News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5222d710d2952f5179e8b0/nasib-formula-e-digelar-di-monas-ditentukan-pekan-depan
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan Reporter: Lani Diana Wijaya Editor: Martha Warta Silaban Jumat, 21 Februari 2020 14:51 WIB TEMPO.CO, Jakarta -Komisi E Bidang Kesra DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat lanjutan untuk membatalkan balap Formula Edi Monas, pekan depan. Hal ini menindaklanjuti hasil rapat dengan eksekutif soal pemanfaatan Monas, dua hari lalu. "Kami m
Lapor Hansip
23-02-2020 13:59

Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan

Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan

Quote:
Reporter: Lani Diana Wijaya

Editor: Martha Warta Silaban

Jumat, 21 Februari 2020 14:51 WIB


TEMPO.CO, Jakarta -Komisi E Bidang Kesra DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat lanjutan untuk membatalkan balap Formula Edi Monas, pekan depan. Hal ini menindaklanjuti hasil rapat dengan eksekutif soal pemanfaatan Monas, dua hari lalu. "Kami mau merencanakan tahapan berikut supaya ini tidak boleh dilaksanakan di Monas," kata anggota Komisi E, Merry Hotma saat dihubungi, Kamis, 20 Februari 2020.

Menurut Merry, Komisi E bakal rapat internal. Politikus PDIP ini mewacanakan untuk mendorong digelarnya rapat pimpinan gabungan (rapimgab) dewan guna membahas pembatalan Formula E di Monas. Sebab, Merry menilai, surat rekomendasi yang dikeluarkan Dinas Kebudayaan DKI untuk Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) cacat hukum.

Surat ini yang kemudian dilayangkan kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk melengkapi surat permohonan izin kepada pemerintah pusat agar Formula E berlangsung di Monas. Dalam surat yang ditandatangani Gubernur DKI Anies Baswedan itu tertulis, pemerintah DKI telah mendapat rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI. Namun, TACB membantahnya.

Dari sinilah perdebatan soal rekomendasi ramai menjadi perbincangan. Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi bahkan menilai surat tersebut ilegal lantaran tak dapat rekomendasi dari TACB. Kerja pemerintah DKI juga dinilai berantakan. Belakangan Sekretaris Daerah DKI Saefullah menyebut ada kesalahan ketik. Surat seharusnya tertulis bahwa rekomendasi diperoleh dari Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI, bukan TACB.

Merry dan PDIP menolak penyelenggaraan Formula E di Monas. Dia mewanti-wanti agar dewan segera memutuskan nasib balap Formula E sebelum PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memulai pengaspalan. Jakpro selaku penyelenggara balap mobil listrik itu berencana mengaspal jalan di Monas pada pertengahan Maret 2020.

"Jangan sampai nanti dilakukan pembangunan terlalu jauh, nanti alasan mereka untuk meneruskan lebih jauh pembangunannya," ucap Merry. Dengan tegas ia mengatakan penyelenggaraan balap Formula E di Monas harus batal demi ketahanan budaya.

Ajang Formula E rencananya diselenggarakan pada 6 Juni 2020. Lintasan sepanjang 2,6 kilometer itu akan menggunakan jalan Merdeka Selatan hingga area sekitar Tugu Monas yang berlantai cobblestone. Proyek pengerjaan aspal diperkirakan selesai 2-3 bulan. Pengaspalan harus beres paling lambat dua bulan sebelum Formula E digelar. Tujuannya agar jalan baru itu dapat dilewati kendaraan dulu sehingga mengeras.

Sebelumnya Megawati Soekarnoputri ikut bersuara soal keputusan Anies Baswedan yang menggelar balapan mobil listrik atau Formula E di Monas. Mega mengatakan Monas adalah cagar budaya. "Jangan pula saya dibenturkan sama Pak Anies. Tapi saya ngomong, Monas itu adalah sudah pasti peraturannya merupakan cagar budaya. Artinya tidak boleh dipergunakan untuk apapun juga," kata Megawati, Rabu, 19 Februari 2020.

Megawati mengkritik Anies Baswedan penyelenggaraan Formula E di Monas karena kawasan cagar budaya itu dibangun dengan susah payah oleh ayahnya, Presiden RI pertama Soekarno. "Gubernur DKI tahu apa tidak? Kenapa sih kalau mau bikin Formula E itu kenapa enggak di tempat lain," katanya.

TAUFIK SIDDIQ

Monas




Mana si @sunny.wijaya ?
emoticon-Leh Uga

Sebetulnya urgensi event ini apa sih?emoticon-Amazed

Kalaupun tetap diselenggarakan, pusat kurang kooperatif gimana?
Sdh diberikan alternatif utk pindah lokasi.
Gubernur yg satu ini kok kepala batu banget yaa?emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:00
Bonus @urban21


Malu apaan?
Tercemar gimana?
Ga ada urusan dgn malu dan tercemar.
Kanada-Moskow juga pernah batalkan event.
Dunia juga paham klo event batal or pindah arena.
Sdh ada kajiannya.
Ngarang dari mana sampeyan?emoticon-Amazed

Quote:Original Posted By urban21
@RyoEdogawa Udah sampai ributnya ke Mega sampai dia koar2 di pidatonya.

