Km sendiri?

tuh anak2 SMU di kota tsb gak pernah bawa sim n stnk.... tapi surat tilang. lha gmn lg tiap pagi ada razia dan dipastikan kena semua.... sim gak mungkin punya.... klo yg rumah ato kos deket sekolah ga mslh jalan kaki atau ngonthel ... klo yg jauh mo naik apa??? bus sekolah.... dah pernah ada, skrg mangkrak.... sapa jg yg mau ngurusi ga ada duitnya.... pas pengadaan bus sj pada rebutan
profile-picture
kurapbadak memberi reputasi
1 0
1
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 13:51
Quote:Original Posted By artyudha
Nih orang tinggalnya diatas angin yaa.... cuma liat2 dari atas itupun jkt doang trus bikin acara aturan..... indonesia ga cuma jkt yg semrawut

coba tinggal di daerah sebuah kota kecil di jawa..... tuh angkot angkudes udah pada modyarrr.... pengusaha angkot dah angkat tangan, tarif n operasional gak nyambung

harus ada motor buat antar jemput sekolah, kerja, yg anak sma terpaksa bermotor.... knapa gak sepedaan???..... sekarang sekolah negeri banyak yg tutup ga ada murid .... skrg terpusat di kota atau kota kecamatan, skolah swasta ya di kota kabupaten.... lagian berani lu lepas anak SD SMP naek sepeda 2-5 Km sendiri?

tuh anak2 SMU di kota tsb gak pernah bawa sim n stnk.... tapi surat tilang. lha gmn lg tiap pagi ada razia dan dipastikan kena semua.... sim gak mungkin punya.... klo yg rumah ato kos deket sekolah ga mslh jalan kaki atau ngonthel ... klo yg jauh mo naik apa??? bus sekolah.... dah pernah ada, skrg mangkrak.... sapa jg yg mau ngurusi ga ada duitnya.... pas pengadaan bus sj pada rebutan


Nah ane setuju sama agan.
Mereka pandangannya dari sudut pandang kota doang gan. Ga sampe sudut pandang daerah apalagi yg terpencil. Di pedesaan atau kota kecilpun belum semuanya terintegrasi dengan transportasi umum. Kalaupun ada itupun ga merata, ga semua penjuru kota, belum tentu aman, belum tentu beroperasi sampai malam hari. Kalau di perkotaan besar okelah kurangin tuh kendaraan pribadi (motor dan mobil) biar imbang. Lah ane di kampung aja nyari angkot sampe budeg lama banget dapetnya. Ojol jarang banget. Mau ga mau ya beli kendaraan pribadi biar gampang aksesnya. Mereka sepertinya ada kepentingan gan jadi tetap ngotot untuk menjalankan peraturan baru.
profile-picture
paganisme memberi reputasi
0 1
-1
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 13:51
larang aja, rakyat dah makmur

waktu itu di kaskus ada yg bayar pajak 8jt sehari
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 14:06
Biar ga penuh kalik yaa jalanan hahahaha
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 15:15
Quote:Original Posted By kurapbadak


Nah ane setuju sama agan.
Mereka pandangannya dari sudut pandang kota doang gan. Ga sampe sudut pandang daerah apalagi yg terpencil. Di pedesaan atau kota kecilpun belum semuanya terintegrasi dengan transportasi umum. Kalaupun ada itupun ga merata, ga semua penjuru kota, belum tentu aman, belum tentu beroperasi sampai malam hari. Kalau di perkotaan besar okelah kurangin tuh kendaraan pribadi (motor dan mobil) biar imbang. Lah ane di kampung aja nyari angkot sampe budeg lama banget dapetnya. Ojol jarang banget. Mau ga mau ya beli kendaraan pribadi biar gampang aksesnya. Mereka sepertinya ada kepentingan gan jadi tetap ngotot untuk menjalankan peraturan baru.


ada kepentingan?? ..... jelas itu bung!

semua isu yg terlontar dari gedung kura2 jongkok itu bawa misi kepentingan..... ujung2nya urusan perut....

mana ada rancangan UU demi kemakmuran n kemaslahatan rakyat cepet jadi.... bisa smp bertahun2 bahkan mangkrak....


profile-picture
kurapbadak memberi reputasi
1 0
1
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 15:28
emang sudah seharusnya SIM STNK, BPKB ke Kemenhub, bukan Di kepolisian
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 16:03
Quote:Original Posted By Oegank
Emang blom ada "pengganti" ogud di abmm?

emoticon-Malu


Blum ada ustod... pada error semua disana emoticon-Leh Uga
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 16:07
Quote:Original Posted By gambitmaven
DPR kok jadi bukan dewan perwakilan rakyat tapi jadi dewan perwakilan orang kaya yg gak mau keganggu idupnya.
MANA ASPIRASI untuk RAKYATnya kok malah buat rakyat semakin sulit bernafas kl gini

• Pabrik tas Jakarta


Ahhh kalau bisa DPR di bubarkan ga ada gunanya juga kerja mereka
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 16:44
Gak ada yang win win solution kah? Lucu sih. Dikit dikit larang. Dpr ni bisanya cuma bikin larangan doang? Tanpa solusi? emoticon-Hammer
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 16:49
Lah di negara ber flower kya gini, motor penting buat kesana kemari. Yang paling bener buat transportasi umum yg berkualitas dan bertarif murah
0 0
0
Makin Panas Larangan Motor Melintas di Jalan Raya
26-02-2020 19:07
Sebagian besar warga lebih senang menggunakan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari, karena kendaraan ini sangat cocok untuk menerobos kemacetan yang biasa terjadi. Mungkin ada wacana lainnya selain pelarangan motor dijalan raya, seperti pembuatan lajur khusus gitu.
0 0
0
Halaman 11 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia