alexstewart
TS
alexstewart
Stand yang Memiliki Kemampuan yang Sama | JoJo's Bizarre Adventure Part 1
Karena thread ini akan panjang, maka akan saya bagi menjadi beberapa bagian agar mudah dibaca. Thread ini akan mengandung Spoiler, jika tidak berkenan, teman-teman dapat men-skip thread ini. Terima kasih. 

1. Jotaro (Star Platinum) VS DIO (The World)


Kemampuan yang sama dari Stand keduanya ialah menghentikan waktu, walaupun kemampuan ini bukan kemampuan utama dari Star Platinum. Kemampuan ini diketahui dimiliki oleh The World-nya Dioterlebih dahulu, dan ketika dia berhadapan dengan Jotaro dkk di final, Noriaki Kakyoin menyadari sesuatu yang mengejutkan bahwa Star Platinum milik Jotaro memiliki kemampuan yang sama dengan The World Dio. Untuk memberitahukannya kepada Jotaro, Noriaki Kakyoin mati-matian untuk menyadarkan Jotaro tapi naasnya dia keburu dibunuh oleh Dio. Sebelum kematiannya, ia berhasil meninggalkan pesan dalam bentuk menara jam yang hancur melalui Emerald Splash terakhirnya yang memungkinkan Jotaro mengetahui kemampuan rahasia The World. Jotaro yang mengetahui bahwa Dio membunuh sahabatnya itu mulai memicu konflik dengan Dio, ia menyadari pesan yang ditinggalkan oleh Noriaki Kakyoin bahwa Stand miliknya dengan Stand milik Dio memiliki tipe Stand yang sama dalam hal kecepatan, jangkauan, kekuatan dan ukuran. Awalnya dia hanya bisa melihat sekilas waktu yang berhenti kemudian dia bisa bergerak sejenak didalamnya dan akhirnya berhasil untuk mengendalikannya. Meskipun tidak pernah benar-benar dijelaskan alasan mengapa Stand mereka memiiki tipe yang sama adalah keturunan keluarga mereka yang masih memiliki darah Joestar. Jotaro yang merupakan keturunan Joestar sedangkan Dio yang bangkit menggunakan tubuh Jonathan Joestar dapat menjadi penghubung mengapa mereka memiliki Stand dengan tipe yang sama.

2. DIO (The World) VS Kira Yoshikage (Killer Queen) VS Diavolo (King Crimson) VS Enrico Pucci (Made in Heaven)[/justify]

Persamaan dari kekuatan villain-villain diatas adalah berhubungan dengan waktu. Dio dengan the World-nya yang mampu menghentikan waktu selama 9 detik di Part 3 mampu mendesak Jotaro dkk dan dapat membunuh Noriaki Kakyoin. Akan tetapi di akhir cerita dia berhasil dikalahkan oleh Jotaro yang telah memiliki kemampuan The World seperti miliknya.[/justify]
Kira Yoshikagedan Killer Queen, sebenarnya tema “waktu” pada Stand ini bukanlah kemampuan Killer Queen yang utama melainkan kemampuan yang lain yang dia dapatkan setelah terkena oleh Reguler Stand Arrow yang dibawa-bawa ayahnya. Killer Queen yang memiliki kemampuan Bites the Dust atau bom ketiga dapat memundurkan waktu satu jam sebelumnya. Cara kerja dari kemampuan ini adalah dengan cara menanamkan bom kepada tubuh seseorang yang diduga menjadi target investigasi orang lain, karena pada dasarnya kemampuan ini berguna untuk melindungi identitas Kira Yoshikage. Kira Yoshikage yang mengira bahwa Hayato Kawajiri adalah target investigasi dari Jotaro dkk menanamkan kemampuan Bites the Dust kepada Hayato. Dan benar saja Hayato bertemu Kishibe Rohan untuk pertama kalinya, Rohan yang merasa pernah melihat Hayato di foto yang ia dapatnya menggunakan kemampuan Heaven’s Door untuk mengungkap jati diri Hayato. Saat dia membuka halaman berikutnya, kemampuan Bites the Dust aktif dan meledakkan Hayato bersama Rohan. Setelah mereka berdua meledak, kemampuan untuk memundurkan waktu 1 jam sebelumnya aktif, begitu seterusnya sampai Kira Yoshikage menghentikan kemampuan ini. Tetapi ada satu hal dari kelemahan kemampuan ini yaitu yang pertama Kira Yoshikage harus dapat mengira siapa orang yang menjadi target investigasi, kedua dia tidak tahu apa yang dilakukan orang yang ditanami bom, ketiga dia tidak menyadari kemampuan memundurkan waktu aktif dan keempat dia tidak dapat membunuh orang yang ditanami bom karena saat itu Stand Killer Queen juga berada dalam orang itu.