But, U khow how?

Yg dilakukan Anies itu saat ini bukan mempertaruhkan Jakarta.
Tp lebih dari itu.

Dia menyandera Jokowi & pemerintah pusat.
Kayak anak kecil lagi sewot ke ortunya, puokoknya saya maunya di Monas. Kalau ga... Rasain akibatnya...

Suka ga suka, mau ga mau, nama Indonesia (Jakarta hnya sbagai tuan rumah tempat acara) sudah masuk daftar list Formula E

Dan sdh masuk agenda pers dunia.

Kalo sampai ga behasil, pemerintah pusat ga mau kasih ijin :

Nama Indonesia yg akan jelek. Nama Pemerintah Indonesia yg akan masuk pemberitaan dunia krn menggagalkan ajang F-E

Dan ini bisa jadi ajang kampanye gelap Anies kalo dia dijegal pemerintah pusat, yg membuat gelaran event international berantakan.


Kira2 kalau anda dewasa, dan duduk di pemerintahan, apa yg bisa anda lakukan?
emoticon-Big Grin

Mau pakai ego politik, krn benci Anies terus ttp maksa pakai UU Cagar Budaya cuma buat jegal Anies. Tapi nama pemerintah n negara tercemar?


Atau mengizinkan, tp dengan pertaruhan nama Anies emang akan berkibar?


So, yg dilakukan Jokowi n pemerintah dh tepat. Ijinkan aja.

Tinggal bagiannya si PSI sbagai attack dog yg nyerang2 si Anies sampai berbusa2.

Dan biarkan PDIP yg menggiring opini kalau Anies melanggar, Anies ga taat hukum (meski ga bisa dituntut di pengadilan n ga bisa dibuktikan melanggar apa)
Yg penting nama Anies ttp jelek meski dia berhasil bikin event F-E
Dan anda bisa jd salah 1 contoh yg tergiring opini itu emoticon-Big Grin




Quote:Bakar Uang  

Dari sana, Formula E tentu bisa menjadi sarana yang pas bagi Jakarta untuk menyedot perhatian dunia. Namun, di balik dampak baik yang dapat diperoleh, menjadi tuan rumah Formula E ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terutama bagi Jakarta, ada modal yang kelewat besar yang harus dikeluarkan, juga ada faktor logistik yang barangkali bisa menjadi kendala utama.

Menurut hitung-hitungan The Verge, Formula E masih mengalami kerugian sejak dimulai pada tahun 2014 lalu. Total, kerugian mereka bahkan mencapai 150 juta euro atau sekitar Rp2,35 triliun (asumsi kurs 1 euro = Rp15.680,-). Meski begitu, mereka juga terus mengalami peningkatan pendapatan, yakni mencapai 149 juta euro pada tahun 2018 lalu.

Pendapatan yang diperoleh Formula E sebagian besar memang berasal dari sponsor, tapi tim-tim peserta balapan, broadcast, dan kota-kota penyelenggara juga mempunyai peran besar terhadap pendapatan tersebut. Dan, terutama bagi kota-kota yang baru pertama kali menjadi tuan rumah, jumlah biaya yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan Formula E ternyata tak sedikit. Setidaknya, apa yang pernah terjadi di Montreal, Kanada, bisa menjadi pelajaran bagi Jakarta.

Karena tidak mampu menggandeng sponsor, pemerintah Montreal harus merogoh kocek sebesar 24 juta euro untuk menyelenggarakan Formula E musim 2016-2017. Biaya itu dianggarkan untuk segala hal, dari persiapan sirkuit, kompensasi parkir, hingga perlindungan lintasan.

Namun, karena tidak diikuti dengan rencana bisnis yang matang, Montreal akhirnya mengalami kerugian besar dan memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak dengan penyelenggara Formula E yang sejatinya berakhir pada musim 2018-2019.

"Tak peduli berapa pun dana yang harus saya keluarkan untuk membatalkan kesepakatan kontrak ini [menjadi tuan rumah FE], saya yakin itu adalah nominal yang layak. Karena pada titik ini, dukungan kami tidak mendapat bayaran yang impas," ujar Valery Plante, wali kota Montreal, seperti diwartakan Montreal Gazette. 

Sementara itu, soal kendala logistik, apa yang dialami Moskow bisa menjadi contoh lain. Moskow sejatinya akan menggelar balapan formula E pada Juni 2016, tapi acara itu batal karena pemerintah Rusia urung memberi izin. Alasannya, dengan tingkat kepadatan lalu lintas di Moskow, pemerintah Rusia kesulitan menutup jalan saat lomba sedang berlangsung. Masalah yang dihadapi Moskow tersebut tentu sangat relevan dengan Jakarta.

