abellacitraAvatar border
TS
abellacitra
[COC Regional: Lokasi Wisata] Liburan? Taman Wisata Tawun, Ngawi Bisa Menjadi Pilihan


Taman Wisata Tawun Ngawi
Penangkaran Bulus
Pemandian
Keduk Beji
Pasar Jadul Ahad Legi




Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Hai, Gansist jumpa lagi dengan ane, Abella Citra, apa kabar kalian? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.

Taman Wisata Tawun Ngawi tentunya gak asing 'kan? Bagi masyarakat sekitar Ngawi, Madiun, dan Magetan pasti tahu. Nah, bagi yang belum tahu Abel mau berjalan-jalan memperkenalkan taman wisata yang menjadi andalan kota ane, Ngawi, Jawa Timur.



Taman Wisata Tawun tepatnya berada di Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kurang lebih 7 kilometer dari pusat kota ke arah timur. Dari jalan raya kurang lebih 3 kilometer ke arah utara, Gansist.

Taman Wisata Tawun ini merupakan destinasi wisata yang menarik dan tentunya tak ada di kota lain. Di sini Gansist bisa menghabiskan akhir pekan atau liburan Tahun Baru, liburan semester bersama teman, saudara, ataupun keluarga tercinta.

Quote:


Transportasi juga mudah karena jalur umum yang selalu dilewati bus antar kota ataupun bus antar provinsi bagi yang tidak mempunyai kendaraan sendiri. Masuk tempat lokasi juga sudah ada bang ojek yang tarif juga sangat terjangkau. Jadi, Gansist tak perlu khawatir.





Parkir juga terbilang sangat murah lho Gansist, untuk tempat wisata hanya Rp. 3.000,- dan tiket masuk hanya Rp.5.000,-



Kebetulan yang jadi penunggu loket teman Abel satu tim karate, kak Ica. Tetap harus bayar tiket masuk ya. Meskipun, teman Abel sendiri karena tiket masuk berguna untuk memperbaiki sarana dan prasarana Taman Wisata Tawun, begitu juga menggaji petugasnya. Kalau ramai pendapatan lumayan, kalau sepi?

Nah, jangan suka nyelonong ya!

emoticon-Jempolemoticon-Pelukemoticon-Big Kiss


Masuk ke dalam sudah di sambut oleh para pedagang kaki lima. Menjajakan dagangannya yang beraneka ragam, Gansist.







Bisa buat oleh-oleh ataupun jika ingin dimakan di dalam nantinya. Hari ini hari Minggu, tapi tidak pas Minggu Legi atau Ahad Legi karena kalau hari pasaran itu kalender jawa tiap 35 hari sekali.

Taman Wisata Tawun sangat ramai pengunjung ada Pasar Jadulnya. Namanya saja Pasar Jadul yang dijual pastinya serba tempo dulu.

Ada olahan dari singkong yang sudah di jemur berhari-hari sampai tumbuh jamur yang namanya Gaplekkalau orang Jawa menyebutnya.

Dari gaplek ini bisa diolah menjadi gathot, nasi tiwul yang disajikan dengan parutan kelapa dan taburan gula pasir. Rasanya mantap.





Pedagang mengenakan pakaian jawa, memakai blangkon, dan kebanyakan pedagang dan pengunjung yang rumahnya dekat mengendari sepeda onthel. Tapi, sayang pas ke sana Abel gak pas harinya.

Tapi lain hari Abel ke sana lagi karena lumayan dekat dengan rumah Abel. Pastinya Abel juga penasaran pasar jadul itu seperti apa? Karena ibuk dan teman-teman bilang sangat ramai.

Makanan tempo dulu ada semua di Pasar Jadul Akad Legi ini. Seperti macam-macam jenang (bubur), olahan dari singkong, ubi, olahan dari jagung, jamu gendong, macam-macam kopi, dan teh. Tentunya ada juga pesinden yang menyanyikan lagu atau langgam.

Penasaran 'kan? Harus!







Di pasar jadul Ahad Legi gak menemukan penjual satu pun. Abel akan menuju ke tempat bulus (kura-kura). Di sini banyak spot instagramable yang cantik lho, Gansist.

Sebelum ke tempat bulus Gansist bisa menyenangkan buah hatinya di sini, banyak wahana bermainnya lho!







Ke arah barat akan menemukan penangkaran bulus Gansist. Alhamdulillahnya pas muncul juga itu bulus karena jarang muncul juga padahal jumlahnya ribuan.

Spoiler for Penangkaran Bulus:


Ya, karena ikon kota Ngawi adalah bulus. Di tempat ini ada ribuan bulusnya Gansist. Kalian bisa menikmatinya bersama alam. Tempat yang sejuk dan udara yang bersih, jauh dari kebisingan tentunya.













Geser ke arah utara adalah pemandian untuk anak-anak. Di sini ada water boomnya. Buah hati bisa bersenang-senang bermain air di sini. Ada 2 tempat bagi pemandian khusus anak-anak, Gansist. Bisa memilih yang mana.





Satunya paling utara, sebelah timur laut dari pemandian khusus dewasa. Bagi yang takut kedalaman tentunya.

Hanya mengingatkan Gansist, Jaga dan waspada terhadap anak-anak yang sedang bermain di pemandian. Jangan sampai lengah! Karena biasanya orang tua terlalu percaya dan senang dengan buah hatinya hingga lupa akan keselamatan mereka.





Nah, inilah pemandian untuk dewasa. Hari Minggu selalu ramai pengunjung. Padahal panas, tetapi mereka sangat antusias bermain airnya.









Abel lanjut lagi ya, ke sebelah utara agak ke tengah ada pendopo untuk kita beristirahat. Tentunya dikelilingi kolam bulus Gansist.





Paling utara yaitu Sendang Tawun di sini biasanya diadakan ritual Keduk Beji tiap Selasa Kliwon yaitu upacara pembersihan Sendang Tawun.







Quote:


Hari mulai sore akhirnya Abel pulang. Semoga hari Selasa Kliwon dan Minggu Legi nanti Abel bisa ke mari lagi.

Nah, Gimana Gansist? Mampirlah kalau melewati kota Ngawi! Bisa juga melepas penat di akhir pekan. Biar fhres di hari Seninnya.


















Sekian thread Abel, jangan lupa berkunjung pas hari-hari itu. Biar dapat banyak.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Ngawi, 17 Februari 2020
Penulis @abellacitra

Opini pribadi dan dokumentasi milik pribadi
Diubah oleh abellacitra 19-02-2020 11:20
embunsuci
nona212
RetnoQr3n
RetnoQr3n dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Karesidenan Madiun
Karesidenan Madiun
icon
253Thread373Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.