News
Batal
KATEGORI
link has been copied
170
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4cffb382d49569c60d0271/muhadjir-effendy-usulkan-fatwa-orang-kaya-nikahi-orang-miskin
Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berbincang saat mengikuti rapat kerja gabungan dengan DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020.
Lapor Hansip
19-02-2020 16:28

Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin

Past Hot Thread
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berbincang saat mengikuti rapat kerja gabungan dengan DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020. Rapat kerja gabungan Komisi II, VIII, IX, dan XI DPR RI dengan Pemerintah tersebut membahas pembiayaan selisih biaya kenaikan iuran BPJS Kesehatan bagi peserta bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja (BP) Kelas III, serta membahas permasalahan data peserta penerima bantuan Iuran (PBI), membahas peran serta pemerintah daerah dalam program JKN. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengusulkan kepada Menteri Agama Fachrul Razi agar menerbitkan fatwa tentang pernikahan antartingkat ekonomi. Menurut dia hal ini bisa mencegah peningkatan angka kemiskinan.

Menurut Muhadjir, ada ajaran agama yang kadang-kadang disalahtafsirkan. Di antaranya mencari jodoh yang setara. “Apa yang terjadi? Orang miskin cari juga sesama miskin, akibatnya ya jadilah rumah tangga miskin baru, inilah problem di Indonesia.” Sehingga ia menyarankan Menteri Agama membuat fatwa. “Yang miskin wajib cari yang kaya, yang kaya cari yang miskin," tutur Muhadjir dalam sambutannya di Rapat Kerja Kesehatan Nasional di Jiexpo, Kemayoran, Jakartq, Rabu 19 Februari 2020.

Mulanya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memaparkan daya angka rumah tangga miskin di Indonesia yang telah mencapai 5 juta keluarga. Dia menyebut meningkatnya angka kemiskinan juga linier dengan meningkatnya penyakit seperti kerdil atau stunting. "Rumah tangga Indonesia 57.116.000, yang miskin 9,4 persen sekitar 5 juta, kalau ditambah status hampir miskin itu 16,8. persen itu sekitar hampir 15 juta." 

Sebagai solusinya, Mantan Mendikbud itu memintan Menag Fahrul Razi untuk menerbitkan fatwa yang mengharuskan orang miskin menikah dengan orang kaya, begitu pun sebaliknya.

Muhadjir Effendy juga terus menginisiasi wacana sertifikasi pranikah agar tidak memunculkan keluarga miskin baru di Indonesia. Program ini menurutnya sudah diterapkan di Korea, Malaysia, dan Singapura. Pasangan yang belum kuat secara ekonomi harus melalui program kartu prakerja yang dicanangkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. “Tujuannya agar setelah menikah mereka menjadi rumah tangga yang mapan secara ekonomi.”

sumber

jaman Orla: Kaya harus kerja keras

jaman Orba: Kaya harus kerja cerdas

jaman now: Kaya harus nikah sama orang kaya

emoticon-Ngakak

Ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan loh yang bilang.

Artinya dia bertugas menciptakan manusia-manusia Indonesia yang mempunyai pemikiran maju serta berbudaya. Loh hasilnya kok malah kayak begini.

Atau mungkin dia sadar bahwa budaya asli sini adalah budaya kimpoi. Yang doyan kimpoi pastinya adalah orang-orang berduit emoticon-Big Grin

Orang pola pikir kayak gini di Singapura cuma jadi tukang sapu jalanan. Di Jepang cuma jadi tukang lap kaca perkantoran. Di Amerika Serikat cuma jadi tukang bersih-bersih kandang ternak. Cuma di sini orang pola pikir kayak gini dijadikan orang penting bergaji besar dan bertunjangan besar.

Pakdhe kenal di mana sih sama nih mentri? emoticon-Ngakak (S)

Gak kebayang gua jadi keluarganya. Tiap kumpul keluarga pasti yang diomongin cuma kimpoi MATERI kimpoi MATERI


emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 18:31
mentalnya jadi kyk pengemis gitu ya.

yang miskin males kerja jadi kaya,jadi cari orang kaya buat dinikahi atau di ajak nikah.

sedangkan yang kaya harus di bodohi,biar menikah sama yang miskin.

seharusnya sih hak milih sendiri,mau kaya atau miskin nikahnya.
profile-picture
cotwag memberi reputasi
1 0
1
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 18:56
Quote:Original Posted By barulangit
mungkin mau ngikutin gaya millenial yang biasa mendobrak..tapi malah anehemoticon-Big Grin
dulu sampai sekarang yang ditanamkan nenek moyang soal jodoh selalu begini:
* bibit
* bebet
* bobot
..tradisinya mau didobrak?? bisa gitu mendobrak?
terus ada pepatah yang sudah tersebar cukup luas di masyarakat:
hari ini harus lebih baik dari kemarin dan esok harus lebih dari hari ini
..masih mau dobrak juga tradisinya??


ngeri gan emoticon-Ngakak emoticon-Matabelo emoticon-Cape d... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 18:58
Quote:Original Posted By wanjembooood
Yg miskin dpt org kaya enak, yg kaya gimana dong ? emoticon-Traveller


Yang kaya mah gak pandang miskin atau ngga yang penting cantik,emoticon-Hansip
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 19:03
Masalahnya yang kaya banyak yang gak suka sama orang miskin ...
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 19:22
ga segampang itu kalii. yg kaya sm kaya, miskin sm miskin juga pengaruh kebiasaan dan gaya hidup. itu yg bikin mereka merasa cocok. kalo yg kaya sm yg kismin ya gak sesuai lahh. meski ada juga yg gitu tp jarang.
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 19:45
makannya orang orang pinter indonesia ngabisin masa produktifnya di luar negri
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 20:13
indonesia kok penyelenggara negara nya gini gini amat ya.
gelar professor tapi pemikiranya kaya pendidikan sd.
ane semakin yakin negara kita bakal makin ketinggalan sama negara asean yang lain
Diubah oleh anti.suap
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 20:33
untung gue kapir
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 21:12
Kebijakan sekarang kok rada aneh-aneh, apa karena memang kurang ada kerjaan ya, jadinya bingung apa yang mau di kerjain. sebenernya sih bagus juga usulannya, namun untuk masalah suka dan juga cinta itu kan nggak bisa dipaksakan dan terjadi begitu saja secara almiah.
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 21:35
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 22:05
Fatwa apaan nih.. nikah kok diatur2 hmm
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 22:18
Ini yang jadi menteri pendidikan periode kemaren, yang katanya jaman revolusi mental, yang gantiin menteri yang katanya ga bisa kerja..
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1 0
1
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
20-02-2020 23:48
Quote:Original Posted By siloh
iyahh tiap hari baca berita aneh emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


dan pasti akan terus berlanjut emoticon-Cape d... emoticon-2 Jempol
Diubah oleh navicchan
profile-picture
siloh memberi reputasi
1 0
1
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
21-02-2020 05:12
uwawww emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
21-02-2020 11:03
Salah alamat ini orang, yang buat fatwa kan ulama bukan kementrian agama emoticon-Wkwkwk

Lagian kayak gak ada kerjaan lain aja, ngurusin urusan pribadi orang lain emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
21-02-2020 11:07
ingin nikah itu jelaslah cari yang terbaik pak, bibit bebet bobot..itu hak seseorang apakah dia mau cari yang sosial & ekonominya sepantar, pintar, cantik. semua orang pst ingin dapat yang terbaik, ga bisa negara ikut campur urusan nikah karena alasan menekan kesenjangan ekonomi..

orang ekonomi bawah dinikahkan org kaya sih pasti senangnya luar biasa, tapi jika posisinya dibalik, kira2 org kaya itu senang tidak nikah sama org ekonomi bawah? kalo bukan cinta yang tulus, kayaknya hal itu tak akan pernah terjadi.

bagaimana dgn orang yang berkekurangan fisik dan mental?? apakah bapak ingin mengusulkan orang normal harus nikah dgn org yg kekurangan fisik & mental ini dgn alasan memperbaiki keturunan supaya melahirkan anak/generasi yang normal dan sehat?? bapak harus adil juga ama org yg berkekurangan ini. semua org berhak mendapatkan kebahagiaan.
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1 0
1
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
21-02-2020 12:30
Lah keluarganya dia aja, atau sanak saudaranya aja nikah pasti sesama orang kaya kan? Praktekin dulu di keluarganya baru buat aturan hahahaha...
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1 0
1
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
21-02-2020 13:26
Bikin guyonan/jokes boleh cuma dilihatlah kapasitasnya sebagai menteri, bukan cuma sekadar forum atau lingkup khotbah rumah ibadah yang kalangan sendiri.
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
21-02-2020 22:25
hmmm apa pentingnya coba
tp gw jadi mikir kalo diketok nih aturan kira-kira suami gw anak konglomerat mana haha
0 0
0
Muhadjir Effendy Usulkan Fatwa Orang Kaya Nikahi Orang Miskin
21-02-2020 22:32
Aneh yaa aturannya hmmmm
0 0
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia