News
Batal
KATEGORI
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e536dc728c9916db55bb303/setelah-cukai-mobil-motor-bakal-kena-palak-uang-jalan
Dunia otomotif masih dilanda sentimen negatif, selain penjualan roda dua dan empat yang dalam tren turun, ada rencana kebijakan pemerintah yang berpotensi makin memberatkan. Selain usulan pengenaan cukai emisi kendaraan bermotor, juga ada rencana pengenaan dana jalan bagi industri otomotif.
Lapor Hansip
24-02-2020 13:31

Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan

Past Hot Thread
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia otomotif masih dilanda sentimen negatif, selain penjualan roda dua dan empat yang dalam tren turun, ada rencana kebijakan pemerintah yang berpotensi makin memberatkan. Selain usulan pengenaan cukai emisi kendaraan bermotor, juga ada rencana pengenaan dana jalan bagi industri otomotif.

Rancangan Undang-undang (RUU) tentang jalan masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas 2020). Dalam draf revisi UU No 38 tahun 2004 itu terdapat tambahan aturan mengenai Dana Jalan. Salah satu pihak yang akan kena beban 'dana jalan' antara lain perusahaan bergerak di bidang otomotif.

Ketentuan tersebut disisipkan di antara Bab V dan Bab VI, yakni pada Bab VA. Pemerhati Transportasi, Djoko Setijowarno, menilai, adanya Dana Jalan dimaksudkan untuk membatasi kendaraan pribadi dan memperbaiki sistem transportasi massal.


"Nanti dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan bisa berkoordinasi. Dananya misalnya untuk perbaikan jalan atau dimanfaatkan untuk operasional angkutan umum," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Senin (24/2/20).

Ucapan Djoko juga sejalan dengan yang tertulis dalam naskah akademis RUU tersebut. Dijelaskan dalam naskah tersebut bahwa pendapatan yang diperoleh dari sektor jalan, sedapat mungkin kembali ke sektor jalan, guna menjamin konsistensi kinerja jalan.

Secara rinci, berikut aturan mengenai Dana Jalan:

BAB VA
DANA JALAN
Pasal 57A

1. Untuk menjamin keberlanjutan pelayanan Jalan, diperlukan dana Jalan.
2. Dana Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berasal dari alokasi pajak kendaraan bermotor, retribusi penggunaan ruas jalan, dana preservasi Jalan, dan sumber lain yang sah.
3. Alokasi pajak kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) digunakan untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
4. Retribusi penggunaan ruas jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lalu lintas dan peningkatan pelayanan angkutan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
5. Dana preservasi Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) bersumber dari pengguna Jalan dan digunakan untuk kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, dan rekonstruksi Jalan diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
6. Pengelolaan Dana Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam draf regulasi tersebut, pada bagian penjelasan atas pasal-pasal disebutkan bahwa yang dimaksud dengan 'sumber lain yang sah' antara lain bantuan atau dana tanggung jawab sosial perusahan yang bergerak di bidang otomotif.

Adapun penjelasan dari Ayat (3), yang dimaksud dengan 'ketentuan peraturan perundang-undangan' adalah ketentuan dalam undang-undang yang mengatur mengenai pajak dan retribusi daerah dan peraturan pelaksanaannya.

Selanjutnya, dalam Ayat (4) yang dimaksud retribusi penggunaan ruas jalan antara lain retribusi jembatan timbang dan retribusi pengendalian lalu lintas. Objek retribusi pengendalian lalu lintas meliputi penggunaan ruas jalan tertentu, koridor tertentu, atau kawasan tertentu pada waktu tertentu oleh kendaraan bermotor perseorangan dan barang.

Dalam naskah akademis RUU tersebut, terdapat latar belakang yang menyebabkan perlunya Dana Jalan. Dijelaskan bahwa investasi di bidang prasarana jalan cenderung kurang memadai.

Hal ini ditandai dengan penurunan tingkat pelayanan jalan dan peningkatan biaya transportasi akibat kemacetan. Investasi yang kurang memadai tersebut disebabkan karena berkurangnya dana publik untuk sektor jalan dan sektor swasta kurang berminat untuk investasi di sektor ini.

Kondisi ini menurunkan efisiensi sistem dan efektivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan prasarana yang ada. Konsekuensinya adalah timbulnya kebutuhan yang mendesak untuk menetapkan arah kebijakan yang tepat yang dapat menjamin tersedianya sumber pendanaan pemeliharaan
jalan secara kontinu.

"Konsep Road Fund menganut filosofi bahwa pemeliharaan jalan seharusnya dikelola menurut mekanisme pasar, dengan pengguna jalan membayar biaya untuk penggunaan jalan," tulis naskah akademis itu.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...lak-uang-jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 9
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 11:51
Alah pengen malak aja ini. Harusnya transportasi massal di perbaiki dulu sampai benar terjangkau semua pihak, baru di kasih cukai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 11:52
Lah kan udah ada pajak, buat perbaikan jalan, dll
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 11:53
pajak terosssssss
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 11:55
Quote:Original Posted By herbstmeister
Lah kan udah ada pajak, buat perbaikan jalan, dll


Lupa
emoticon-Malu
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 11:55
Quote:Original Posted By muscle.maniax
Dana jalan

Dana aspal

Dana cor beton

Dana jembatan

Dana zebra cross

Dana rambu jalan

Dana lampu merah

Dana penerangan jalan


Ingat dananya ada...

