edwardbstnAvatar border
TS
edwardbstn
Kenapa Sih Setir Berbentuk Bulat ? Ini Alasannya


sumber : parksidemotors.ca

Kemarin baru saja kita membahas soal mengapa letak setir di Indonesia berada di sebelah kanan, baca disinikalau belum. nah kali ini Inspektor Carsome akan memberi tahu alasan mengapa setir mobil berbentuk bulan bukan segitiga atau yang lain, penasaran kan ? Simak artikel berikut..

Setir pada mobil kita tahu pada umumnya berbentuk bulat, dan  pastinya setir mobil kamu juga berbentuk bulat dong, ga mungkin kan berbentuk kotak atau segitiga.

Namun tahukah kamu apa alasannya, mengapa setir mobil bisa berbentuk bulat ? kita lihat dulu sejarahnya, sejak tahun 1885 dimana mobil pertama yaitu Benz Patent-Motorwagen diproduksi, mobil- mobil pada masa itu belum dilengkapi dengan setir.



sumber : otoblitz.net

Pada masa itu mobil digerakkan dengan tuas kemudi berbentuk tungkai yang memang penggunaanya disebut kurang optimal baik untuk pengendaliannya maupun tingkat keakuratan pengarahan roda yang kurang akurat, terutama saat ingin memarkirkan mobil akan lebih sulit

Barulah pada tahun 1894, setir berbentuk melingkar ditemukan dan digunakan oleh Alfred Vacheron, Pria ini menggunakan setir kemudi berbentuk melingkar di ajang lompa balapan mobil pertama di Prancis

Setelah melalui serangkaian uji coba, Alfred mengatakan bahwa mekanisme setir mobil melingkar lebih mudah sehingga mobil Panhard kala itu selalu dibuatkan setir melingkar, meski pada saat itu setir masih berbentuk sedikit mendatar seperti setir truk dan bus.

sumber : Wikipedia

Perubahan mekanisme setir kemudi pada mobil terus berlanjut hingga tahun 1899. Singkat cerita, perkembangan terus dilakukan produsen-produsen otomotif , sampai muncul sistem power steering yang mengkombinasikan setir kemudi dengan sistem hidrolik seperti saat ini.


Quote:





nona212
tien212700
LordDhanny
LordDhanny dan 20 lainnya memberi reputasi
21
13K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.