VolkswagenPutihAvatar border
TS
VolkswagenPutih
Pohon Tua di Makam Pemalang Tiba-tiba Terbakar Misterius, Mungkin Ini Penyebabnya..
Baru-baru ini beredar sebuah video yang menunjukan sebuah pohon yang terbakar secara misterius. Diketahui jika sumber api yang menyala berasal dari dalam pohon. Masyarakat pun terkejut, karena kejadian ini dirasa sangat janggal mengingat tidak ada yang menyalakan api di sekitar pohon tua itu.

Fenomena tersebut pun memantik banyak argumen di media sosial. Ada yang menyebut kalau faktor supranatural yang menjadi pemicu terbakarnya pohon itu. Secara, pohon tua itu memang berada di kompleks pemakaman Pemalang. Gak heran kalau isu-isu mistis pasti berkembang kalau udah berkaitan sama lokasi pemakaman. emoticon-Amazed



Kejadian anomali tersebut viral di media sosial berkat unggahan dari akun Instagram @pemalang.update pada Kamis, 20 Februari 2020. Selain mengunggah video yang berdurasi 42 detik, akun tersebut juga menjelaskan kalau terbakarnya pohon tua itu terjadi sekitar jam 10 pagi waktu setempat.

Pada jam-jam tersebut tentunya banyak warga yang melihat kejadian misterius itu. Apalagi pohon tua yang terbakar juga memiliki ukuran yang besar dan diprediksi telah berusia ratusan tahun. Makanya gak heran menarik perhatian warga.



Sebenarnya fenomena seperti ini bukan kali pertama terjadi Gan. Tahun 2018 lalu pernah ada juga kejadian pohon beringin tua yang terbakar di area makam Demang Gatul, Kabupaten Tuban. Saat itu warga sekitar juga kaget dengan kejadian yang sulit dinalar dengan logika manusia tersebut.

Tapi ternyata ada penjelasan ilmiahnya loh untuk menjawab fenomena misterius terbakarnya sebuah pohon secara tiba-tiba itu. Karena setiap kejadian pasti ada penyebab ilmiahnya.

Salah satu kajian yang bisa dikupas untuk menjawab fenomena tersebut adalah dengan bersandar pada Hukum Kekekalan Energi. Seperti diketahui kalau reaksi energi dari api adalah peristiwa panas yang hampir sama dengan skema kalor, salah satu dari bentuk contoh Hukum Kekekalan Energi bentuk 1. Nah, munculnya kalor adalah sebab peranan mekanik gesekan benda. Mudahnya, lo kalau menggesekan tangan pasti bakal menimbulkan hangat kan. Nah, mungkin hal itu yang terjadi di pohon tua di pemakaman Pemalang tersebut.



Gak hanya itu, ada juga kemungkinan dari teori yang menyebut kalau sebab musabab munculnya api adalah dari dalam tanah, yaitu mineral. Perlu diketahui kalau beberapa jenis mineral tuh sebenarnya memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Nah, salah satu materi yang banyaknya mineral yang terkadung dalam tanah tuh ada yang sifatnya mudah terbakar. Bisa jadi kemungkinan kalau pergerakan zat mineral yang ada ditambah gesekan dari energi lain bisa jadi pemicu terbentuknya titik api.



Semua itu masih jadi kemungkinan Gan. Kepala Desa Penakir, Agus Riyadi, pun juga belum memastikan penyebab kebakaran pohon tua yang terjadi di pemakaman Pemalang itu.

Nah, menurut lo apa yang menyebabkan fenomena tersebut terjadi? Apakah ada faktor supranatural yang bermain didalamnya? emoticon-Big Grin


Quote:
TaraAnggara
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 17 lainnya memberi reputasi
18
8.4K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.