Menurut TomTom Traffic Index, Jakarta adalah salah satu kota dengan tingkat kepadatan lalu lintas paling tinggi di dunia. Pada tahun 2017 lalu, Jakarta bahkan berada di peringkat keempat dunia dengan tingkat kepadatan mencapai 61 persen. Pada tahun 2018, tingkat kepadatan lalu lintas di Jakarta memang mengalami penurunan, yakni hanya berada di kisaran 53 persen. Namun, Jakarta masih tetap berada di posisi sepuluh besar.

Dari sana, sama seperti Moskow, Jakarta kemungkinan besar akan mengalami kesulitan untuk menutup akses jalan ketika Formula E berlangsung nanti. Sampai sekarang pemerintah DKI Jakarta boleh terus menggodok rute balapan yang paling menguntungkan dan memungkinkan. Namun, mereka juga harus ingat bahwa gelaran Formula E bisa berlangsung dalam waktu satu-dua jam, melainkan bisa satu sampai dua hari penuh.

Itu artinya, saat sepeda motor masih sering masih melintas di trotoar dan bajaj masih sering ngetem di pinggir jalanan Jakarta, kepadatan lalu lintas di Jakarta akan menjadi tantangan besar bagi mimpi Anies untuk menarik perhatian dunia melalui Formula E.

(tirto.id - alt/ign)
https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/untung-rugi-jadikan-jakarta-sorotan-dunia-lewat-formula-e-eem1
Diubah oleh kosofyu
0 0
0
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:00
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:03
nice info
0 0
0
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:04
Banjir urusin bangshatemoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan kosofyu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:06
gak rela ya klo abud bs bikin pencitraan level internesienel?? emoticon-Mad
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:06
Urgensinya apa?
Modal trotoar, jpo sama jembatan instagramable kurang bray buat coba peruntungan di pilpres 2024. Di pilpres susah jualan mayat sama ayat apalagi lawannya seiman emoticon-Big Grin
profile-picture
kosofyu memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:19
Proyek buat modal capres lah.
profile-picture
kosofyu memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:21
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan

Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan

Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan kosofyu memberi reputasi
2 0
2
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:40
Ohhh belum fix to tempatnya. Habis baca2 trit ini, kayaknya nkri emang ngga perlu lah ngadain event internasional gede2an. Lebih banyak ruginya
profile-picture
kosofyu memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 14:41
Hoiiiiii @sunny.wijaya kabur kemana lagi kau ehh?
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
0 0
0
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 15:07
Quote:Original Posted By kosofyu
Yup. Belum fix.
Tapi ga tau juga gan, sedihnya itu kenapa pusat dan dprd kasih ijin.

Gw sengaja tampilkan info dari tirto, ulasannya bagus.
Bhw rata2 negara2 yg bersedia jadi tuan rumah event olahraga skala internasional.. tekor.
Promosi suatu daerah utk destinasi wisata, ga hrs via sport event.

Jakarta mau bikin international sport event 5x setahun dgn alasan promosi pariwisata pun yaa percuma. Akal2an pemerintah aja. Duit trilyunan berpotensi jadi ajang bancakan.
Wong DKI berantakan gini.. macet, sampah, banjir, rumah2 kumuh, pkl bejibun, bentar2 demo, dsb.

Wisatawan manca mana yg mau plesiran kemari?
emoticon-Leh Uga


Masalahnya si wan jembud udah nyetor duit yg jumlahnya cukup besar, kalau batal duit yg disetor gak bakalan bisa dibalikin dan kesempatan juga wan jembud buat menyalahkan pemerintah pusat dan tentunya nanti bakalan digoreng lagi sama kadrun termasuk kadrun Karni di ILC, kalau emang udah sampai membuat pemerintah tersudut emoticon-Cool emoticon-Cool

Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
Diubah oleh MUF0REVER
profile-picture
kosofyu memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 15:23
sama si ts, ane juga bingung apa yang diburu buru in dari event ini wkwk kayak diusahain banget gitu
profile-picture
kosofyu memberi reputasi
1 0
1
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 15:57
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
gak rela ya klo abud bs bikin pencitraan level internesienel?? emoticon-Mad
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan


obor dicipok apa ga nyonyor tuhemoticon-Leh Uga
profile-picture
kosofyu memberi reputasi
1 0
1
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 16:54
besok pas jadwalnya event tau tau banjirr emoticon-Ngakak
profile-picture
kosofyu memberi reputasi
1 0
1
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 17:36
pas balapan jakarta hujan gede apa ga malu2in tuh...
profile-picture
kosofyu memberi reputasi
1 0
1
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 21:47
Quote:Original Posted By salmino
besok pas jadwalnya event tau tau banjirr emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Zedcool
pas balapan jakarta hujan gede apa ga malu2in tuh...


Prediksi bmkg, april-oktober memang ada kemungkinan hujan, tapi intensitas rendah.
Antisipasi, anies mungkin sewa pawang hujan pas 6 Juni nanti wkkkkkkk
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
1 0
1
Nasib Formula E Digelar di Monas Ditentukan Pekan Depan
23-02-2020 21:54
semoga pas kualifikasi dan race day ujan gede. Biar banyak foto bagus di twitter...emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
kosofyu dan Zedcool memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia