Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
395
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4a52ce4601cf14cf51d727/ustadz-kok-gitu-amat-atau-cuma-karbitan
Selain pernah mengalami swasembada beras di era kepemimpinan Soeharto, beberapa waktu tahun yang lalu Indonesia juga sempat mengalami yang namanya 'swasembada ustad'. Karena dalam rentang waktu 5 hingga 12 tahun terakhir Indonesia benar-benar kebanjiran ustadz-ustadz kondang yang konon diproduksi oleh media.
Lapor Hansip
17-02-2020 15:46

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Selain pernah mengalami swasembada beras di era kepemimpinan Soeharto, beberapa waktu tahun yang lalu Indonesia juga sempat mengalami yang namanya 'swasembada ustad'.

Karena dalam rentang waktu 5 hingga 12 tahun terakhir Indonesia benar-benar kebanjiran ustadz-ustadz kondang yang konon diproduksi oleh media.

Sebagai seorang muslim saya sendiri merasa bingung dan tidak tahu. Entah harus bangga atau merasa sedih dengan 'swasembada ustad' tersebut.....

Terlebih mereka yang sempat menjadi ustadz kondang itu kini hilang begitu saja entah kemana?

Kesedihan saya sejujurnya bukan karena mereka yang mengaku ustadz itu sekarang menghilang bak ditelan bumi. Tapi sedih karena merasa ustadz kok gitu amat?


Tentunya kita mungkin masih ingat dengan boomingnya ustadz dan ustadzah (seleb) dadakan hasil bentukan media. Beberapa diantaranya adalah :

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ustadz nganu yang istrinya artis yang jika ceramah selalu minta tarif tinggi. Pernah mau digebukin warga dan juga pernah bermasalah dengan TKI di Hongkong.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Lalu si nganu yang suka manggil jamaah oooough jama'aaaah.....

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ada juga si nganu yang mantan pemain film dan sinetron tetiba jadi ustadzah.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Lalu adalagi si nganu yang mengaku bisa mengobati penyakit dengan cara rukyah tapi ujung-ujungnya nipu kemudian di penjara........

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ada lagi si nganu yang tidak tahu pernah mondok dimana tetiba dengan entengnya mengatakan bahwa ada pesta sex di surga.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Kemudian ada lagi si nganu yang tempramental yang pernah menganiaya dan menginjak kepala orang.....

Dan beberapa nama lainnya yang malas saya sebutkan satu persatu. Belum lagi dengan munculnya fenomena da'i karbitan "cap kampak beracun" yang kerap mengaku sebagai mantan ini dan itu.

Serius mereka ustadz?

Beberapa nama yang saya sebut di atas oleh sebagian kecil penggemarnya disebut sebagai "ustadz". Entahlah ustadz apaan namanya?

Dan entah kenapa juga, saya kok, merasa geli jika mereka disebut sebagai ustadz.....

Ajaibnya mereka semua tiba-tiba menghilang begitu saja entah dimana sekarang? Sudah tidak laku atau emang ganti profesi?

emoticon-DP

Karena menurut pemahaman saya yang faqir ilmu ini, bukankah yang layak dan pantas diberi gelar ustadz itu adalah mereka yang jelas bagaimana latar belakang, sanad, dan keilmuannya?

Bagi saya, ustadz itu harus tawadhu dan berilmu (alim). Selain menguasai Al Quran dan hadist, seorang ustadz juga harus bisa memahami puluhan bahkan ratusan kitab-kitab tentang akidah, hukum-hukum Islam (fiqih), adab dan etika, serta disiplin ilmu lainnya sebagai perbandingan.

Dan itu semua tidak bisa dipelajari secara instan melalui Google apalagi Youtube. Butuh waktu bertahun-tahun bahkan tak berbatas.

Dan untuk bisa menguasai semua itu dibutuhkan banyak guru (ulama atau kyai) yang jelas, yang sholeh, yang tawadhu dan mumpuni di bidangnya.


Pertanyaannya adalah, apakah ustadz-ustadz dadakan yang menurut saya lebih pantas disebut selebritis itu pernah belajar sampai tamat kitab Al-Ajurumiyah, Amtsilah At-Tashrifiyah, Mushtholah Al-hadits, Arba’in Nawawi, Arba’in Nawawi, Fathul Qorib, Tausyaikh, Fathul Mu’in, Riyadhus Sholihin, Al-Adzkar, Minhajut Tholibin, Syarh Muslim, dan segudang kitab njlimet lainnya?