Tinggal mau minjem apa ngga


Tinggal mau malak apa ngga..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
1 0
1
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 11:57
cari dana umum terus,kapan cari kesempatan,anjir, dikirr maen monopoli emoticon-Leh Uga
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:01
Quote:Original Posted By atmajazone
Emang setan banget kok itu. Masyarakat aja yg masih banyak yg belum sadar. Pejabat2 itu ndak ada pedulinya sama negara blass.

Tau gak kalo negara hancur, mereka tinggal pindah negara aja. Asal punya duit banyak, bisa diterima langsung sebagai warga negara di negara mana aja. emoticon-Cape d...


Tapi banyak yg cinta mati gan. Bucin
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:01
Quote:Original Posted By victimaye
Kon tol... Malak iya kerja ga bener.. Hasilnya pun gaada.. Hanya korupsi yang merajalela emoticon-Cape d...


Luar biasa memang, setau ane, ada polisi yg pernah bilang ke ane, kalo bayar stnk, dana nya nnti bisa untuk perbaikan atau pemeliharaan jalan. But the fact is fu*k emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
1 0
1
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:03
Lama2 gua pengen naik sepeda aja
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:03
kerja banting tulang buat ngasih duit pajak eh dananya di korupsi, kan baik
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:04
Quote:Original Posted By caesarpratama
Luar biasa memang, setau ane, ada polisi yg pernah bilang ke ane, kalo bayar stnk, dana nya nnti bisa untuk perbaikan atau pemeliharaan jalan. But the fact is fu*k emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga


Woi kita kerja pasti dievaluasi dan harus memenuhi target. Pejabat kita? Gaji puluhan juta blm termasuk tunjangan, kerjannya naikin pajak dan utang. Seriusan ini

Harusnya yg dapat gelar menteri ekonomi terbaik itu menteri2 korut, karena disanksi NATO tapi masih bisa bikin ICBM
Diubah oleh maverick4ever
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:05
Quote:Original Posted By night.fury95
kerja banting tulang buat ngasih duit pajak eh dananya di korupsi, kan baik


emoticon-Leh Uga
Dikorupsi, pas lagi ada perlu penting jalanan diblok utk lewat pejabat yg mau tamsya keliling kota
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh maverick4ever
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:06
pasti akan banyak yang menentang,
terutama jepun yang sudah meraup begitu banyak duid dari penjualan kendaraan pribadi,
kalo nyusun UU nambah pemasukan negara gini mustinya juga dibarengi dengan penyusunan UU pemakaian uang rakyat dengan ketat biar ga abis dikorup mulu
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:06
ini test the water, klo rakyat adem aja dgn pajak modus baru ya lanjutkan. klo rakyat komplain tinggal bilang inikan cuma wacana.
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
1 0
1
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:08
Quote:Original Posted By apoge
ini test the water, klo rakyat adem aja dgn pajak modus baru ya lanjutkan. klo rakyat komplain tinggal bilang inikan cuma wacana.


Kalau ini gw yakin malem2 jam 1 dini hari diketok
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:10
Quote:Original Posted By patra.yosh
pemerintah berbisnis dgn rakyatnya.

tepatnya meras rakyatnya.
jalan tol, harus bayar dgn skema bisnis yg rumit dari utangan.

negeri gemah ripah loh jinawi.

kemana harta kekayaan kami?


setan semua isinya.
gak masalah pajak sana sini.
asal pemerintah juga sediain buat bayar pajak tsb.

artinya, ketersediaan lapangan kerja melimpah, nyari duit mudah.

silahkan pajak sana sini gak apa2.

nah kondisi skrg?

sumpah makin putus asa liat negeri ini


baik emg , liat orang indo yg kerja diluar rasa nya pgn kerja diluar ajalah
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:11
uang rakyat udah habis dikorupsi,dan pengembalian hasil korupsi itu pun rakyat gak pernah tahu emoticon-Turut Berduka


ini malah nambah beban rakyat dengan pajak ini dan itu emoticon-Cape d...
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:11
Udah idup pas-pasan dipalak mulu ajg emoticon-Lempar Bata
0 0
0
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:12
Quote:Original Posted By Manusiabiasaaa
baik emg , liat orang indo yg kerja diluar rasa nya pgn kerja diluar ajalah


Ane 6 taun lebih jadi TKI di korea selatan bray.

Hidup enak, mau beli apapun sekalipun kita kuli, bisa kebeli.

Disini?

Kerja seminggu buat makan sehari kurang
profile-picture
atmajazone memberi reputasi
1 0
1
Setelah Cukai, Mobil-Motor Bakal Kena 'Palak' Uang Jalan
25-02-2020 12:21
di tempat gw ada perda yg bilang ada bayar parkir mobil padahal itu di depan nya pabrik gw sendiri kan aneh?
0 0
0
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia