News
Batal
KATEGORI
link has been copied
249
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4d5a0710d295608d6f7a44/tok-dpr-setujui-rencana-sri-mulyani-terapkan-cukai-plastik
Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menerapkan cukai terhadap produk plastik secara keseluruhan, bukan hanya kantong plastik.
Lapor Hansip
19-02-2020 22:53

Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik

Past Hot Thread
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik

Quote:
Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui usulan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menerapkan cukai terhadap produk plastik secara keseluruhan, bukan hanya kantong plastik.

Pasalnya, dari sebagian besar anggota berpandangan bahwa, apabila pemerintah ingin mengedepankan aspek lingkungan dan kesehatan, seharusnya cukai plastik bukan hanya ditunjukkan untuk kantong kresek saja. Tapi juga terhadap beberapa produk plastik lainnya, seperti minuman kemasan, kemasan makanan instan, dan lain sebagainya.

Anggota Komisi XI Agung Rai Wirajaya mengusulkan, apabila Indonesia saat ini baru menerapkan tarif cukai terhadap 3 obyek cukai, dia justru mengusulkan agar bisa dikembangkan menjadi banyak macam cukai yang bisa diterapkan.


"Sehingga cukai bukan hanya sebagai instrumen fiskal untuk meningkatkan pendapatan negara, tapi seharusnya cukai menjadi salah satu instrumen untuk membuat manusia lebih beradab dan menghargai lingkungan," ujarnya di ruang rapat komisi XI, Rabu (19/2/2020).

Pilihan Redaksi

Plastik Kena Cukai, Penerimaan Negara Tambah Rp 1,6 T
Sri Mulyani akan Tarik Cukai Motor & Mobil, Kantongi Rp 15 T
Nasib Sepeda Motor, Diramal Tamat & Bakal Kena Cukai Pula

Adapun Anggota Komisi XI DPR lainnya seperti Sihar Sitorus dan Komisi XI DPR Dolfie. Menurut mereka, apabila pemerintah serius dalam menghadapi dampak lingkungan, seharusnya cukai plastik bukan hanya diterapkan pada kantong kresek saja.

Seharusnya, kata mereka, cukai juga bisa diterapkan kepada produk plastik yang volumenya lebih besar, dan yang lebih lama di daur ulang.

"Mengapa bukan objek plastik yang lebih lama di daur ulang atau volumenya lebih besar seperti botol plastik. Apakah pemerintah takut kepada perusahaan-perusahaan besar air minum kemasan. Mengapa tidak semua jenis produk plastik?" ujar Dolfie.

Pandangan lain, disampaikan juga oleh Anggota Komisi XI lainnya yaitu Yessy. Menurut Yessy, di Bali sendiri saja, pemerintah daerahnya sangat concern bukan hanya kepada plastik, tapi use plastik seperti styrofoam, botol plastik, dan korek kuping.

"Apakah benar ada ketakutan melawan perusahaan penghasil minuman berbotol," tanya Yessy.

Dari pantauan CNBC Indonesia, sebagian besar anggota Komisi XI yang mengikuti rapat hari ekstensifikasi cukai tersebut menyetujui, agar pemerintah bukan hanya melakukan penerapan cukai kantong plastik, minuman pemanis, dan emisi BBM saja. Tapi setuju agar pemerintah melakukan penerapan cukai terhadap banyak produk obyek cukai lainnya.

Rapat yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut, akhirnya Komisi XI DPR menyepakati agar pemerintah bisa menerapkan cukai untuk ke banyak obyek cukai, bukan hanya kepada kantong plastik, minuman berpemanis, dan emisi.

Ketua Komisi XI Ditto Ganinduto mengatakan, Komisi XI DPR menyetujui rencana pemerintah untuk melakukan penambahan jenis barang kena cukai berupa produk plastik.

"Dengan demikian telah kita bahas ada 3 kesimpulan, kita setujui semua," ujar Ditto.

Berikut kesimpulan raker Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan soal ekstensiifikasi barang kena cukai berupa kantong plastik:

1. Komisi XI DPR RI menyetujui rencana pemerintah untuk melalukan penambahan jenis barang kena cukai berupa produk plastik.
2. Komisi XI DPR RI meminta pemerintah menyusun road map perluasan barang kena cukai lainnya.
3. Komisi XI DPR RI meminta Menteri Keuangan untuk memberikan jawaban tertulis maksimal 7 hari atas pertanyaan dan tanggapan pimpinan dan anggota Komisi XI DPR RI pada rapat kerja Komisi XI DPR RI dengan Menteri Keuangan tanggal 19 Februari 2020.


Atas keputusan tersebut, Sri Mulyani berencana untuk mengatur ulang kebijakan mengenai penerapan cukai ini. Pasalnya, Sri Mulyani memandang, di tengah situasi ekonomi yang tengah bergejolak ini, penerapan perluasan cukai akan menjadi beban kepada masyarakat luas.

