• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Motor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V Kebalik

Odleva
TS
Odleva
Motor Balap GP Kawasaki Jadul, Mesinnya Aneh Banget Punya Konfigurasi V Kebalik


Kawasaki gak pernah ikut MotoGP? Untuk saat ini memang pabrikan asal Jepang tersebut masih absen di dunia balap MotoGP, namun sebelumnya mereka pernah ikut kejuaraan grand prix di era 90an.

Jaman dulu teknologi motor balap memang masih berkembang dan bisa dibilang aneh-aneh. Contohnya seperti motor milik Kawasaki bernama GP250X-09 Racer ini. Dari namanya kita sudah tahu bahwa motor balap berikut mengusung kubikasi mesin 250cc, tapi biar begitu tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin 2 tak tersebut sangat buas loh.

Awalnya Kawasaki merasa pada tahun 1988 silam perlu merombak motor mereka bernama Kawasaki KR-1 untuk dijadikan motor balap kelas sport fairing 250cc. Pembangunan motor balap ini konon dibilang sebagai proyek rahasia, sehingga mereka namakan proyek tersebut dengan kode X-09.



Awalnya Kawasaki ingin menggunakan mesin berkonfigurasi twin parallel, namun keputusan tersebut dirubah karena di era motor balap ini dibuat trend mesin V-Twin sedang naik daun.

Namun sepertinya Kawasaki gak ingin tampil biasa, sehingga mereka membuat mesin konfigurasi V-Twin yang nyeleneh dengan membalik posisi mesin menjadi berbentuk A Twin.

Dua buah silinder yang bersebrangan ini posisinya dibalik, kepala mesin berada di bawah dengan konstruksi karburator yang ditempatkan di atas crankcase.
Model port intake dibuat langsung terbuka dan airbox terletak diantara frame menghasilkan resistensi asupan yang sangat rendah.



Karena dijaman itu teknologi di motor masih sangat minim, maka area speedometer terdapat jarum tachometer dan layar digital kecil. Uniknya motor ini hanya menggunakan baterai yang ukurannya sangat kecil.

Kaliper rem pakai merk Nissin, kemudian shock depan model upside down lansiran Ohlins sedangkan master remnya pakai Brembo.

Tidak hanya shock depan saja yang pakai Ohlins, tapi shockbreaker belakang terlihat tabung bertuliskan Ohlins. Swingarm belakangnya keren juga ya, mirip seperti model banana tapi lebih tebal dan wana alumuniumnya kelihatan.

Motor ini pernah menorehkan prestasi terbaiknya oleh Trevor Crookes, yang finish ke-4 di lap 10 musim 1992.



Gimana, unik banget ya mesin motor ini.

Referensi : pertamax7.com(14/2/2020).

ewaneyla99nona212tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
28
12.8K
81
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.