partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Malaysia akan Resmikan Layanan 5G Juni 2020, Indonesia Kapan?

Setelah beberapa waktu lalu negara – negara maju mulai menggunakan jaringan 5G, kini giliran negara tetangga yang akan segera menggunakan layanan 5G. Yap, Malaysia menargetkan akan meresmikan layanan 5G pada bulan Juni 2020. Ini sebagai bentuk investasi mereka di sektor infrastruktur komunikasi.

Sebelumnya pada Januari lalu, pemerintah malaysia udah ngelalukin uji coba layanan ini. Uji coba dilakukan di daerah Langkawi. Di uji coba tersebut, Malaysia sukses mencapai kecepatan Gigabit menggunakan ponsel Huawei 5G.


Rencananya dalam waktu dekat pemerintah Malaysia akan mengumumkan bahwa area industri yang akan jadi fokus utama dalam menggunakan teknologi 5G adalah pertanian, pendidikan, entertainment, kesehatan, manufaktur, minyak dan gas, smart city, smart transportation, dan tourism.

Menurut Ketua Komunikasi dan Multimedia Malaysia, penggunaan layanan 5G adalah suatu keharusan bagi Malaysia. Karena secara tidak langsung ini akan berdampak baik untuk perekonomian Malaysia. Ini juga akan membantu Malaysia mencapai konvergensi sebagai negara berpenghasilan tinggi.

Untuk tahap awal, Malaysia belum menggelar 5G secara keseluruhan di wilayahnya. Di tahap awal bakalan ada enam area yang akan menikmati akses 5G, yakni Kedah, Perak, Penang, Selangor, Terangganu, dan Kuala Lumpur.

Keren Malaysia, Indonesia kapan ya?

Di Indonesia sendiri sebenarnya beberapa provider udah mulai melakukan uji coba jaringan 5G GanSis. Salah satu uji coba yang dilakuin adalah ama Telkomsel pada saat Asian Games beberapa waktu lalu. Langkah Telkomsel ini juga udah diikuti oleh provider lain.

Sementara dari pihak pemerintah sendiri, dari informasi yang Ane dapat, pemerintah masih ngebangun ekosistemnya terlebih dahulu. Pemerintah sekarang lagi memprioritaskan penerapan jaringan 4G rata di seluruh Indonesia. Kapan 5G mulai diterapin di Indonesia? hmm...2021 mungkin, atau 2022, atau....


4iinch
nunu403
onik
onik dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.