• Beranda
  • ...
  • Mamalia
  • Mengenal Koala si Malas dan Bawel, Cari Tahu Di Sini!

iissuwandi
TS
iissuwandi
Mengenal Koala si Malas dan Bawel, Cari Tahu Di Sini!

Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, semoga sehat dan bahagia selalu. Hari ini, mari kita kenalan dengan hewan lucu berbulu yang menggemaskan. Koala. Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak cinta. Berhubung ane dalam tiga hari ini diberi tugas yang berhubungan dengan koala, mau nggak mau ane harus mengenalnya lebih dulu supaya bisa mencintainya, eeeaaak.

Konon katanya nama koala diberikan oleh suku asli Australia, Aborigin, yang memiliki arti tanpa minum. Sesuai fakta koala memang jarang sekali minum. Ia mendapatkan suplai cairan dari daun kayu putih yang di makannya. Namun, jika cuaca terlampau panas koala akan turun dari peraduannya untuk mencari sumber air, hauus braay.

Meskipun dari segi penampilan koala terlihat mirip dengan beruang, percayalah, koala tidak akan pernah diakui oleh mamah beruang. Karena koala ternyata masih saudara jauh dari kangguru. Koala dan kangguru sama-sama memiliki kemiripan pada kantungnya, mirip kantung doraemon gitu. Fungsi kantong ajaib ini adalah memberi perlindungan pada anak-anak mereka yang baru lahir. Anak-anak koala yang baru melihat dunia terlahir tanpa bulu dan buta. Oleh sebab itu, mamah koala menaruhnya di dalam kantong, agar tetap hangat dan aman.


Koala dikenal sebagai hewan pemalas, kek kaum rebahan gitu. Hidupnya dihabiskan untuk tidur. Dalam 24 jam, sekitar 18 hingga 22 jam koala memejamkan mata alias tidur. Sisa waktu 2 sampai 4 jam dimanfaatkan koala untuk mencari makan. Naah, koala nggak sembarangan memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Hewan ini termasuk bawel dalam makanan. Hanya daun kayu putih saja yang dikonsumsinya. Eiittt ... daun kayu putihnya juga harus berasal dari pohon yang mereka tinggali. Plus hanya daun muda yang mereka konsumsi untuk bertahan hidup. Misal kriteria yang tersebut tadi tidak ditemukan, koala akan kembali tidur alias nggak jadi makan.

Jangan tertipu oleh penampilan luar koala yang menggemaskan, GanSist. Dibalik wajah lugu dan imutnya, ternyata koala bisa menjadi sangat buas jika terancam. Diberitakan pada tahun 2006, empat orang pencuri satwa mencoba peruntungannya membobol kandang koala. Usaha mereka gagal total. Bahkan, untuk menangkap tubuh koala yang kecil saja mereka kesulitan. Masih menurut mereka, lebih mudah menangkap buaya dibanding koala.

Koala memiliki otak yang sangat halus seperti permukaan kacang walnut. Karena itulah koala termasuk hewan bodoh dibandingkan dengan semua hewan mamalia lainnya. Nggak perlu make terlalu banyak otak, sih, kan kerjanya cuma tidur. Makanya, koala nggak bisa membedakan mana orang yang memiliki niat untuk menyakiti dan orang yang memiliki niat untuk menolong. Nggak kebayang, deh, ane pas kebakaran hutan hebat di Australia dulu, bagaimana susahnya tim penyelamat menolong koala.

Hewan imut berbulu yang satu ini, memiliki bau pesing. Jadi, yang ingin mendekatinya harus tahan dengan baunya yang khas. Fungsinya sebagai penanda wilayah. Mereka tau, wilayah mereka masing-masing.

Populasi koala berkurang setiap tahunnya. Dikarenakan koala dewasa hanya melahirkan satu anak setiap tahunnya. Belum lagi, oknum nakal yang memperdagangkan secara ilegal hewan-hewan langka ini. Ditambah kebakaran hutan hebat yang melanda Australia akhir tahun lalu. Save koala.

Ane pamit undur diri, sampai ketemu di thread ane selanjutnya. Maaf jika ada salah kata. Jika berkenan, tinggalkan jejak cendol dan rate-nya. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber gambar : Klik
Referensi : 1, 2, 3
Diubah oleh iissuwandi 21-02-2020 09:04
rykenpblina.whembunsuci
embunsuci dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4.7K
51
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
Mamalia
icon
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.