• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 Cara Efektif dan Interakrif Untuk Melatih Si Kecil Agar Cepar Bicara

kreator.artikelAvatar border
TS
kreator.artikel
4 Cara Efektif dan Interakrif Untuk Melatih Si Kecil Agar Cepar Bicara







Melihat tumbuh kembang anak yang terus berkembang sesuai dengan usianya memang hal yang sangat membahagiakan. Semua orangtua pasti tidak ingin melewatkan setiap perkembengan anak, terutama saat anak baru saja melakukan berbagai hal untuk pertama kalinya. Salah satunya ketika ia mengeluarkan kata pertama dari mulutnya.

Sebagai orangtua, pasti kamu sangat khawatir, kan ketika anak berada pada fase tumbuh kembang yang tidak sama seperti anak kebanyakan? Apalagi kosakata yang dikuasainya terbilang masih sedikit jika dibandingkan anak seusianya.

Jika anakmu berada di fase tumbuh kembang tersebut, sebaiknya kamu nggak perlu panik dan khawatir. Karena memang anak memiliki fase tumbuh kembangnya sendiri. Meski demikian, sebagai orangtua kamu jangan diam saja, ya! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih anak agar ia bisa menguasai banyak kosakata. Nah, berikut ini adalah 4 cara interaktif yang bisa kamu lakukan untuk melatih anak berbicara. Simak, yuk!




1. Membacakan buku cerita untuk anak



Jika ia belum bisa berbicara sama sekali, kamu bisa merangsangnya dengan membacakan buku cerita sebelum tidur. Menggunakan buku cerita untuk anak yang cenderung lebih banyak gambar dari pada kata-kata, tentunya ini akan membuat anak lebih tertarik untuk memperhatikannya. Dengan mendengarkan cerita dari orangtuanya, anak akan mulai belajar banyak kosakata yang sering ia dengar. Begitu juga nama-nama hewan yang biasa menjadi karakter pada buku cerita anak. Selain itu, memperkenalkan buku kepada anak sejak dini juga dapat memupuk kecintaannya terhadap buku. Jadi dapat dua manfaat, kan?




2. Tetap ajak anak mengobrol, meski ia belum bisa berbicara banyak



Meskipun ia belum bisa berbicara banyak, sebaiknya kamu tetap mengajak anak untuk mengobrol denganmu. Cara ini merupakan cara yang paling natural dan mudah untuk dilakukan agar anak cepat berbicara. Kamu bisa menanyakan berbagai hal kepada anak. Sebaiknya gunakan pertanyaan terbuka sehingga jawabannya tidak hanya terbatas "iya" atau "tidak". Pertanyan terbuka dapat merangsang anak untuk berbicara lebih banyak lagi dari yang ia bisa. Karena, pertanyaan terbuka akan membuat anak bercerita dan berusaha mencari kosakata yang tepat untuk menggambarkan jawabannya. Misalnya seperti pertanyaan, "Permainan apa saja yang kamu lakukan hari ini?" dan, "Momen apa yang paling menyenangkan dari permainan itu?".




3. Jadilah orangtua yang bawel dan selalu menanyakan berbagai hal



Biasanya, anak mau berbicara ketika ia sedang ditanya. Oleh karena itu, jadilah orangtua yang bawel dan selalu menanyakan banyak hal kepada anak sambil menyuruhnya untuk menjelaskan. Misalnya, sambil menunjuk benda-benda yang ada di rumah dan bertanya "Itu namanya apa?", "Lalu, fungsinya untuk apa?". Dengan cara seperti ini, ia akan belajar tentang nama benda yang ada di sekililingnya. Pun juga akan belajar tentang fungsinya karena ia melihat orang sekitarnya, bahkan ia sendiri menggunakan benda tersebut.




4. Ajaklah anak untuk menari dan menyanyi



Anak-anak selalu suka dengan hal-hal yang ceria dan menyenangkan. Dari sekian banyaknya yang ia sukai, menari dan bernyanyi termasuk di dalamnya. Untuk melatihnya berbicara dan memahami kosakata, kamu bisa memutar musik serta lagu anak-anak dan mengajaknya untuk menari dan bernyanyi. Jangan lupa lupa untuk memperhatikan gerakan agar sesuai dengan lirik lagunya! Dengan begitu, anak akan belajar memahami makna lirik lagu dari gerakan-gerakan yang diperagakan. Selain itu, cara ini secara tidak langsung juga mengajarkan anak mengenai dunia yang berada disekitarnya melalui liril lagu.





Itulah 4 cara interaktif yang paling efektif untuk melatih anak agar cepat berbicara. Bukan hal yang sulit, kan?





▪︎ Thumbnail: Newsd.co

▪︎ Gambar 1: Timesofmalta.com
▪︎ Gambar 2: Firstedventures.com
▪︎ Gambar 3: Psychologytoday.com
▪︎ Gambar 4: Parentlane.com



Diubah oleh kreator.artikel 24-02-2020 13:19
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.