News
Batal
KATEGORI
link has been copied
173
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4f941d09b5ca2bd5537cdc/revisi-uu-lalu-lintas-dpr-tolak-motor-jadi-angkutan-umum
Komisi V DPR RI berencana untuk tidak menetapkan sepeda motor menjadi alat transportasi umum. Keputusan itu muncul dalam pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).
Lapor Hansip
21-02-2020 15:26

Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum

Past Hot Thread
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum

Quote:Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi V DPR RI berencana untuk tidak menetapkan sepeda motor menjadi alat transportasi umum. Keputusan itu muncul dalam pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa mengatakan revisi UU LLAJ masih dalam pembahasan nota akademik. Namun sebagian besar anggota Komisi V menyetujui gagasan tersebut.

"Sebagian besar fraksi setuju kendaraan roda dua tidak jadi transportasi umum," kata Nurhayati saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (19/2).



Ia mengatakan, keputusan ini didasarkan pada faktor keselamatan. Nurhayati mengatakan hanya di Indonesia kendaraan roda dua seperti sepeda motor dilegalkan jadi transportasi umum.
Lihat juga: Tiga Debt Collector Jadi Tersangka Bentrok Ojol di Rawamangun

Ia melanjutkan, berdasarkan data Korps Lalu Lintas Polri, sebanyak 73 persen kecelakaan lalu lintas di jalan melibatkan sepeda motor.

Meski nanti sepeda motor tidak diakui sebagai alat transportasi umum, Nurhayati mengklaim pengemudi ojek online tidak akan terganggu. Sepeda motor bisa dijadikan alat untuk mengantar barang.

"Roda dua delivery saja, logistik, barang-barang bisa pakai sepeda motor. Bukan transportasi umum mengangkut manusia, tetapi makanan, barang-barang, silakan," katanya.


Nurhayati menyatakan transportasi umum seharusnya mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Karena itu sepeda motor tidak selayaknya jadi transportasi umum.

Dia menegaskan pemerintah, baik pusat dan daerah, punya amanat untuk menyediakan transportasi umum. Nurhayati berharap dengan kebijakan ini pemerintah kembali fokus menghadirkan transportasi umum yang layak.

Meski di UU LLAJ sepeda motor bukan masuk kategori angkutan umum, namun Kementerian Perhubungan dengan alasan diskresi mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 12 tahun 2019 Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Permenhub dikeluarkan sebagai respon tuntutan pengemudi ojek online soal tarif. Diskresi dikeluarkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintah.


Sumber
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...angkutan-umum?

Ojol hanya logistik saja berarti nantinya ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 15:29
hmmmmm
profile-picture
stygiant memberi reputasi
0 1
-1
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 15:29
Definisi angkutan umum itu apa ya?
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan combustor memberi reputasi
2 0
2
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 15:29
baru wacana ya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 15:31
bisa ngamuk kang ojol
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 15:33
klo maw jadi transportasi umum, ganti plat kuning ! emoticon-Hansip kampret, ngojol doank gak maw mikir..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papahjahat21 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 15:46
Harus gtulah negara kita dah kebanyakan roda 2... harus dibatasi bahkan dilarang. Tapi pemerintah masih malas urus transportasi umum yg merata di semua kota2 besar di Indo dan trotoar masih jd lapak pedagang. harusnya kelas pekerja kantoran ya jalan kaki dan pakai transportasi umum, bukan melihara jutaan motor dgn dalih PAJAKNYA ENAK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CumiGorengManis dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 15:56
niatnya sih biar transport umum rame tp ga gini juga
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 16:06
minta setoran kah?
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 16:09
Bos ojol yg lg menjabat di pemerintahan gimana pendapat nya tuh
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 16:25
aneh.. emang boncengan di motor itu buat apa?

lagian emang bukan angkutan umum kok.. ini kan ridesharing... gak beda konsepnya dengan bonceng istri, teman, atau orang tua...
kecuali bonceng lebih dari 2 orang.. baru itu gak boleh...

selama masih dalam aturan.. emang bukan angkutan umum kok ....

aneh aneh aja kalau mau bikin kebijakan.. mbok ya dipake dikit gitu yg nempel dikepala nya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 26 lainnya memberi reputasi
26 1
25
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 16:27
Ojol bukan angkutan umum emoticon-Metal

Ojol itu angkutan khusus, khusus untuk komunitas/member mereka aja emoticon-Hammer

Opang baru angkutan umum emoticon-Hammer (S)










































emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 16:28
Berarti goncengan sm cem ceman ga boleh ya.

Selama angkutan massal belum masif, dan pajak mobil belum besar jgn berharap pada pakai angkutan umum....

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 17:04
Entah kenapa akhir akhir ini ane di buat ketawa ama mentri2 dan anggota dewan yang lucu lucu kek srimulat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 20:17
harusnya dibarengi sama pembenahan sistem transportasi yang bagus dan terintegrasi..

ojol selama ini kan sebenernya jadi pengganti doang selama transportasi massal belum siap emoticon-Bingung

di sisi lain, kalo ojol mau dianggep transport publik mereka kudu ganti plat jadi kuning, simnya juga beda emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 22:39
Quote:Original Posted By PneumonoCyclone
Harus gtulah negara kita dah kebanyakan roda 2... harus dibatasi bahkan dilarang. Tapi pemerintah masih malas urus transportasi umum yg merata di semua kota2 besar di Indo dan trotoar masih jd lapak pedagang. harusnya kelas pekerja kantoran ya jalan kaki dan pakai transportasi umum, bukan melihara jutaan motor dgn dalih PAJAKNYA ENAK


Gw rasa si mobil yg kudu dibatesin
Soalnya makan tempat banget
Coba jalan panjang 100m lebar 10m
Paling cukup mobil 100an doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dendyhp dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 22:40
mnurut anggota dewan, motor bukan buat angkutan manusia tpi boleh buat logistik/kurir. padahal defaultnya dri pabrikan lbih bnyak model motor yg bisa buat ngangkut manusia (boncengan di jok belkang) dripada logistik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 22:41
Bodoh itu ada 2 macam, satu takdir, dua kutukan

Yang membuat UU ini masuk kategori yang mana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangkredit dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 22:44
asyik nih jadi rame bakalnya ... sepeda motor bukan angkutan umum,,, angkutan umum kan ga wajib pake aplikasi jadi naeknya kudu di halte, atau sembarang tempat suka2.. kl ojol musti instal aplikasi lalu pesen, baru bisa naek
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan Rendykkuya memberi reputasi
2 0
2
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 22:44
Naik motor juga nyaman kok. Kalo soal keamanan mah tergantung siapa sopirnya
0 0
0
Revisi UU Lalu Lintas, DPR Tolak Motor Jadi Angkutan Umum
21-02-2020 22:47
Fight fire with fire!!

Penasaran nih siapa yg terbakar duluan
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan th3d4rk memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
fenomena-ustadz-dadakan
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia