salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Tau Gak, Kenapa Indonesia Pakai Setir Kanan?

Sebagian besar negara di dunia menganut paham setir kiri dan melaju di jalan sebelah kanan. Berbeda dengan Indonesia yang menggunakan setir kanan dan jalan di sisi kiri. 

Kenapa bisa beda gitu ya?

emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Jadi GanSis, ini tu sebenarnya mengikuti orang – orang pada masa feodalisme Inggris. Pada zaman itu orang – orang sering membawa pedang saat mereka bepergian. Kala itu mereka memegang pedangnya dengan tangan kanan dan berjalan di sisi sebelah kiri jalan.

Salah satu alasan kenapa mereka pegang pedang dengan tangan kanan dan jalan disebelah kiri adalah supaya tidak menabrak sarung pedang milik orang lain. Saat itu sarung pedang biasanya menggantung di sabuk dan ditempatkan di sisi kiri pinggang.


Nah dengan alasan itu makanya sebagian besar negara yang merupakan koloni Inggris kuno membawa kebiasaan tersebut hingga sekarang, termasuk dalam penggunaan setir mobil. Negara yang menganut paham lalu lintas sebelah kiri dan setir sebelah kanan adalah kebanyakan dari koloni Inggris Kuno. Tapi ada juga negara yang bekas koloni Inggris yang ganti haluan GanSis. Amerika Serikat contohnya, negara yang ingin melarikan diri dari akar Keinggrisannya...hihih

Terus apa kabar dengan Indonesia?

Nah, kalau Indonesia itu terkontaminasi oleh Belanda GanSis. Secara kita bekas jajahan mereka kan...Kebiasaan ini dibawa Belanda pada saat pertama kali mereka datang ke Indonesia pada tahun 1596. Sampai sekarang kita terus menggunakan kebiasaan itu dalam berlalulintas, melaju di sisi sebelah kiri dan setir di sebelah kanan.

Tapi menariknya GanSis, Belanda sendiri mengubah kebiasaan itu. Balanda sekarang menggunakan setir di sebelah kiri dan melaju di sisi sebelah kanan. Katanya ini berubah karena pengaruh dari Napoleon Bonaparte GanSis. Ia menerapkan aturan untuk bepergian di sisi kanan jalan pada saat menaklukkan negara – negara Eropa. Perubahan yang dilakukan Belanda ini gak diikuti ama negara bekas jajahannya GanSis.



nona212
tien212700
LordDhanny
LordDhanny dan 48 lainnya memberi reputasi
47
16.1K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.