"Jadi kami akan melakukan lagi redesigning dari policy ini. Tadi aspirasi-aspirasi yang masuk kami perhatikan. Karena itu juga harus dilakukan waktunya dan berapa tarifnya produk apa saja yang akan terkena nanti akan kami kaji secara hati-hati," ujar Sri Mulyani.



Sumber
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-cukai-plastik

Plastik kena cukai juga akhirnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 10
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 22:52
Quote:Original Posted By lumb3rjack
@Wong.3dan @thejazzluvr

sama alasannya seperti mau kasih cukai untuk minuman manis karena bikin diabetes..
kayak bener care aja soal sampah dan diabetes

ironisnya gw care..
soal plastik coba fokus.. edukasi buang sampah gak sembarangan.. pilah2 organik anorganik.. kasih reward and punishment
gak usah sok naikin cukai biar konsumsi plastik kurang..

harus belajar bediri dulu .. baru bisa lari..



Lha menurut lw mw sampe kpn diregulasi?
Nunggu semua garis pantai ketutup plastik?

Emang negara gede gampang ngontrol pk acara edukasi? Edukasi jg paling awal2 anget.

Klo g pengen cukai sekalian plastik di ban biar g repot urusin sampah plastik
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 23:04
Quote:Original Posted By warbound
@widhinawasena @lupis.manis cie pengangguran main kaskus mulu. Kejedot kepalanya ya gw slekit dikit.


Alhamdulillah, ane ada kerjaan gan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 23:09
Quote:Original Posted By warbound
Ooo ada kerjaan, ya ya ya


Kayak lingkaran biru ya ya ya.
profile-picture
RyoEdogawa memberi reputasi
1 0
1
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 23:35
what ? plastik kena cukai ? asap knalpot juga ? edan coeg , gk dipikir matang2 kah dampaknya , lu nerapin cukai , pedagang naikin harga dagangannya , terus harga kebutuhan pokok yg lain juga pasti naik, kyk gaji udah naik aja ?
Diubah oleh Furyon
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
20-02-2020 23:54
di tunngu selanjutnya,apa lagi yang mau di jadiin obyek cukai emoticon-Cape d...
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 05:54
ane memutuskan beli plastik yg banyak sebelum dicukaiin emoticon-Cool
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 06:16
liat penerapannya ajalah.. biarpun agak kontra sih
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 07:48
mantap. abis ini harga minuman botol plastik sama mie bakal naik. RIP anak kos emoticon-Leh Uga
Diubah oleh zeref162534
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 08:20
Uang cukai plastik buat apa ya?
Kalo buat gaji oknum PNS yang malas2an OGAH banget
Kalo mensejahterakan petugas kebersihan / membangun fasilitas pengolahan sampah, OK banget
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 08:24
Quote:Original Posted By MamaLikay
ane memutuskan beli plastik yg banyak sebelum dicukaiin emoticon-Cool


Nimbun emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 09:03
kertas bungkus nasi kena cukai dong, kan mengandung plastik. nasi bungkus makin anu dong emoticon-norose
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 13:12
yaaa kalok untuk plastik gw setuju aja..
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 17:40
Alhamdulillah semoga bisa ngurangin penggunaan kantong kresek
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 22:27
biar penggunaan plastik makin bisa dikontrol
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
21-02-2020 22:32
Baguslah cukai plastik yaaa kannnn
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
22-02-2020 11:17
Daripada terus mencai celah penerimaan pajak, lebih baik fokus pada efisiensi anggaran dan tunjangan di setiap kementrian

Efisiensi anggaran adalah hal yang sangat di hindari oleh para wakil rakyat

Mereka lebih setuju agar mentri keuangan terus mencari celah peneriaan pajak

Wakil rakyat sekongkol memperkaya diri sendiri

Memang sistem demokrasi wakil rakyat yang terbilang gagal

emoticon-Belgia
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
22-02-2020 16:01
ane kalo dari toko juga ga pake plastik, langsung ane masukin celana biar ga ketauan emoticon-Big Grin
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
22-02-2020 20:08
naahh bagus nih, biar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik
0 0
0
Tok! DPR Setujui Rencana Sri Mulyani Terapkan Cukai Plastik
23-02-2020 08:36
Pikirin gimana cara tingkatkan daya beli masyarakat dulu, jangan cuma pusing cari duit buat bayar utang negara,
Malah bikin daya beli semakin turun...
Berantas korupsi, duit negara juga ujung2 nya buat para pejabat. Stop pelemahan KPK.
tuh ketua nya aja bangga ada kasus2 yang dihentikan..
emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
Diubah oleh Pkun76
0 0
0
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia