• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Brand Sepatu Lokal yang Berpotensi Nikung Popularitas Compass

yuki26
TS
yuki26
Brand Sepatu Lokal yang Berpotensi Nikung Popularitas Compass

Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamatemoticon-Selamat
Spoiler for cek konten:


Quote:



sumber gambar Instagram/@ventela.surabaya

Banyak orang bilang “brand sepatu lokal gak cuma 1”, bahkan sampe ada influencer dan media yang mengkampanyekan ungkapan itu. Ya emang bener brandsepatu lokal itu banyak banget. Anehnya kenapa ungkapan tersebut bisa terbentuk? Apa iya ungkapan itu diperlukan? Menurut sepengetahuan gua, ternyata ungkapan ini muncul karena membludaknya permintaan konsumen yang ingin memiliki salah satu brandsepatu lokal ternama saat ini. Hal ini bisa disebut dengan istilah demand. Namun sayangnya stok yang disediakan atau supply oleh brand sepatu lokal ternama ini gak memenuhi permintaan yang ada. Dampaknya banyak sekali yang memburu dan saling berebutan hingga menjadi korban sakit hati karena gagal mendapatkannya. Brand sepatu lokal ternama yang dari tadi dimaksud adalah Compass. Sebenernya gak masalah kalo emang konsepnya dibuat ala-ala limited, masalahnya pamor dan nama brand ini nutupin brand sepatu lokal lainnya. Media jadi ngomongin brand itu, influencer juga, netizen pun juga bahas brand itu, sehingga pamornya makin naik terus.


sumber gambar Instagram/@horny.cupcake

Pamor dan kepopuleran dari Compass yang makin naik membuat permintaan atau demand masyarakat semakin tinggi juga jumlahnya. Dengan begitu makin banyak juga yang jadi korban sakit hati. Hal ini juga yang menjadi alesan terbesarnya harga resell sepatu-sepatu Compass jadi 3 kali lebih dari harga retailnya. Semua akibat yang ditimbulkan oleh popularitas Compass ini akhirnya menggerakkan media dan beberapa masyarakat untuk move on ke brand lokal lainnya. Akhir-akhir ini media juga udah banyak yang bahas dan nulis soal brand sepatu lokal selain Compass, judulnya pun ada kata “selain Compass”. Kalo kalian gak percaya, coba cari aja di google dengan kata kunci “sepatu lokal selain Compass”. Ada beberapa media yang udah mengangkat gerakan ini sebagai konten bacaannya. Selain media massa, influencer pun juga menggemborkan dari kampanye tersebut. Kata “selain Compass” bisa menjadi sebuah kampanye bahwa brand sepatu lokal bukan cuma 1 aja, brand sepatu lokal bukan cuma Compass aja cuy.


sumber gambar Instagram/@jiwpsp

Sebenernya ada banyak juga kok brand sepatu lokal yang ternama dan cukup terkenal. Diantaranya banyaknya brand-brand tadi, ada 5 brand sepatu lokal yang masuk dalam list kali ini. Menurut gua dengan sepatu terbarunya, 5 brand sepatu lokal ini punya potensi buat menyaingi popularitas sepatu Compass kedepannya. Berikut penjelasannya cuy.

Kem Footwear
Spoiler for gambar:

Sesuai namanya Kem, ownerdari brand sepatu lokal ini adalah Kemal Palevi. Loh kayak gak asing? Iya kalian gak salah, dia seorang comica atau stand up comedian di Indonesia yang kita kenal selama ini. Dia suka dengan sepatu, bahkan di channel Youtubenya juga sering mengunggah konten soal sepatu. Kemal membuat brand sepatu Kem Footwear dengan dukungan dari 2 tokoh penting dalam dunia sepatu lokal, yaitu Aji dan Tirta. Kalo kalian tau, Aji ini merupakan kreator dibalik Compass dan Arl Footwear. Gak kaget deh kalo sepatu Kem ini bakalan terkenal di Indonesia. Bentuk sepatunya keren, punya identitas ala origami yang merupakan inisial “K” di bagian upper dan ada tulisan “u mad bro?”. Kem sendiri udah lama pengen merilis sepatunya, dari sekitar tahun 2019 dan baru berhasil resmi rilis pada Februari 2020 ini. Entah kenapa alesannya kok ditunda-tunda, mungkin ini maksud dari tulisan yang ada di sepatunya. @kemfootwear melalui Instagram mengumumkan perilisan sepatunya tanggal 14 Februari di Tokped. Hanya merilis sebanyak 100 pairs dan harganya 489.000 rupiah. Berdasarkan info yang diberikan, sepatu ini sold out dalam waktu 3 menit. Sekarang di market place pun udah ada yang meresell sepatu ini dengan harga 1 juta. Ya lumayan lah buat awal percobaan sih, bisa dibilang sukses karena slogan Kem “keep em mad” sedikit mulai tercapai.

Arl Footwear
Spoiler for gambar:

Berikutnya ada brandsepatu lokal dari sang Idola Indonesia, Ariel Noah. Brand Arl Footwear udah cukup terkenal di kalangan anak pecinta sneakers sebelum Compass Gazelle hadir. Seperti yang disinggung sebelumnya, kalo kreator sepatu Arl ini adalah Aji Handoko. Jadi sebelum Aji dengan Compass, dia lebih dulu bersama Arl Footwear. Produk sepatunya yang cukup terkenal yaitu Warrior II dengan khas identitas segitiga layaknya huruf “A” di bagian uppernya. Sepatu ini udah rilis sejak tahun 2017 lalu dengan harga 328.000 rupiah. Sayangnya, @arl.footwear di Instagram awal tahun 2019 mengumumkan untuk vakum dan belum ada kabarnya sampe sekarang. Sekarang sepatu Arl Warrior II harga resellnya sekitar 500-700 ribuan cuy. Kabar terbaru sih sempet disinggung sama @thewangandonly_id yang ngasih tau kalo Arl pindah vendor ke sana. Kemungkinan dalam beberapa waktu lagi Arl akan kembali hadir dengan produk barunya. Bakalan bikin rame dunia sepatu lokal sih nantinya.