King Crimson, adalah Stand yang dimiliki oleh Boss Mafia Passione, Diavolo. Stand ini memiliki kemampuan utama untuk menghapus waktu hingga 10 detik kedepan. Selama kemampuan ini diaktifkan, orang-orang yang berada dalam jangkauannya tidak menyadari apa yang terjadi dan tidak bisa mengingatnya juga. Disisi lain, Diavolo tetap sadar sepenuhnya selama waktu dihapus, Diavolo melihat waktu yang dihapus sebagai “kehampaan” dan diisi dengan sesuatu yang akan terjadi selama periode penghentian waktu berlangsung sehingga dia dapat memikirkan tindakan terbaik apa yang akan dia lakukan. Berbeda dengan kemampuan the World yang menghentikan waktu, Dio masih dapat bergerak dan bertindak saat waktu terhenti. Akan tetapi tidak terjadi kepada Diavolo, dia tidak dapat menyerang atau bergerak saat penghapusan waktu King Crimson aktif, dia harus menghentikan kemampuan ini sejenak sehingga dia dapat bergerak.

Made in Heaven, adalah Stand milik Enrico Puccihasil dari dia mengamalkan ajaran-ajaran (sesat) Dio untuk menggapai surga yang dikatakan Dio. Mengapa hal itu bisa terjadi? Enrico Pucci yang pertama kali bertemu dengan Dio terpukau dengan kemampuan Dio yang dapat menyembuhkan kaki Enrico Pucci yang cacat sejak lahir, ditambah lagi dia mendapatkan Stand miliknya yaitu Whitesnake oleh Dio. Diapun menjadi pengikut Dio dan setelah Dio mati dia bertekad untuk meneruskan keinginan-keinginan Dio yang lain yaitu mencari Heaven. Setelah menggabungkan Stand miliknya dengan Green Baby hasil cangkokan tulang Dio, Stand miliknya berubah menjadi C-Moon, dan di waktu, tempat, titik koordinat yang tepat dia akhirnya mendapatkan Heaven miliknya yaitu Made in Heaven. Kemampuan Made in Heaven ini sangat-sangat mengerikan. Kemampuan utamanya ialah mengakselerasi waktu dan mengontrolnya. Namun, minat utama Enrico Pucci bukanlah kekuatan waktu tetapi kemampun untuk mewujudkan alam semesta baru menggunakan kemampuan waktu Made in Heaven. Kekuatan Made in Heaven adalah mempercepat waktu secara drastis, waktu yang bergulir dengan cepat tidak hanya mempengaruhi disekitar Enrico Pucci saja, tetapi meluas seiiring lamanya dia menggunakan Made in Heaven. Misalnya hari ini adalah jam 7 pagi, 5 detik kemudian adalah jam 10 malam, tidak keseimbangan waktu ini berdampak pada rotasi bumi, resolusi bumi, bulan, dan seluruh alam semesta mengakibatkan alam semesta yang tidak seimbang dan akhirnya mempengaruhi kehidupan umat manusia didalamnya. Bumi yang tak lagi seimbang lagi akhirnya mengalami kiamat. Inilah tujuan dari Enrico Pucci, dia ingin mengembalikan waktu menjadi 0 sehingga dia dapat membangun kehidupan baru dimana dia yang menjadi pusatnya. Kemampuan ini dapat dihentikan apabila kita membunuh Stand Usernya, Enrico Pucci dimana harus dibunuh sebelum kemampuan ini dimulai, saat itu alam semesta kembali menjadi garis waktu alternatif dan efek Made in Heaven dibatalkan, meskipun mereka yang mati di alam semesta sebelumnya akan diganti di alam semesta berikutnya.

3. Daniel D'Arby (Osiris) VS Telence D'Arby (Atum)

Daniel D’Arby
dan Telence D’Arby adalah dua saudara yang memiliki Stand dengan kemampuan utama yang sama yaitu mencuri jiwa orang-orang kalah dalam permainan game yang mereka buat. Bagaimana bisa? Mereka berdua dengan liciknya menghasut orang-orang yang menjadi targetnya untuk mengikuti permainan game yang mereka adakan (Daniel dengan permainan kartu sedangkan Telence pada permainan video game). Tetapi sebelum itu, ada beberapa aturan agar kemampuan ini aktif yaitu yang pertama mereka harus mempertaruhkan jiwa mereka saat permainan berlangsung, yang kedua mereka harus mengaku kalah dan jika dia tidak mengakui kekalahannya maka sedikit-sedikit energi jiwa mereka akan dihisap oleh Stand milik mereka. Dan apa yang terjadi jika jiwa berhasil dihisap seluruhnya? Pada Daniel, jiwa yang berhasil dia curi akan dimasukan kedalam chip poker sedangkan Telence akan memasukkan jiwa-jiwa itu kedalam sebuah boneka. Namun ada efek fatal jika mereka berhasil dibunuh oleh seseorang yaitu jika mereka mati, baik Daniel maupun Telence sebagai Stand User maka semua jiwa yang mereka berhasil kumpulkan juga akan mati.

4. Petshop (Horus) VS Ghiaccio (White Album)

Sama-sama memiliki kekuatan dengan menggunakan es, Horus dan White Album dapat dengan mudah memojokkan Iggy di Part 3 serta Giorno Giovanna dan Guido Mista di Part 5. Perbedaan dari kedua Stand ini adalah yang pertama Horus ialah Stand kendali jarak jauh sedangkan White Album ialah Stand kendali jarak dekat, yang kedua ialah bentuknya, jika Horus ialah Stand yang menyerupai pemiliknya seperti burung, White Album berbentuk armor dan menyelimuti tubuh Ghiacchio. Horus dapat membuat Petshop menghasilkan es dalam jumlah besar dan memiliki kecepatan tinggi, dan yang ketiga ialah jurus Horus ialah permanen sedangkan White Album dapat dibatalkan. Es yang Horus dan Petshop hasilkan bahkan dapat menghancurkan sebuah mobil dan membuat suhu disekitarnya menurun drastis. Sedangkan pada White Album, dia dapat menurunkan suhu apapun yang disentuh oleh Ghiacchio. Kekuatan White Album sangat kuat hingga dapat mencapai suhu sekitar 100°C dengan mudah, membekukan bensin, serta dengan cepat menciptakan es dengan jumlah besar dari air laut. White Album juga dapat membekukan orang dengan cara membekukan titik fungsi vital seseorang sehingga tubuh mereka akan mengeras dan dapat dipecahkan seperti sebuah es. Apabila kemampuan Horus tidak dapat dibatalkan atau permanen, White Album dapat dibatalkan apabila Ghiacchio menghendakinya. Armor White Album kebal terhadap serangan peluru Sex Pistols Guido Mista dan cukup kuat untuk menahan pukulan Golden Experience Giorno. Satu-satunya kelemahan White Album ialah lubang udara yang terletak di bagian belakang leher, namun Ghiacchio mengantisipasinya dengan memasukkan bongkahan udara beku didalam armornya sebagai cadangan udara dan mencairkan udara saat dibutuhkan sehingga dia bebas untuk membuka-tutup lubang udara.

5. Mariah (Bastet) VS Risotto Nero (Metallica) VS Boom Boom Family (Tombs of the Boom Boom)

Magnet, adalah kemampuan yang dimiliki oleh Bastet, Metallica dan ketiga Stand dari keluarga Boom Boom, Tombs of the Boom Boom. Bentuk dari ketiga Stand ini juga berbeda, Bastet dengan bentuk lempengan jimat, Metallica berbentuk stand koloni sedangkan Tombs of the Booms ketiganya memiliki bentuk humanoid Stand pada umumnya. Perbedaan lain ialah cara penggunakan kekuatannya, ketika seseorang menyentuh Bastet (mereka tidak akan menyadari Bastet adalah Stand karena bentuknya lempengan jimat) maka mereka akan menjadi magnet dan menarik benda-benda logam lainnya, gaya magnetnya juga secara bertahap akan menjadi lebih kuat, kelemahan dari Stand ini ialah Mariah harus menjaga jarak tertentu dari targetnya agar efek magnetnya tidak hilang. [/justify]
Tombs of the Boom Boomialah Stand dari 3 anggota keluarga Boom Boom yaitu Benjamin Boom Boom, Andre Boom Boom dan L.A Boom Boom. Ketiganya memiliki kekuatan dasar magnet. Setelah kemampuan ini diaktifkan maka setiap logam didekat target akan tertarik kepada mereka dan menyebabkan mereka tenggelam oleh logam. Stand Andre dapat menarik orang sekaligus sehingga target akan saling tarik-menarik, daya tariknya juga menjadi lebih mematikan tergantung pada jumlah orang yang terkena dampak yang berdekatan satu sama lain. Benjamin Boom Boom dapat membiarkan benda-benda logam meresap ke dalam kulitnya untuk mereplikasi penampilan orang lain atau menghasilkan pisau logam dari tubuhnya untuk menyerang secara mengejutkan. Stand-nya cukup kuat untuk menangkis peluru dari revolver. Andre Boom Boom adalah yang paling kuat dari ketiganya, menurut Benjamin. Kemampuannya memungkinkan dia untuk mengubah makhluk hidup menjadi magnet dengan membiarkan mereka menyentuh bagian manapun dari dirinya, ini termasuk beberapa tetes darah. Dia dapat menarik beberapa orang dan benda-benda logam di dekat mereka, saling tertarik. Daya tarik ini sangat kuat sehingga tubuh para korban akan tercabik-cabik. L. A. Boom Boom memanipulasi pasir besi, dengan pasir, L.A melumpuhkan para korbannya dengan mengikat anggota tubuh mereka. Selain itu, ia mampu membunuh seseorang dengan memanipulasi partikel besi dalam darah mereka untuk menyedot darah mereka.

Sedangkan kemampuan utama Metallica sendiri ialah mengubah zat besi dalam tubuh makhluk hidup menjadi padatan logam yang tajam seperti pisau, gunting, silet, dll, dengan kamampuannya ini ia dapat dengan mudah untuk memanipulasi magnet didalam logam tersebut. Tidak hany itu, Metallica memiliki kemampuan untuk memanipulasi logam secara bebas diudara dan tanah dan menjadikannya magnet. Kemampuan Stand ini akan aktif 5-10 meter disekitar Risotto Nerodan memiliki cukup presisi untuk membentuk sebuah objek dengan mengumpulkan besi didalam tubuh makhluk hidup dan menariknya keluar.


6. Prosciutto (The Greatful Dead) VS Gyro Zeppeli (Ball Breaker)


Membuat orang menjadi tua, adalah kemampuan utama dari The Greatful Deaddan Ballbreaker. Penuaan yang dimiliki oleh The Greatful Dead ialah bertahap, tidak hanya fisik, mental dari target juga ikut menua seperti mudah marah, badan menjadi lemah, dll. Ada dua cara The Grateful Dead dapat mengerahkan kekuatannya. Mode pertama adalah menyebarkan penuaan di area yang luas dan menyerang teman dan musuh tanpa pandang bulu, yang berbahaya bagi teman-teman Prosciutto. Mode kedua adalah mengarahkan kekuatannya secara tepat dengan menarget seseorang. Aktivasi kemampuan ini memanifestasikan dirinya sebagai kabut dari The Grateful Dead. Ketika di bawah pengaruh The Grateful Dead, orang menua dengan cepat dengan semua efek yang disiratkannya: kulit mereka keriput, gigi mereka mulai rontok, ujung tungkai mulai nekrose, tulang dan sendi menyusut, dan kemampuan kognitif mereka berkurang. Bahkan buah-buahan dan bunga layu dan mengering. Karena roh juga dituakan oleh The Grateful Dead, Stand musuh juga melemah. Kekuatan dan stamina mereka melemah, dan bahkan Stand jarak dekat yang kuat seperti Sticky Fingers bisa menjadi lebih lambat daripada The Grateful Dead yang agak lambat. Prosciutto biasanya kebal terhadap The Grateful Dead dan dapat tetap awet muda dalam jangkauannya. Namun, ia dapat dengan bebas mengalihkan penuaan pada dirinya sendiri, terutama membodohi Mista dengan berpikir bahwa ia hanyalah warga sipil. Tingkat usia orang tergantung pada panas tubuh mereka. Semakin hangat tubuh seseorang, semakin cepat usia mereka. Karena perbedaan kecil antara tubuh pria dan wanita, wanita juga menua lebih lambat. Jadi hal-hal yang menghangatkan tubuh seperti aktivitas fisik yang intens akan mempercepat penuaan, tetapi jika suhu dingin, seperti menelan es, akan segera melawan dan membalikkan kekuatan The Grateful Dead. 
[/size]
Stand Gyro terbentuk dari teknik Golden SpinPada saat melawan Funny ValentineGyro mengetahui dan menyadari suatu hal akan evolusi terkuat dari teknik Spin lainnya  yaitu Golden Spin, dimana kekuatan dari Golden Rectangle dan kekuatan dari kudanya sendiri disatukan menghasilkan energi yang dapat memasuki dimensi manapun bahkan dapat menembus kekuatan dari D4C-Love Train-Kekuatan yang mendasar dari Ballbreaker sendiri ini adalah menembus dimensi dan kekuatan spesial dari ballbreaker yaitu mempercepat penuaan, jika ballbreaker mengenai target, maka orang itu akan menua dengan cepat, stand user yang menua akan berdampak pada standnya itu sendiri, stand dengan drastis menurun kemampuannya dengan cepat (ingat teori tentang stand, dimana stand mengikuti kemampuan dari stand user, dimana semakin tua usia stand user maka kemampuannya dalam hal apapun menurun, hal yang sama terjadi pada stand). 
[/justify]


Diubah oleh alexstewart 20-02-2020 02:58
radjaseptembershanmazundarih.sul
ih.sul dan 20 lainnya memberi reputasi
21
12.2K
20
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.