News
Batal
KATEGORI
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e536dc728c9916db55bb303/setelah-cukai-mobil-motor-bakal-kena-palak-uang-jalan
Dunia otomotif masih dilanda sentimen negatif, selain penjualan roda dua dan empat yang dalam tren turun, ada rencana kebijakan pemerintah yang berpotensi makin memberatkan. Selain usulan pengenaan cukai emisi kendaraan bermotor, juga ada rencana pengenaan dana jalan bagi industri otomotif.
Lapor Hansip
24-02-2020 13:31

Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan

Past Hot Thread
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia otomotif masih dilanda sentimen negatif, selain penjualan roda dua dan empat yang dalam tren turun, ada rencana kebijakan pemerintah yang berpotensi makin memberatkan. Selain usulan pengenaan cukai emisi kendaraan bermotor, juga ada rencana pengenaan dana jalan bagi industri otomotif.

Rancangan Undang-undang (RUU) tentang jalan masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas 2020). Dalam draf revisi UU No 38 tahun 2004 itu terdapat tambahan aturan mengenai Dana Jalan. Salah satu pihak yang akan kena beban 'dana jalan' antara lain perusahaan bergerak di bidang otomotif.

Ketentuan tersebut disisipkan di antara Bab V dan Bab VI, yakni pada Bab VA. Pemerhati Transportasi, Djoko Setijowarno, menilai, adanya Dana Jalan dimaksudkan untuk membatasi kendaraan pribadi dan memperbaiki sistem transportasi massal.


"Nanti dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan bisa berkoordinasi. Dananya misalnya untuk perbaikan jalan atau dimanfaatkan untuk operasional angkutan umum," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Senin (24/2/20).

Ucapan Djoko juga sejalan dengan yang tertulis dalam naskah akademis RUU tersebut. Dijelaskan dalam naskah tersebut bahwa pendapatan yang diperoleh dari sektor jalan, sedapat mungkin kembali ke sektor jalan, guna menjamin konsistensi kinerja jalan.

Secara rinci, berikut aturan mengenai Dana Jalan:

BAB VA
DANA JALAN
Pasal 57A

1. Untuk menjamin keberlanjutan pelayanan Jalan, diperlukan dana Jalan.
2. Dana Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berasal dari alokasi pajak kendaraan bermotor, retribusi penggunaan ruas jalan, dana preservasi Jalan, dan sumber lain yang sah.
3. Alokasi pajak kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) digunakan untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
4. Retribusi penggunaan ruas jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lalu lintas dan peningkatan pelayanan angkutan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
5. Dana preservasi Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) bersumber dari pengguna Jalan dan digunakan untuk kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, dan rekonstruksi Jalan diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
6. Pengelolaan Dana Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam draf regulasi tersebut, pada bagian penjelasan atas pasal-pasal disebutkan bahwa yang dimaksud dengan 'sumber lain yang sah' antara lain bantuan atau dana tanggung jawab sosial perusahan yang bergerak di bidang otomotif.

Adapun penjelasan dari Ayat (3), yang dimaksud dengan 'ketentuan peraturan perundang-undangan' adalah ketentuan dalam undang-undang yang mengatur mengenai pajak dan retribusi daerah dan peraturan pelaksanaannya.

Selanjutnya, dalam Ayat (4) yang dimaksud retribusi penggunaan ruas jalan antara lain retribusi jembatan timbang dan retribusi pengendalian lalu lintas. Objek retribusi pengendalian lalu lintas meliputi penggunaan ruas jalan tertentu, koridor tertentu, atau kawasan tertentu pada waktu tertentu oleh kendaraan bermotor perseorangan dan barang.

Dalam naskah akademis RUU tersebut, terdapat latar belakang yang menyebabkan perlunya Dana Jalan. Dijelaskan bahwa investasi di bidang prasarana jalan cenderung kurang memadai.

Hal ini ditandai dengan penurunan tingkat pelayanan jalan dan peningkatan biaya transportasi akibat kemacetan. Investasi yang kurang memadai tersebut disebabkan karena berkurangnya dana publik untuk sektor jalan dan sektor swasta kurang berminat untuk investasi di sektor ini.

Kondisi ini menurunkan efisiensi sistem dan efektivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan prasarana yang ada. Konsekuensinya adalah timbulnya kebutuhan yang mendesak untuk menetapkan arah kebijakan yang tepat yang dapat menjamin tersedianya sumber pendanaan pemeliharaan
jalan secara kontinu.

