News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e537d7bc82084265a721570/alat-terapi-kanker-tercanggih-se-indonesia-ikut-terendam-banjir-di-rscm
Tim dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) langsung memeriksa ruang radiologi dan ruang radioterapi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jalan Pangeran Diponegoro, Senen, Jakarta Pusat. (Suara.com/Tyo) Khusus untuk perbaikan alat Tomo Terapi akan memakan waktu sekitar satu minggu. Suara.com - Sebanyak tujuh peralatan medis terendam akibat banjir yang terjadi di ruang radiologi dan radiote
Lapor Hansip
24-02-2020 14:38

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
Tim dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) langsung memeriksa ruang radiologi dan ruang radioterapi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jalan Pangeran Diponegoro, Senen, Jakarta Pusat. (Suara.com/Tyo)
Khusus untuk perbaikan alat Tomo Terapi akan memakan waktu sekitar satu minggu.

Suara.com - Sebanyak tujuh peralatan medis terendam akibat banjir yang terjadi di ruang radiologi dan radioterapi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jalan Pangeran Diponegoro, Senen, Jakarta Pusat.

Direktur RSCM, dr Lies Dina Liastuti, SpJP(K) mengatakan ketujuh alat tersebut antara lain 4 alat penyinaran, 1 citi simulator, 1 simulator, dan 1 Tomo Terapi.

"Ada 6 tapi 2 sudah operasional tinggal 4 yang tiga tapinya rencananya hari ini saja akan operasionalkan," kata dr Lies di Ruang Radioterapi RSCM, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Lies menambahkan, khusus untuk perbaikan alat Tomo Terapi akan memakan waktu sekitar satu minggu.

"Prediksi paling lama satu minggu untuk mesin tadi tapi mesin lain, tidak yang Tomo Terapi," tegasnya.

Tomo Terapi ini merupakan alat terapi kanker dengan teknologi terbaru dan tercanggih yang dimiliki RSCM sejak Desember 2016.

Alat ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara hanya beberapa negara yang memilikinya, yaitu Singapura, Thailand, dan Filipina.

Alat Tomoterapi ini bisa memberikan terapi untuk pasien kanker dengan hanya menarget sel kanker di tempat tertentu tanpa merusak sel-sel lain di sekitarnya. Tingkat akurasi tergolong tinggi.

Selain itu, alat ini juga dapat menarget berbagai wilayah tubuh dengan jangkauan yang lebih luas. Waktu terapi juga lebih singkat dibanding alat radioterapi biasanya.

Saat ini, tim teknisi dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir bersama RSCM, Kementerian Kesehatan, dan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Jakarta tengah mengecek fasilitas yang terendam.

Menurutnya, beberapa alat sudah dikeringkan sebelum dites sebelum dinyalakan kembali agar tidak korsleting lalu kemudian diuji kelayakannya oleh Bapeten.

Diketahui, hujan sepanjang Minggu (23/2/2020) dini hari membuat RSCM kebanjiran untuk pertama kalinya yang menurut Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan disebabkan oleh saluran air yang terlalu kecil.

Banjir tersebut awalnya hanya setinggi mata kaki atau sekitar 8 cm, terjadi pada pukul 05.00. Menjelang pukul 08.00 WIB genangan air mulai surut.

Bahkan banjir itu masuk ke ruang radiologi dan radioterapi hingga merusak beberapa peralatan medis.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto langsung datang ke lokasi untuk mengecek kedua ruang di rumah sakit pusat rujukan nasional tersebut.

Menindaklanjuti arahan Menkes, Tim Fasmed RSCM dan BPFK Jakarta langsung melakukan pengecekan alat-alat medis radioterapi dan radiologi yang sempat terpapar oleh genangan air tersebut.

Sumber : https://www.suara.com/news/2020/02/2...banjir-di-rscm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 14:39
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dinhogiloba dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 14:48
mungkin mesti disuruh ngunyah isotop biar terbuka sel otaknya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 14:49
Semoga anies maju capres 2024.
Anis ratna sarumpaet for indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 14:50
Minta Pemda DKI ganti rugi alat kesehatan yang rusak tuh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 15:05
"Makasih bang penis"
Banjir bagian radiologi RSCM:
1. Stationary xray ceiling
2. Fluoroscopy
3. Mammography
4. Stationary xray floor
5. Mobile xray
6. 2 unit ct scan
7. 1 unit ultra sound ‘accuson’ terendam
8. Seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam
9. 1 unit MRI siemens

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 15:06
sayang banget ya, pasien yang mau berobat juga terganggu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 15:36
1 lg rekor Wan Jembhoed emoticon-Imlek
-Halim
-Monas
-RSCM

next? Istana Presiden emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 15:52
itu jalan surabaya bisa banjir itu gimana?
rscm?
dipenogoro? emoticon-Gila

dan yg ngebela malah alhamdulillah krn terjadinya di hari minggu? emoticon-Gila
dan kadrun biadab cuma bisa bilang, saluran air di rscm kecil sih emoticon-Hammer2

biadab kalian semua, gak mikir keluarga dan pasien yg sakit kanker yg harus check up?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 16:10
untuk sementara pasien kangker di rujuk ke pengobatan rukiyah dr ningsih tinampi ala kadrun emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 16:15
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM


Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM


Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM


Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM


emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 16:16
yu pindah yuu.. emoticon-Traveller

percuma membangun apa2 lagi di Jakarta, sudah disetting oleh alam, ga bakal bertahan lama lagi sbg sebuah kota besar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 16:24
Quote:Original Posted By muscle.maniax
"Makasih bang penis"
Banjir bagian radiologi RSCM:
1. Stationary xray ceiling
2. Fluoroscopy
3. Mammography
4. Stationary xray floor
5. Mobile xray
6. 2 unit ct scan
7. 1 unit ultra sound ‘accuson’ terendam
8. Seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam
9. 1 unit MRI siemens

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM


Banjir era Jokowi-Ahok yg besar juga terjadi pas awal pemerintahan baru 3 bulan, setelah mereka tangani itu kemudian berkurang, tiap musim kemarau inget gw era Ahok petugas ppsu selalu kerja buat bersihin sungai atau saluran air, mesin ekskavator juga dipekerjakan buat ngeruk lumpur sedimentasi di sungai, beda sama era wan jembud
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 16:31
Quote:Original Posted By MUF0REVER
Banjir era Jokowi-Ahok yg besar juga terjadi pas awal pemerintahan baru 3 bulan, setelah mereka tangani itu kemudian berkurang, tiap musim kemarau inget gw era Ahok petugas ppsu selalu kerja buat bersihin sungai atau saluran air, mesin ekskavator juga dipekerjakan buat ngeruk lumpur sedimentasi di sungai, beda sama era wan jembud


pekerja dan pemalas....

Pekerja selalu mengerjakan setiap hari dengan giat...

Pemalas selalu bekerja saat dia ingin saja...

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 16:32
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCMAlat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 16:49
Quote:Original Posted By tukangbeling7
1 lg rekor Wan Jembhoed emoticon-Imlek
-Halim
-Monas
-RSCM

next? Istana Presiden emoticon-Imlek


Udah juga kan sama anus

Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
0 0
0
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 17:00
mamam noh yang pernah bilang banjir itu berkah emoticon-Hammer2
profile-picture
chevelle16 memberi reputasi
1 0
1
Alat Terapi Kanker Tercanggih se-Indonesia Ikut Terendam Banjir di RSCM
24-02-2020 17:14
wan banjir pura pura bego, sama songongnya pasti keluaremoticon-Leh Uga
profile-picture
estilo.com memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia