anggita2208
TS
anggita2208
Makanan yang DIrekomendasikan supaya Cepat Dapat Momongan

Sumber Foto : Shutterstock

emoticon-Kimpoi

Buat kamu yang baru saja melaksanakan pesta pernikahan, pasti sangat ada keinginan untuk cepat memiliki momongan dong. Memang untuk memiliki buah hati sudah menjadi keinginan yang didambakan oleh semua pasangan.
emoticon-Jempol

Biasanya seorang wanita atau bahkan pasangan yang ingin memiliki momongan akan melakukan segalanya untuk mempercepat kehamilan. Mungkin dari datang ke dokter kandungan dan melakukan konsultasi sampai dengan usaha untuk melengkapi berbagai nutrisi dan gizi dalam tubuh.


Sumber Foto : Shutterstock

emoticon-Peluk

Thomas Chayadi adalah seorang dokter spesialis kandungan. Dia berkata demi mempercepat kehamilan, seorang wanita yang sudah menikah atau ibu harus mengonsumsi asupan makan yang mengandung makronutrien dan mikronutrien secara seimbang. Makronutrien yang dimaksud disini adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Kalau mikronutrien adalah asam folat, vitamin D, dan zat besi.

“Untuk vitamin D memang agak susah dari makanan. Sebenarnya kita hidup di negara tropis, kaya akan sinar matahari tapi orang tidak suka kena sinar matahari,” ucap Thomas Chayadi ketika ditelepon oleh CNNIndonesia.compada hari Minggu, 16 Februari.
emoticon-Matabelo

Sebenarnya kamu yang tinggal di daerah tropis, dimana sinar matahari mudah didapat, harus bersyukur. Kandungan vitamin D ini bisa didapat melalui sinar matahari. Tetapi, kalau memang kamu tidak suka dengan sinar matahari, maka bisa menggunakan suplemen vitamin D yang mengandung 1000 IU. Selain itu, vitamin D ini juga bisa digunakan untuk membentuk sel telur dalam tubuh.

Selain usaha-usaha di atas, masih ada daftar makanan yang bisa dijadikan sebagai asupan makanan untuk mempercepat kehamilanmu.
emoticon-Salam Kenal
Oat
Pasti sudah tidak asing untuk kamu. Oat adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Selain di oat, kandungan karbohidrat ini juga bisa didapat di sereal, kentang, dan biji-bijian. Namun, kualitas dan kuantitas karbohidrat yang dikonsumsi memiliki pengaruh di metabolism dan sesitivitas insulin, kata Thomas Chayadi. Saran dari dokter ini adalah supaya kamu bisa mengontrol karbohidrat sederhana dan yang mengandung indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, kue, atau roti putih yang dikonsumsi.
“Ini berisiko timbul gangguan ovulasi. Konsumsi serat berlebih, lebih dari 22 gram per hari, juga dapat mengganggu ovulasi,” tambahnya lagi.

Kacang-kacangan
“Asupan sumber protein bisa divariasi. Misal daging merah, itu zat besinya juga bagus. Kemudian ikan. Ikan juga mengandung omega 3 dan omega 6. Intinya, mendapat makronutrien dan mikronutrien,” kata Thomas lagi.
Mengonsumsi makanan yang mengandung protein sangat diperlukan karena memiliki pengaruh pada fungsi reproduksi. Nah, kacang-kacangan ini lah bisa menambah asupan protein tubuh. Selain kacang-kacangan juga bisa mengonsumsi daging sapi, ikan, dan daging ayam.

Alpukat
Kandungan lemak juga diperlukan untuk mempercepat kehamilan. Tetapi dengan catatan tidak bisa sembarang lemak. Kata Thomas, asam lemak yang tidak jenuh ganda menjadi yang pertama untuk dikonsumsi, karena lemak ini bisa digunakan untuk memperbaiki proses pembetukan sel telur. Nah, kandungan lemak ini bisa didapat dari alpukat, minyak zaitun, salmon, dan kacang-kacangan.
Makanan yang cepat saji sudah pasti mengandung lemak trans, seperti ayam goreng yang bermentega, sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu fungsi ovulasi dan meningkatkan resistensi insulin.

Sayuran hijau
Sayuran hijau memang sudah menjadi asupan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, lebih baik, sayuran hijau masukkan ke dalam menu asupan makanan untuk dikonsumsi. Perlu diketahui bahwa sayuran hijau ini memiliki kandungan asam folat. Kalau kandungan asam folat yang ada di tubuhmu rendah, maka pembelahan sel akan kurang baik, aka nada peningkatan kadar stres yang oksidatif, bahkan bisa menyebabkan kematian sel.
Makanan yang mengandung folat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah bit juga bisa dikonsumsi. Selain itu, kalau kamu mau, kamu bisa menambahkan atau melengkapi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, sebelum hamil maupun ketika hamil.

Daging merah
Lagi-lagi zat besi yang menjadi kandungan terpenting. Makanan yang mengandung zat besi ternyata sangat diperlukan tubuh untuk proses ovulasi. Salah satu makanannya adalah daging merah. Zat besi yang terdapat pada daging merah sangat mudah untuk diserap oleh tubuh.
“Sayuran juga mengandung zat besi, tapi dari segi penyerapan, zat besi dari daging merah lebih mudah diserap,” penjelasan Thomas Chayadi.
Memang sudah banyak terjadi, bahwa wanita yang mengalami gangguan pada kesuburan itu karena kondisi anemia, karena kandungan zat besi dan kadar ferritin dalam tubuh yang rendah.


Perhatikan apa saja yang menjadi hal terpenting untuk tubuh kalau ingin memiliki momongan ataupun ketika sedang mengandung ya guys!

GOOD LUCK!!!

emoticon-Kissemoticon-Baby Boy 1

Gimi96amyjk02tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.4K
10
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Women’s Health
Women’s Health
icon
1.4KThread4.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.