Saint Barkley x Muklay x Horny Cupcake Store
Spoiler for gambar:

Saint Barkley merupakan brandyang cukup lawas dan terkenal dengan petirnya yang khas. Sempet rame karena zamannya sepatu petir pada saat itu. Baru-baru ini @saintbarkley merilis sepatu terbarunya dengan kolaborasi bersama Muklay dan Horny Cupcake Store. Muklay dengan akun @muklay merupakan seniman jago ilustrasi yang cukup populer, dia juga punya banyak karya sepatu yang dicustom. Sedangkan Horny Cupcake Store atau @horny.cupcake_ adalah toko yang menjual berbagai brand lokal dan juga memiliki produk sendiri cuy. Sepatu kolaborasi ini dijual limited dan laku sekali. Perdana rilisnya di salah satu event pameran brand lokal yaitu solevacation. Diproduksi cuma 100 pairs sekaligus dipasarkan lewat offline dan online. Harga retailnya 567.000 rupiah, kalo resellnya mulai dari 2-3 jutaan. Sepatunya sih keren, bagian lining dalemnya ada full artwork dari artist Muklay. Kalo beli sepatu ini juga dapet pernak-pernik untuk penambahan detail desain sepatu. Keren banget sih, kalian bisa nikmatin banyak karya yang dihasilkan dari sepatu kolaborasi ini.

Syrup Supply x The PanasDalam
Spoiler for gambar:

Selanjutnya ada sepatu dari karya kolaborasi anak Bandung. Brandsepatu Syrup Supply (@syrup.supply) dengan brand lokal merchandise The PanasDalam (@pandal_otpd). Sedikit soal The PanDal, brand ini memproduksi pakaian yang merupakan merchandise dari karya sastra novel. Biasanya The PanDal produksi baju atau outer dengan identitas dari suatu novel, seperti kutipan-kutipan khas yang ada di dalam novel. Kali ini The PanDal berkolaborasi dengan Syrup Supply untuk membuat merchandise novel Milea 1990 berupa sepatu. Sepatunya terdapat beberapa detail kutipan di bagian uppernya yaitu "Terserah! Bebas kemana engkau pergi! Asal aku ikut". Bukan cuma itu, bagian lidah dalam sepatunya juga ada kutipan "Aku tidak ingin mengekangmu. Terserah! Bebas kemana engkau pergi! Asal aku ikut". Di lidahnya luar ada desain gambar bendera kebalik dan bagian heel atas ada tulisan 90's. Identitas lain juga ada di bagian insole dan heel patch. Untuk yang gua masukin list adalah versi low cutnya, karena sepatu kolaborasi ini juga ada versi high cutnya. Warna sepatunya keren, desainnya juga cakep. Sepatu ini dinamain Milea "Suara dari Dilan". Harga sepatunya 350.000, rilis offline tanggal 13 Maret 2020 di Cihampelas Walk Bandung. Tapi buat yang pengen beli sekarang udah bisa kok pesen lewat online. Bakalan rame sih, apalagi film Milea juga dikit lagi tayang.

Sepatu Campess
Spoiler for gambar:

Terakhir ada sepatu yang lagi ngehypejuga nih. Kemunculannya baru beberapa hari setelah perilisan Compass x PMP. Kenapa kok gua mention Compass x PMP? Karena sepatu Campess muncul dengan desain hampir sama namun penuh kritikan yang disampaikan. Kritik dalam sepatu ini merupakan buah dari kebosanan dan rasa patah hati penggemar Compass yang gagal mendapatkan sepatu Compass x PMP. Semenjak kemunculan Campess, ada banyak orang yang mulai move on dari brand sepatu petunjuk arah itu. Baru muncul 4 hari, @sepatucampess udah ngumpulin 20k followers di Instagram. Sepatu pertamanya dinamain "Campess untuk Rakyat", rencananya sih bakalan rilis pada bulan Maret 2020. Sesuai namanya, sepatu ini bakalan produksi sebanyak-banyaknya biar bisa memenuhi keinginan rakyat. Pokoknya kalo kalian liat akun Instagramnya, disitu banyak kritikan soal sepatu limited. Ada kemungkinan sepatu Campess bisa menuju popularitas yang tinggi. Ya semua tergantung kualitas produknya nanti gimana, kita tunggu aja.

Begitu dah list versi gua yang cuma ambil 5 brand aja. List ini cuma hasil pengamatan pribadi, kalo ada yang mau nambahin silakan. Siapa tau ada yang kelewat dalam menyampaikan tadi. Mohon jangan diadu-adu bagusan mana, semua sepatu bagus kok. Konsumen berhak memilih dan kita termasuk konsumen kan?

Quote:

| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: tertera di atas


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
atau konten sebelumnya

emoticon-Sundul Gan (S)klik gambaremoticon-Sundul Gan (S)
----------+++++++++---------



SAMPAI JUMPA
Diubah oleh yuki26 22-02-2020 06:46
lina.whswiitdebbynona212
nona212 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
28K
261
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.