"Konsep Road Fund menganut filosofi bahwa pemeliharaan jalan seharusnya dikelola menurut mekanisme pasar, dengan pengguna jalan membayar biaya untuk penggunaan jalan," tulis naskah akademis itu.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...lak-uang-jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 9
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:11
mungkin terlalu banyak yg di hamburkan kali ya.

pajak tahunan pun keknya gak mampu buat membiayai jalanan.
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:13
Quote:Original Posted By bangrocky
Pemerintah bikin youtube aja buat konten, nanti biar di suscribe seindonesia dan like nya juga. Duitnya buat bayar hutang2 negara


Bener juga. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:14
nanti kita kentut akan kena pajak gan , mahal soalnya untuk sekali "kunjungan" para pegawai negara itu , belum outfit yg dipakai
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:20
apa apa skrg kena palak... dasar tukang palak emoticon-Najis
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:20
Terkutuklah di kerak neraka terdalam
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:31
negara butuh uluran tangan para dermawan..wkwkwkwk
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:33
Kaya rokok lama2 ni ibu srimulyani emoticon-Mewek
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:42
Makan kenak pajak, kendaraan bermotor kena pajak, minuman kena pajak, jualan online kena pajak, gue ga masalah sih tapi ada yang bisa dipercaya ga megang uang segitu banyak, gelap mata uang rakyat tadi ditilep, buat perbaikan jalan yang ada cuma tambal sebagian, buat perbaikan fasilitas umum yg ada pake yg murah dan gampang rusak, uangnya masih sisa, nah ini yg dikorupsi sama aja jumlahnya masih gede. Masuk kantong elit politik juga ini kan? jangan hanya karena ada cara enak buat nerapin pajak semakin enak pula nenggak uang rakyat tadi.
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
1 0
1
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:43
otomatis harga naik dundemoticon-Wagelaseh
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 14:43
hadeh...jalanan aja modelnya kek tambal sulam alis, tiap tahun di tambal mulu, hampir gak ada jalan aspal yg bisa mulus lebih dr 5th(kecuali jalan arteri di dalam kota)..
makan tuh proyek aspal tiap tahun emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 15:11
PSI KhiNTiL mana nih????
profile-picture
lqmnnhkm memberi reputasi
1 0
1
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 15:17
Gak apa2, bikin aja semua kutipan,,, asalkan koruptor dihukum mati. Titik.
Percuma narikin duit dr rakyat kalo koruptor tidak dimatiin.
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 15:26
nah ini resiko jadi negara maju.
semua harus dipalakin.
harusnya lu kentut sama lu ngomong juga kudu dipalakin.
lu kira lu idup dimana? enak aja mau gretongan. emang negara nenek moyang lo
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 15:43
secara tidak langsung memfilter mana yg pantas punya kendaraan emoticon-Ngakak
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 15:45
Quote:Original Posted By olapoenya
Cb mereka di lapangan,tau gmn rasany jd pengusaha,hadepin pegawai,kmplin duit,byr pajak


Otak mereka nyampe? Jabatan ada, otoritas ada, fasilitas ada, kerjaannya dilempar ke anak buah sementara doi cuma tidur
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh maverick4ever
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 15:54
Quote:Original Posted By denatosero
Makan kenak pajak, kendaraan bermotor kena pajak, minuman kena pajak, jualan online kena pajak, gue ga masalah sih tapi ada yang bisa dipercaya ga megang uang segitu banyak, gelap mata uang rakyat tadi ditilep, buat perbaikan jalan yang ada cuma tambal sebagian, buat perbaikan fasilitas umum yg ada pake yg murah dan gampang rusak, uangnya masih sisa, nah ini yg dikorupsi sama aja jumlahnya masih gede. Masuk kantong elit politik juga ini kan? jangan hanya karena ada cara enak buat nerapin pajak semakin enak pula nenggak uang rakyat tadi.


Kita bukan rakyat manja, semua dipajakin oke, tapi mereka wajib kerja yg bener. Masa iya ngelola emas aja ndak bisa, cuma teken kontrak dikasih ke swasta asing?
emoticon-Leh Uga

India udah bisa ngirim wahana buatan sendiri ke mars, udah punya ICBM, udah punya SLBM, dll, kita cuma ngurusi gender, radikal, toleransi, salam, ayam, dll. SAINS KITA MANA?

Malah kemarin helmi yahwa dipecat alasannya karena menayangkan liga inggris dan discovery channel yg TIDAK SESUAI KARAKTER BANGSA. Karakter kita apa? PRANK? Hipnotis orang? Gossip? Bubarin tuh acara gossip. Bikin rakyat makin baper dan munculin laki2 baperan
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh maverick4ever
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 15:56
Quote:Original Posted By Getout323
Gak apa2, bikin aja semua kutipan,,, asalkan koruptor dihukum mati. Titik.
Percuma narikin duit dr rakyat kalo koruptor tidak dimatiin.


iya banyak narik pajak tapi koruptor ngga pernah dimatikan juga jadinya bocor terusss
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
1 0
1
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 15:56
ciri ciri negara maju. segalanya berbayar 😂
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 16:03
Quote:Original Posted By muscle.maniax
Dana jalan

Dana aspal

Dana cor beton

Dana jembatan

Dana zebra cross

Dana rambu jalan

Dana lampu merah

Dana penerangan jalan


Dana asap knalpot bray
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 16:05
Kerja gak bener bisanya malak minta ini itu urus tuh anjnk
0 0
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia