fatinfa77
TS
fatinfa77
5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Fungsi Jantung


Apakah kamu tahu bahwa memakan makanan yang digoreng satu kali dalam seminggu dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serangan jantung sebesar 7%? Atau tidur lebih dari sembilan jam sehari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 5%? Mari simak penjelasan tentang 5 kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi jantungmu.

1.     Menu Buruk

Makanan dengan menu yang buruk juga berkesempatan merusak jantungmu secara pelan tapi pasti. Di antaranya seperti makanan yang banyak mengandung gula dan lemak yang dapat menyebabkan obesitas yang pastinya dapat meningkatkan risiko menderita penyakit jantung. Sebab, memiliki berat badan yang berlebih terutama bagi kamu yang mempunyai tumpukan lemak di sekitar perut dapat meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 12%. Hal itu juga berlaku jika kamu memasak dengan menambahkan banyak garam untuk membuat makananmu terasa asin sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Sebab, lebih banyak garam yang kamu makan maka tekanan darahmu juga akan semakin tinggi, yang mana nantinya akan membuat jantungmu lebih sering mengalami tekanan sehingga dapat menyebabkan serangan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa menu yang sehat dapat mengurangi rsiko serangan jantung sebesar 18%.

2.     Stress

Jika kamu sedang stresssecara terus menerus, maka sebaiknya kamu pergi ke ahli terapi. Sebab, stress dapat merusak tubuh secara keseluruhan terutama dapat melemahkan jantungmu yaitu dengan cara menaikkan tekanan darah. Ketika seseorang sedang stress, maka tubuhnya akan memproduksi hormon yang sering kita kenal dengan nama hormon kortisol. Hormon ini akan merusak jantung dengan membuat jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Sebab, tubuh yang terlalu banyak memproduksi hormon kortisol dapat menyebabkan serangan jantung.

 

3.     Kurangnya Olahraga

Pekerjaan yang lebih banyak dilakukan di belakang meja dengan duduk terus menerus memang terdengar nyaman, tetapi hal itu tidaklah baik untuk jantungmu. Semakin sedikit kamu berolahraga, maka berat badanmu akan semakin bertambah dan tentu saja itu akan menimbulkan obesitas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan berolahraga maka itu akan bisa membantumu mengontrol berat badan serta mengurangi risiko serangan jantung. Olahraga semacam berjalan atau jogging selama tiga puluh menit setiap hari selama seminggu akan membuat jantungmu berada dalam kondisi sehat. Bahkan kamu akan mendapatkan lebih banyak lagi manfaat dari olahraga seperti melakukan senam aerobic selama 300 menit atau melakukannya selama 150 menit dengan kuat selama seminggu.

4.     Merokok

Merokok dalam bentuk apapun tetap akan sangat berisiko bagi jantungmu. Bahkan jika kamu hanya menjadi perokok sosial. Sebab untuk menjaga kesehatan jantungmu, tidak ada rokok yang aman. Sejauh ini rokok telah menjadi penyebab kematian yang berhubungan dengan penyakit jantung sekitar 30%. Kandungan kimia yang ada pada tembakau dapat merusak pembuluh darahmu jika plak menumpuk dalam arteri sehingga akan menyempitkan pembuluh darah dan tentu saja ini akan menyebabkan serangan jantung. Sehingga jika semakin kamu merokok, maka semakin tinggi juga risiko terkena serangan jantung.

5.     Kualitas Tidur

Tidur merupakan cara kita untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian lelah bekerja. Namun, jika kita tidur terlalu lama, maka itu bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan jantung. Kurang tidur juga bisa mengganggu keseimbangan hormon yang nantinya juga akan meningkatkan nafsu makan, sehingga akan berakibat pada kesehatan jantung. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan hormon stress. Agar kamu memiliki kualitas tidur yang baik untuk kesehatan jantungmu, kamu perlu tidur 7-8 jam sehari tanpa gangguan apapun setiap malam.

Jadi, mulailah untuk lebih menyayangi jantungmu dengan menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga ya. Sebab, sehat itu mahal dan sangat berharga.

Diubah oleh fatinfa77 18-02-2020 14:45
tata604rykenpblina.wh
lina.wh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.9K
61
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.