• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ada Belalang yang Bisa Mendeteksi Bahan Peledak, Kira-Kira Apa Ya?

Richy211
TS
Richy211
Ada Belalang yang Bisa Mendeteksi Bahan Peledak, Kira-Kira Apa Ya?


Sumber: sini

SELAMAT HARI SELASA UNTUK AGAN DAN SISTA DARIMANA PUN KALIAN BERADA


Kemarin TS habis membuat thread tentang Beruk kali ini ane akan membahas mengenai hewan belalang. Belalang ini masuknya ke famili serangga ya Gansist. Konon jaman dulu belalang ini bisa dimakan oleh manusia dengan cara digoreng, misalnya jadi tumis belalang, mungkin juga keripik belalang atau belalang goreng crispy ๐Ÿ˜. Namun, TS sih belum pernah cobain tuh dan nggak doyan juga.


Tampaknya belalang yang akan ane bahas ini lebih luar biasa daripada belalang pada umumnya. Why? Because belalang ini diciptakan oleh para ilmuwan dari Universitas Washington, Missouri di laborat St. Louisdengan sebutan belalang "bio-hacked". Kemudian yang lebih mencengangkan lagi Gansist, belalang ini diciptakan guna mendeteksi bahan kimia peledak misalnya saja bom.

Cara kerja belalang ini dengan memanfaatkan indera penciuman serangga yang sudah didesain secara canggih bernama hidung elektronik. Oh my, ada ya hidung elektronik ane baru tahu nih.


Quote:


Kemudian Gansist di bagian otak si belalang itu akan dilekatkan sebuah alat bernama elektroda. Dari sinilah ilmuwan tersebut akan mendapatkan respons yang berbeda dari belalang dan selanjutnya akan dihubungkan dengan bau kimia yang sejenis. Mungkin alat pendeteksi ini bekerja melalui proses sensor penciuman atau pengendusan sama halnya kaya hewan anjing yang juga punya sistem penciuman yang tajam dan bisa untuk mendeteksi keberadaan bom. Kira-kira lebih keren mana ya antara anjing dan belalang ini?


Quote:


Meskipun gansist namanya juga sebuah percobaan atau alat pastinya ada aja kendala yang ditemukan. Kendalanya adalah belalang tersebut mati kelelahan pada saat proses pendeteksian bahan peledak yang memakan waktu cukup lama yakni hingga 7 jam. Sehingga hasil yang didapatkan kemungkinan hanya ada satu belalang saja yang mampu bertahan hidup dan sukses memetakan bau kimia dengan tingkat akurasi 60% persen lebih. Wah, kalau menurut TS sih lebih dari 50% itu bisa dikatakan cukup akurat.

Menurut sumber, penelitian para ilmuwan untuk belalang yang diberi nama belalang cyborgini telah menelan dana sekitar 750 ribu dolar AS dari Kantor Penelitian Angkatan Laut AS yang nantinya dipakai dalam sistem homeland security. Hmmm, kalau bicara soal teknologi mah memang diakui AS termasuk negara yang paling kuat. Bisa dikatakan mereka selalu up to date dalam perkembangan teknologinya termasuk juga dalam bidang keamanan seperti ini. Sebagai orang awam sih TS merasa amazing aja gitu belalang bisa dipakai sebagai alat pendeteksi bom dan hal ini patut deh buat dikembangkan sampai berhasil. Pasalnya dalam sistem keamanan di negara manapun sudah sepatutnya melakukan inovasi dalam pembuatan alat-alat yang lebih canggih lagi. Termasuk negara Indonesia juga pasti bisa lebih mengembangkan teknologi di bidang keamanan dan juga waspada terhadap bencana alam ๐Ÿ˜. Apalagi bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan juga banjir yang tampaknya masih menimpa warga Ibu kota.


Sumber: opini pribadi dan referensi
Diubah oleh Richy211 26-10-2020 11:07
sebelahblog4iinchGutSchreiben
GutSchreiben dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.3K
55
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThreadโ€ข81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
ยฉ 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.