Sekali lagi saya tanya, pernahkah mereka membacanya? Dan jika kitab-kitab klasik di atas itu dianggap sangat berat, maka setidaknya mereka yang mengaku ustadz dan ustadzah ini bisa membaca "Juzz Amma" dengan qiroah, tajwid, dan makhroj yang benar.......


Fenomena Ustadz Produk Google & Trend Hijrah

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Fenomena banjir ustadz dan ustadzah dadakan ini memang agak dilema. Di satu sisi ini menunjukan adanya peningkatan kuantitas jumlah para da'i dan jemaah. Terlebih mereka yang mengaku ustadz ini menyasar kalangan remaja dan anak-anak gaul yang katanya sedang dalam proses hijrah.

Tapi karena prosesnya sangat instan, maka tak heran jika kita kerap mendengar berita di media tentang seseorang yang ujug-ujug pakai jilbab lalu melepasnya lagi.

Ada juga beberapa artis sensasional yang hanya karena sedang terbawa suasana lalu nekat berangkat umroh. Pulang umroh pakai jilbab dan pakaian syar'i. Tapi sebulan kemudian pake bikini dan pamer aurat lagi......

Demi Allah, bukan karena saya benci kepada mereka yang hijrah atau mereka yang mengaku ustadz (hasil polesan media). Saya cuma merasa kasihan, kok, bisa ustadz dibuat dengan cara instan? Kok bisa hijrah tapi gak kaffah?

Asal bisa ngomong "Subhanallah, Walhamdulillah, Walaila Hailallah" lalu sudah merasa pantas disebut ustadz?

Apa hanya karena pernah mengisi acara televisi di bulan Ramadhan lalu boleh dipanggil ustadz?

Apa hanya karena pernah sekolah di perguruan tinggi Islam selama 5 tahun lalu merasa lebih tinggi ilmunya dibanding Kyai Idrus Romli, Gus Baha, Emha Ainun Nadjib, Ustadz Adi Hidayat hingga Ustadz (beneran) Abdul Somad?

Apa hanya karena memiliki 20 orang jemaah lantas merasa dirinya ustadz?

Apa hanya karena modal jenggot dan sorban merek nganu lalu bisa disebut ustadz?



Saya kok curiga, jangan-jangan mereka yang mengaku ustadz (seleb) itu tidak pernah mengenal apalagi mempelajari yang namanya kitab "Taklim al-Muta’allim" apalagi "Ihya Ulumuddin". Sehingga tidak heran jika ada orang yang mengaku ustadz tapi akhlaqnya bobrok....

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Masa ada ustadz kondang dipenjara gara-gara menganiaya?

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Masa ustadz jebolan tivi memelintir dan menginjak kepala orang di atas panggung. Ustadz kok gitu amat?

Jika memang demikian maka saya juga tidak heran jika ada ustadz yang masih bisa berbohong kepada jemaahnya. Pantas saja jika ada ustadz yang mau digebuki oleh jemaah di Anyer karena dengan sengaja memperlambat jadwal ceramahnya......

Atau pantas saja jika ada ustadz yang dengan sengaja mencari uang dengan memasang tarif setinggi langit. Belum lagi fenomena ustadz yang banyak pamer tentang harta dan istri-istrinya yang mantan artis atau sok ngartis.

Dan yang paling menjijikan adalah mereka yang mengaku ustadz tapi kerjaannya sibuk mencari subscriber dan like di media sosial......


Dan saya yakin, para jemaah yang hadir bukan untuk mendengarkan tausyiahnya, melainkan hanya sekedar ingin melihat dari dekat wajah sang ustadz yang kerap muncul di televisi..........

Ustad dan Kyai beneran

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Bagi saya, mereka yang layak dan paling pantas disebut sebagai ustadz atau ulama adalah mereka yang menghindari politik praktis dan nafsu duniawi sebagai alat mencari uang dan kekuasaan.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Mereka yang layak dilabeli ustadz adalah mereka yang konsisten serta fokus mengurus umat dan santrinya agar menjadi manusia yang berakhlak dan berilmu. Sehingga bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, bangsa dan agamanya......

Ustadz asli adalah orang alim yang jelas latar belakang pendidikan agamanya, juga jelas siapa gurunya......

Ustadz beneran adalah mereka yang dekat dengan santri dan masyarakat......

Dan yang terakhir, ustadz beneran adalah ustadz yang senantiasa sowan kepada para ulama besar untuk terus mengaji dan menderas ilmunya. Itulah makanya ustadz beneran setiap harinya selalu berada di majelis-majelis ilmu. Bukan ngeksis di televisi atau pamer istri dan kekayaan.......


Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Semoga Allah SWT, senantiasa memuliakan dan menempatkan guru-guru alim di tempat yang terbaik.

Wabil khusus kepada Syekh Nawawi Al-Bantani (Banten), Syekh Asnawi (Caringin-Banten), Alm. Syekh Cholil (Madura) Alm. KH. Hasyim Asyari (Jombang) Alm. KH. Ahmad Dahlan (Sumbar), Alm. Abuya Dimyati (Pandeglang), Alm. kyai Abdurahman Wahid (Jombang), Alm. Gus Ma'syum (Kediri), Alm. kyai Maimoen Zubair (Rembang), Alm. kyai Abdul Hamid Hasbullah (Tambak Beras), Alm.Aki Fuad (Pandeglang).

Serta nama lainnya yang dimuliakan Allah SWT dan dicintai umat..........






Saya, napelogini.........Terima kasih

Photo : Google

Diubah oleh napelogini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eni050885 dan 177 lainnya memberi reputasi
168
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 16 dari 17
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 12:31
Kalo ajarannya melulu kebencian dan kekerasan ya wajar kalo pengikutnya bangsad2.
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
1 0
1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 12:49
sepertinya memang ustadz2 dadakan kaya gitu, memang sudah sepatutnya dilakukan pengecekan dan uji kelayakan deh
karena untuk hal kaya gitu (banjir job karena pinter akting didepan kamera, bukan dari kedalaman ilmu agamanya), justru kasian ga sih untuk yang memang ustadz sebenar2nya?
Mereka yang punya kapasitas untuk menyiarkan dan mengajarkan agama, mereka yang sekolah jauh2 ampe ke Timur Tengah, menimba ilmu sebanyak2nya, tapi ga punya porsi lebih selayaknya seleb2 (ustadz dadakan) di TV
profile-picture
napelogini memberi reputasi
1 0
1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 12:53
Da'i cap kampak beracun
Auto mikir apaan!
Dan ternyata emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
napelogini dan penyukabiru memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 14:10
yang ane gak suka itu kalau ngaku ustadz tapi gak membikin suasana adem, ustadz gak mengkaji persoalan agama, beramal baik, Sunnah, tapi malah yang dibahas urusan dunia terus.
profile-picture
profile-picture
napelogini dan penyukabiru memberi reputasi
2 0
2
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 18:09
ijin ninggalin jejak dah, trit keren gan
profile-picture
profile-picture
napelogini dan penyukabiru memberi reputasi
2 0
2
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 18:12
menjual itu karena ada yang mau beli gan, kalo gak ada pembeli udah lama bangkrut emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
napelogini dan penyukabiru memberi reputasi
2 0
2
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
21-02-2020 00:19
udah biarin aja, dari pada dia berorasi dan berpanas di monas cuma buat ngerebutin nasi sebungkus emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
napelogini dan penyukabiru memberi reputasi
2 0
2
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
21-02-2020 00:25
gue cuma demen ceramah nya ustadz adi Hidayat.
profile-picture
napelogini memberi reputasi
1 0
1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
21-02-2020 04:07
Dan entah kenapa juga, saya kok, merasa geli jika mereka disebut sebagai ustadz..... <<<< ane sependapat ama kalimat ente yg ini
profile-picture
napelogini memberi reputasi
1 0
1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
21-02-2020 14:20
soale kunci surga di pegang sama kadrun mbah,,,
jadi kl di kaum mereka pake peci, jubah auto ustad dan bisa lsg tau posisi orang d neraka atau d surga

emoticon-Motret emoticon-Menang emoticon-DP emoticon-Ultah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
22-02-2020 18:36
Quote:Original Posted By napelogini
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Selain pernah mengalami swasembada beras di era kepemimpinan Soeharto, beberapa waktu tahun yang lalu Indonesia juga sempat mengalami yang namanya 'swasembada ustad'.

Karena dalam rentang waktu 5 hingga 12 tahun terakhir Indonesia benar-benar kebanjiran ustadz-ustadz kondang yang konon diproduksi oleh media.

Sebagai seorang muslim saya sendiri merasa bingung dan tidak tahu. Entah harus bangga atau merasa sedih dengan 'swasembada ustad' tersebut.....

Terlebih mereka yang sempat menjadi ustadz kondang itu kini hilang begitu saja entah kemana?

Kesedihan saya sejujurnya bukan karena mereka yang mengaku ustadz itu sekarang menghilang bak ditelan bumi. Tapi sedih karena merasa ustadz kok gitu amat?


Tentunya kita mungkin masih ingat dengan boomingnya ustadz dan ustadzah (seleb) dadakan hasil bentukan media. Beberapa diantaranya adalah :

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ustadz nganu yang istrinya artis yang jika ceramah selalu minta tarif tinggi. Pernah mau digebukin warga dan juga pernah bermasalah dengan TKI di Hongkong.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Lalu si nganu yang suka manggil jamaah oooough jama'aaaah.....

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ada juga si nganu yang mantan pemain film dan sinetron tetiba jadi ustadzah.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Lalu adalagi si nganu yang mengaku bisa mengobati penyakit dengan cara rukyah tapi ujung-ujungnya nipu kemudian di penjara........

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ada lagi si nganu yang tidak tahu pernah mondok dimana tetiba dengan entengnya mengatakan bahwa ada pesta sex di surga.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Kemudian ada lagi si nganu yang tempramental yang pernah menganiaya dan menginjak kepala orang.....

Dan beberapa nama lainnya yang malas saya sebutkan satu persatu. Belum lagi dengan munculnya fenomena da'i karbitan "cap kampak beracun" yang kerap mengaku sebagai mantan ini dan itu.

Serius mereka ustadz?

Beberapa nama yang saya sebut di atas oleh sebagian kecil penggemarnya disebut sebagai "ustadz". Entahlah ustadz apaan namanya?

Dan entah kenapa juga, saya kok, merasa geli jika mereka disebut sebagai ustadz.....

Ajaibnya mereka semua tiba-tiba menghilang begitu saja entah dimana sekarang? Sudah tidak laku atau emang ganti profesi?

emoticon-DP

Karena menurut pemahaman saya yang faqir ilmu ini, bukankah yang layak dan pantas diberi gelar ustadz itu adalah mereka yang jelas bagaimana latar belakang, sanad, dan keilmuannya?

Bagi saya, ustadz itu harus tawadhu dan berilmu (alim). Selain menguasai Al Quran dan hadist, seorang ustadz juga harus bisa memahami puluhan bahkan ratusan kitab-kitab tentang akidah, hukum-hukum Islam (fiqih), adab dan etika, serta disiplin ilmu lainnya sebagai perbandingan.

Dan itu semua tidak bisa dipelajari secara instan melalui Google apalagi Youtube. Butuh waktu bertahun-tahun bahkan tak berbatas.

Dan untuk bisa menguasai semua itu dibutuhkan banyak guru (ulama atau kyai) yang jelas, yang sholeh, yang tawadhu dan mumpuni di bidangnya.


Pertanyaannya adalah, apakah ustadz-ustadz dadakan yang menurut saya lebih pantas disebut selebritis itu pernah belajar sampai tamat kitab Al-Ajurumiyah, Amtsilah At-Tashrifiyah, Mushtholah Al-hadits, Arba’in Nawawi, Arba’in Nawawi, Fathul Qorib, Tausyaikh, Fathul Mu’in, Riyadhus Sholihin, Al-Adzkar, Minhajut Tholibin, Syarh Muslim, dan segudang kitab njlimet lainnya?

Sekali lagi saya tanya, pernahkah mereka membacanya? Dan jika kitab-kitab klasik di atas itu dianggap sangat berat, maka setidaknya mereka yang mengaku ustadz dan ustadzah ini bisa membaca "Juzz Amma" dengan qiroah, tajwid, dan makhroj yang benar.......


Fenomena Ustadz Produk Google & Trend Hijrah

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Fenomena banjir ustadz dan ustadzah dadakan ini memang agak dilema. Di satu sisi ini menunjukan adanya peningkatan kuantitas jumlah para da'i dan jemaah. Terlebih mereka yang mengaku ustadz ini menyasar kalangan remaja dan anak-anak gaul yang katanya sedang dalam proses hijrah.

Tapi karena prosesnya sangat instan, maka tak heran jika kita kerap mendengar berita di media tentang seseorang yang ujug-ujug pakai jilbab lalu melepasnya lagi.

Ada juga beberapa artis sensasional yang hanya karena sedang terbawa suasana lalu nekat berangkat umroh. Pulang umroh pakai jilbab dan pakaian syar'i. Tapi sebulan kemudian pake bikini dan pamer aurat lagi......

Demi Allah, bukan karena saya benci kepada mereka yang hijrah atau mereka yang mengaku ustadz (hasil polesan media). Saya cuma merasa kasihan, kok, bisa ustadz dibuat dengan cara instan? Kok bisa hijrah tapi gak kaffah?

Asal bisa ngomong "Subhanallah, Walhamdulillah, Walaila Hailallah" lalu sudah merasa pantas disebut ustadz?

Apa hanya karena pernah mengisi acara televisi di bulan Ramadhan lalu boleh dipanggil ustadz?

Apa hanya karena pernah sekolah di perguruan tinggi Islam selama 5 tahun lalu merasa lebih tinggi ilmunya dibanding Kyai Idrus Romli, Gus Baha, Emha Ainun Nadjib, Ustadz Adi Hidayat hingga Ustadz (beneran) Abdul Somad?

Apa hanya karena memiliki 20 orang jemaah lantas merasa dirinya ustadz?

Apa hanya karena modal jenggot dan sorban merek nganu lalu bisa disebut ustadz?



Saya kok curiga, jangan-jangan mereka yang mengaku ustadz (seleb) itu tidak pernah mengenal apalagi mempelajari yang namanya kitab "Taklim al-Muta’allim" apalagi "Ihya Ulumuddin". Sehingga tidak heran jika ada orang yang mengaku ustadz tapi akhlaqnya bobrok....

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Masa ada ustadz kondang dipenjara gara-gara menganiaya?

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Masa ustadz jebolan tivi memelintir dan menginjak kepala orang di atas panggung. Ustadz kok gitu amat?

Jika memang demikian maka saya juga tidak heran jika ada ustadz yang masih bisa berbohong kepada jemaahnya. Pantas saja jika ada ustadz yang mau digebuki oleh jemaah di Anyer karena dengan sengaja memperlambat jadwal ceramahnya......

Atau pantas saja jika ada ustadz yang dengan sengaja mencari uang dengan memasang tarif setinggi langit. Belum lagi fenomena ustadz yang banyak pamer tentang harta dan istri-istrinya yang mantan artis atau sok ngartis.

Dan yang paling menjijikan adalah mereka yang mengaku ustadz tapi kerjaannya sibuk mencari subscriber dan like di media sosial......


Dan saya yakin, para jemaah yang hadir bukan untuk mendengarkan tausyiahnya, melainkan hanya sekedar ingin melihat dari dekat wajah sang ustadz yang kerap muncul di televisi..........

Ustad dan Kyai beneran

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Bagi saya, mereka yang layak dan paling pantas disebut sebagai ustadz atau ulama adalah mereka yang menghindari politik praktis dan nafsu duniawi sebagai alat mencari uang dan kekuasaan.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Mereka yang layak dilabeli ustadz adalah mereka yang konsisten serta fokus mengurus umat dan santrinya agar menjadi manusia yang berakhlak dan berilmu. Sehingga bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, bangsa dan agamanya......

Ustadz asli adalah orang alim yang jelas latar belakang pendidikan agamanya, juga jelas siapa gurunya......

Ustadz beneran adalah mereka yang dekat dengan santri dan masyarakat......

Dan yang terakhir, ustadz beneran adalah ustadz yang senantiasa sowan kepada para ulama besar untuk terus mengaji dan menderas ilmunya. Itulah makanya ustadz beneran setiap harinya selalu berada di majelis-majelis ilmu. Bukan ngeksis di televisi atau pamer istri dan kekayaan.......


Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Semoga Allah SWT, senantiasa memuliakan dan menempatkan guru-guru alim di tempat yang terbaik.

Wabil khusus kepada Syekh Nawawi Al-Bantani (Banten), Syekh Asnawi (Caringin-Banten), Alm. Syekh Cholil (Madura) Alm. KH. Hasyim Asyari (Jombang) Alm. KH. Ahmad Dahlan (Sumbar), Alm. Abuya Dimyati (Pandeglang), Alm. kyai Abdurahman Wahid (Jombang), Alm. Gus Ma'syum (Kediri), Alm. kyai Maimoen Zubair (Rembang), Alm. kyai Abdul Hamid Hasbullah (Tambak Beras), Alm.Aki Fuad (Pandeglang).

Serta nama lainnya yang dimuliakan Allah SWT dan dicintai umat..........






Saya, napelogini.........Terima kasih

Photo : Google



GIBAH
profile-picture
gembogspeed memberi reputasi
0 1
-1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
23-02-2020 14:20
sekarang kayanya gampang banget yaa untuk dapetin gelar 'ustadz'. seakan akan kalau mereka islami, mereka udah bisa di panggil 'ustadz'
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
24-02-2020 22:22
hmm emang susah dah ya perkara ustadz ustadz an ini wkwk kalau ane sih tipe yang cuek bebek ama mereka emoticon-Ngakak
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
25-02-2020 16:22
itu ustadz-ustadzan semua. yang layak disebut ahli ilmu adalah yang berpegang teguh pada Al Qur'an dan As Sunnah berdasarkan pemahaman salafush shalih. bagi mereka yang berpegang teguh pada Al Qur'an dan As Sunnah berdasarkan pemahaman salafush shalih, siapapun dia, insyaallah layak diambil ilmunya
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
26-02-2020 20:12
Coba share pendapat gan...klw KH. Syarif Rahmat SQ. gmn? Atau Buya Yahya?...
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
26-02-2020 20:39
Quote:Original Posted By abi.molay
Klw yg ane tangkap bukan bgtu maksud agan @napelogitu... kayaknya dia membandingkan kitab kuning yg tulisan nya Arab gundul, sedangkan Al-Qur'an ada tanda baca nya, jadi lebih mudah membaca Alqur'an dibanding kitab kuning klasik...sama kayak ane, gak bisa baca tulisan Arab gundulemoticon-Hammer2


Ya brrti itu udh kadaluarsa, yg baru bahkan ada pena suara, supaya lebih memudahkan lagi
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
29-02-2020 08:29
Masih rame ya?
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
02-03-2020 21:25

Quote:Original Posted By abi.molay
Kalau ada syarat, ya harusnya seperti yg di share di atas oleh salah satu agan disini, yaitu menguasai 12 cabang keilmuan Islam, tapi itu kan secara formal ya... karena banyak terjadi di negara kita kondisi nya begini, katakan dalam satu wilayah misalkan setingkat desa/kelurahan, ngga ada ustadz nya yg sesuai kriteria diatas, paling ada juga orang yg pernah nyantri sekiranya paling 5tahun, & dia aktivis masjid, trus sering imam shalat, suka mimpin tahlilan/doa...nah orang yg kaya gitu dipanggil ustadz oleh masyarakat sebagai bentuk penghormatan aja, soalnya klw ngga, kira2 manggil nya apa dong buat ngehormatin dia...nah yg model begini tu banyak di tiap daerah, jadinya panggilan ustadz nya cm sekedar penghargaan/penghormatan doang


iya bener gan.. soalnya emang gaada yang bener2 gitu ya, karena emang ga gampang kan..
ya semoga panggilan ustadz itu ga disalahgunakan aja sih
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
05-03-2020 10:11
Akhirnya nemu trit yang mewakili pikiran ane..sama gan ane juga gak suka ustd yg dibentuk karna media.gak usah ane sebutin.dulu jaman ane mesantren ngaji jurumiyah aja susahnya minta ampun. Apa mereka pernah baca atau pelajari kitab2.atau cuma hapal 1.2 hadist.copas sana sini.modal lucu n ganteng di sukai emak2.mentas mentasbihkan diri jadi ustad.gaya hidup meraka glamour.hedon.suka pamer. Kadang ane ngelus dada.mereka tampil di tv lgsg ganti chanel.
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
06-03-2020 11:29
Yang berlindung dibalik agama demi memuaskan hawa nafsunya akan terbuka dan dipermalukan satu per satu....

Well said, TS. Kegundahan yang sama juga saya rasakan....
Diubah oleh alvi7272
0 0
0
Halaman 16 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia