c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Keripik Cumi Khas Bangka, Enak Loh Gan




Kamu pernah makan hewan laut yang bernama 'cumi' pastinya rasanya gurih dan enak ya gan. Olahsan cumi sudah sering kita saksikan di jadikan berbagai macam warna kuliner di Indonesia.

Tapi siapa sangka di Bangka dan Belitung, bahan dasar Cumi ini dijadikan kripik yang enak dan gurih. Sudah pasti peluang usaha inipun meningkatkan pendapatan masyarakat disana, terutama di Pangkal Pinang hewan laut yang satu ini cukup berlimpah.



Awal adanya kripik cumi asli Bangka dari tangan bu Nina yang merasa kekayaan alam laut terutama Cumi di pangkal pinang ini melimpah, maka ia berfikir apakah cumi bisa dibuat menu lain selain di Balado atau sejenisnya, ia mempunyai ide untuk menjadikan Cumi sebagai bahan dasar untuk keripik.

Maka dimulailah percobaan membuat keripik Cumi, tentu saja tidak langsung berhasil hingga ia menemukan takaran yang pas untuk rasa keripik cumi, yang renyah dan juga gurih.

Bahan dasar utama yang baik untuk di pakai keripik cumi adalah Cumi yang panjang dan lebih besar, tentu saja kualitas dari bahan Cumi tadi akan menentukan rasa nantinya. Maka tak heran keripik asli Bangka harganya bisa dibilang tidak murah, ada yang setoples di jual 40.000 rupiah bahkan untuk per kilogramnya mencapai 250.000 rupiah. Tapi ada juga yang harganya lebih murah, tergantung dari bahan dasar.



Untuk kualitas bahan yang bagus biasanya di dapat dari nelayan langsung di daerah Batu Belulang Bangka, jadi Cumi yang di olah masih segar.

Pertama yang dilakukan adalah memotong Cumi seperti cincin, kemudian masukan tepung terigu, seledri, bawang merah, ketumbar, bawang putih dan juga garam yang diolah hingga menjadi adonan yang empuk.

Setelah itu baru masukkan olahan Cumi tadi dan diaduk hingga rata, dan juga ditambahkan air secukupnya. Lalu mulailah adonan keripik cumi itu di goreng dan pastikan minyak yang digunakan tidak terlalu panas agar kematangan keripik dapat sempurna.



Setelah itu siap di pasarkan ke masyarakat, bahkan keripik Cumi ini pun sudah meluas pemasarannya terlebih menggunskan jasa online. Bahkan keripik ini juga di eksport hingga Singapura dan Jepang. Wah ternyata inspiratif banget nih ya, buat kamu yang ingin usaha di rumah bisa nih membuat keripik dari bahan dasar yang familiar di kota agan siapa tahu disukai banyak orang.

Untuk yang mau bikin sendiri di rumah,



Yuk lah terus berkarya gan, jangan mudah lelah dan putus asa. Saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF




Diubah oleh c4punk1950... 22-02-2020 03:38
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.