News
Batal
KATEGORI
link has been copied
205
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4f56ce82d49567b4080d14/usul-assalamualaikum-diganti-salam-pancasila-kepala-bpip-panen-hujatan-lagi
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjadi sorotan publik beberapa waktu terakhir karena pernyataannya yang kontroversial. Namun, hal itu belum selesai, kembali muncul sebuah perndyataan kontroversial lainnya. Dalam sebuah video hasil wawancaranya Yudian mengatakan pentingnya salam pancasila diterapkan di tempat umum menggantikan salam lima agama. Hal itu untuk menjadi
Lapor Hansip
21-02-2020 11:04

Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi

Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjadi sorotan publik beberapa waktu terakhir karena pernyataannya yang kontroversial. Namun, hal itu belum selesai, kembali muncul sebuah perndyataan kontroversial lainnya.

Dalam sebuah video hasil wawancaranya Yudian mengatakan pentingnya salam pancasila diterapkan di tempat umum menggantikan salam lima agama. Hal itu untuk menjadi jalan kelaur atau sebagai titik temunya.

“Kalau kita salam setidaknya harus ada lima sesuai agama-agama. Ini masalah baru kalau begitu. Kini sudah ditemukan oleh Yudi Latif atau siapa dengan Salam Pancasila. Saya sependapat,” kata Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi dalam wawancara di detik.com beberapa waktu lalu.

Menurut Yudian, sebelum reformasi sangat nyaman dengan salam nasional. Namun, hal itu berubah setelahnya dengan menjadikan salam agama sebagai salam di tempat umum. Misalnya, penggunaan salam dalam bahasa Arab yang kerap diidentikan dengan salam Agama Islam, Assalamu`alaikum.

“Sejak reformasi diganti Assalamu’alaikum di mana-mana tidak peduli, ada orang Kristen, Hindu hajar saja dengan Assalamu’alaikum,” ungkapnya.

Menurutnya, salam itu maksudnya mohon ijin terhadap seseorang sekaligus mendoakan selamat. Kalau bahasa arabnya Assalamu’alaikum warahmatulloh wabarakatuh.

“Ada hadits kalau anda jalan, ada orang duduk, maka Anda harus mengucapkan salam. Itu maksudnya adaptasi sosial. Itu zaman agraris. Sekarang jaman industri digital lagi. Misalnya mau menyalip pakai mobil salamnya gimana? Pakai lampu atau klakson,” paparnya.

Kata Yudian, salam di tempat umum harus menggunakan salam yang sudah disepakati secara nasional. “Dengan kesepakatan nasional misalnya salam Pancasila daripada ulama ribut kalau pakai shalom bisa jadi kristen. Padahal mendoakan orang itu boleh-boleh saja. Sebenarnya kita ngomong shalom kepada orang kristen tidak ada masalah dengan teologis,” tandasnya. 

Ass

Wr Wb

Amin2 YRA

emoticon-Kroasia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 12 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 10
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 12:46
Ketemu orang lu tabokin aje, bahasa tubuh itu universal jing emoticon-Angkat Beer
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 12:51
Tinggal bilang selamat pagi/siang/malam aja.
Ribet amat jadi orang, salam aja diributin. emoticon-No Hope
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 12:53
duh.... kadang dicampur adukkan
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 12:56
Quote:Original Posted By th3d4rk
ya memang sebenernya mau bilang salam apapun, agama apapun, ngomong apapun, kebijakan apapun, selama presidennya masih jokowi, pasti disalah-salahin.


Iya juga sih, kalo ane sih lebih pro kepala BPIP daripada Menag.
Tapi tetap aja yg dilihat presiden nya
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan th3d4rk memberi reputasi
2 0
2
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 12:56
Quote:Original Posted By hhdxt
Tinggal bilang selamat pagi/siang/malam aja.
Ribet amat jadi orang, salam aja diributin. emoticon-No Hope


Goedemorgen, goedendag, goedenavond, welterusten
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:01
Salam manusia..

Salam kadal..

Salam cebong..

Salam nguik..

Salam togog..

Omm miii taaa baa.. emoticon-Cool

Yiiihaa
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:01
dagelan apa lg iniih,...

emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:02
Overdosis minum air kobokan kaki ngobatinnya gimana yak?

Pengalihan isu apaan lgi enih emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh KS06
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:07
Gw setuju!
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan BANNED.USER memberi reputasi
1 1
0
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:11
kenapa hal hal seperti itu harus banget dibahas oleh negara?.
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan agusdwikarna memberi reputasi
2 0
2
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:14
jd inget yg dulu mlesetin sampurasun
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:19
yg udah baik gak usah diganggu gugat, salam udah ada sndiri ngapain di ganti2 ngurusin yg lebih urgent aja ini tim rasanya kyk tim bentukan wan abudemoticon-Cape d...
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:20
bagus ada org kaya gini, gw setuju emoticon-Ngakak
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:23
untung bukan salam pramuka yang dipakai
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan agusdwikarna memberi reputasi
2 0
2
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:28
sebenernya salam pancasila ini sudah lama dari jamannya yudi latif, kenapa baru ribut sekarang emoticon-Traveller
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:29
ini kan organisasi bikinan si cungkring yg digaji gede tapi kgk ada yg tahu kerjanya gmn emoticon-DP
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:30
mustafa kemal ataturk bangkai nya ga di trima bumi dan di kubur (disemen) di atas bumi..karna salah satu kezoliman nya merubah adzan dengan bahasa turki di zaman itu..
Dan akan ada mustafa kemal lain nya di jaman ahir ini...
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Usul Assalamualaikum Diganti Salam Pancasila, Kepala BPIP Panen Hujatan, Lagi
21-02-2020 13:41
entar jawab salamnya gimana emoticon-Big Grin
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia