• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Berhenti Mengharapkan Belas Kasihan Orang Lain Jika Tidak Ingin Mendapat Kekecewaan

Katakhoi
TS
Katakhoi
Berhenti Mengharapkan Belas Kasihan Orang Lain Jika Tidak Ingin Mendapat Kekecewaan


Selamat pagi kaskuser dan pembaca setia akun Katakhoi. Semoga segala duka yang masih tersisa hari ini secepatnya lekas tiada. Seperti biasa, jangan lupa ucap syukur lebih dulu.

Terlahir sebagai makhluk sosial tentunya tidak akan pernah cukup untuk hidup sendiri. Juga sebagai manusia kita akan saling membutuhkan dengan manusia lainnya. Baik itu untuk saling meringankan beban, mencapai tujuan, menghilangkan kesusahan, dan masih hal lainnya yang menjadi problema dalam kehidupan ini.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata di balik kata, "Makhluk sosial" tidak ada satu pun manusia yang merasa senang saat direpotkan. Misal, saat kamu membutuhkan bantuan seseorang untuk membantu meringankan bebanmu, mereka yang kamu pinta bantuannya tidak menjamin akan membantumu. Dan jika kamu hanya berdiam diri menunggu orang lain membantumu, ketahuilah, itulah yang namanya sebuah kesia-siaan paling nyata. Mengharapkan belas kasihan dari orang lain resikonya akan lebih besar dan tingkat kekecewaan yang kamu dapatkan akan jauh lebih tinggi.




Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan di bawah ini tentang 4 hal yang harus kamu ingat saat mengharapkan belas kasihan dari orang lain jika tidak ingin mendapat kekecewaan.

1. Jika masih bisa dilakukan sendiri maka lakukanlah



Saat kamu sedang berada dalam sebuah masalah, saat kamu sedang merasa kesusahan—ketahuilah, tidak akan ada orang lain yang akan membantumu kecuali dirimu sendiri. Ingat, kamu lah pengendali terbesar atas dirimu sendiri, kamu lah kekuatan terbesar atas dirimu sendiri. Jika masih bisa dilakukan dan diselesaikan sendiri, maka selesaikan saja sendiri. Mengharapkan belas kasihan dari orang lain pada akhirnya hanya membuatmu menunggu—dipenuhi keresahan—dan akhirnya kekecewaan yang kamu dapatkan.

2. Mengharapkan belas kasihan dari orang lain akan begitu rawan mendapat kekecewaan



Di dunia ini tidak ada seorang pun yang bisa menjamin untuk memberikan bantuan kepadamu. Saat kamu berharap dikasihani oleh orang lain maka ada dua kemungkinan yang akan kamu dapatkan: dibantu dan dihiraukan. Namun, seperti yang kamu tahu bahwa orang lain juga pasti mempunyai kesibukan dan tentunya masalahnya masing-masing. Jangankan untuk membantumu, membantu dirinya sendiri saja dalam masalahnya belum bisa. Jadi, berhenti mengarapkan belas kasihan dari orang lain jika kamu tidak ingin mendapat kekecewaan.

3. Berikan dirimu kepercayaan sepenuhnya



Sebenarnya saat kamu sedang berada dalam sebuah masalah dan kesulitan, hanya dua hal yang kamu butuhkan: cinta dari dirimu untuk dirimu sendiri dan semangat dari dirimu untuk dirimu sendiri. Berikan kepercayaan sepenuhnya pada dirimu agar bisa menyelesaikan semuanya tanpa bantuan dan mengharapkan belas kasihan dari orang lain. Kamu lah yang paling tahu apa yang kamu butuhkan. Dan ketahuilah, saat kamu memberi kepercayaan penuh pada dirimu sendiri, saat itulah kekuatan terbesar telah kamu dapatkan. Memang tidak mudah untuk mencobanya, namun itu untuk kebaikan dirimu sendiri. Maka dari itu cobalah mulai dari hari ini.

4. Mengharapkan belas kasihan dari orang lain hanya membuang-buang waktumu saja



Jika kamu siap menerima segala resiko dan siap mendapat kekecewaan karena mengharapkan bantuan atau belas kasihan dari orang lain, maka lakukanlah. Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa saat kamu menunggu orang lain membantumu, saat itu juga sebenarnya ada kesempatan yang kamu sia-siakan untuk membantu dirimu sendiri.

Orang lain tidak akan pernah bisa menjamin untuk membantumu, orang-orang terdekatmu saja belum tentu mau membantumu. Dan saat kamu menunggu orang lain membantumu, lalu pada akhirnya mereka tidak bisa membantumu—kamu bisa membayangkan antara kekecewaan yang kamu dapatkan dan sebuah penungguan yang hanya membuang-buang waktumu saja, itu adalah salah satu bukti bahwa betapa rawannya relita menyita air mata.

Nah, seperti itulah penjelasan dari 4 hal yang harus kamu ingat baik-baik saat mengharapkan belas kasihan dari orang lain jika kamu tidak ingin mendapat kekecewaan. Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa menyelesaikan segala kesulitan itu sendiri tanpa meminta bantuan dari orang.


Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar:
Cover
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
ejawahyuni90tata604lina.wh
lina.wh dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.5K
82
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.