Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
395
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4a52ce4601cf14cf51d727/ustadz-kok-gitu-amat-atau-cuma-karbitan
Selain pernah mengalami swasembada beras di era kepemimpinan Soeharto, beberapa waktu tahun yang lalu Indonesia juga sempat mengalami yang namanya 'swasembada ustad'. Karena dalam rentang waktu 5 hingga 12 tahun terakhir Indonesia benar-benar kebanjiran ustadz-ustadz kondang yang konon diproduksi oleh media.
Lapor Hansip
17-02-2020 15:46

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Selain pernah mengalami swasembada beras di era kepemimpinan Soeharto, beberapa waktu tahun yang lalu Indonesia juga sempat mengalami yang namanya 'swasembada ustad'.

Karena dalam rentang waktu 5 hingga 12 tahun terakhir Indonesia benar-benar kebanjiran ustadz-ustadz kondang yang konon diproduksi oleh media.

Sebagai seorang muslim saya sendiri merasa bingung dan tidak tahu. Entah harus bangga atau merasa sedih dengan 'swasembada ustad' tersebut.....

Terlebih mereka yang sempat menjadi ustadz kondang itu kini hilang begitu saja entah kemana?

Kesedihan saya sejujurnya bukan karena mereka yang mengaku ustadz itu sekarang menghilang bak ditelan bumi. Tapi sedih karena merasa ustadz kok gitu amat?


Tentunya kita mungkin masih ingat dengan boomingnya ustadz dan ustadzah (seleb) dadakan hasil bentukan media. Beberapa diantaranya adalah :

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ustadz nganu yang istrinya artis yang jika ceramah selalu minta tarif tinggi. Pernah mau digebukin warga dan juga pernah bermasalah dengan TKI di Hongkong.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Lalu si nganu yang suka manggil jamaah oooough jama'aaaah.....

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ada juga si nganu yang mantan pemain film dan sinetron tetiba jadi ustadzah.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Lalu adalagi si nganu yang mengaku bisa mengobati penyakit dengan cara rukyah tapi ujung-ujungnya nipu kemudian di penjara........

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ada lagi si nganu yang tidak tahu pernah mondok dimana tetiba dengan entengnya mengatakan bahwa ada pesta sex di surga.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Kemudian ada lagi si nganu yang tempramental yang pernah menganiaya dan menginjak kepala orang.....

Dan beberapa nama lainnya yang malas saya sebutkan satu persatu. Belum lagi dengan munculnya fenomena da'i karbitan "cap kampak beracun" yang kerap mengaku sebagai mantan ini dan itu.

Serius mereka ustadz?

Beberapa nama yang saya sebut di atas oleh sebagian kecil penggemarnya disebut sebagai "ustadz". Entahlah ustadz apaan namanya?

Dan entah kenapa juga, saya kok, merasa geli jika mereka disebut sebagai ustadz.....

Ajaibnya mereka semua tiba-tiba menghilang begitu saja entah dimana sekarang? Sudah tidak laku atau emang ganti profesi?

emoticon-DP

Karena menurut pemahaman saya yang faqir ilmu ini, bukankah yang layak dan pantas diberi gelar ustadz itu adalah mereka yang jelas bagaimana latar belakang, sanad, dan keilmuannya?

Bagi saya, ustadz itu harus tawadhu dan berilmu (alim). Selain menguasai Al Quran dan hadist, seorang ustadz juga harus bisa memahami puluhan bahkan ratusan kitab-kitab tentang akidah, hukum-hukum Islam (fiqih), adab dan etika, serta disiplin ilmu lainnya sebagai perbandingan.

Dan itu semua tidak bisa dipelajari secara instan melalui Google apalagi Youtube. Butuh waktu bertahun-tahun bahkan tak berbatas.

Dan untuk bisa menguasai semua itu dibutuhkan banyak guru (ulama atau kyai) yang jelas, yang sholeh, yang tawadhu dan mumpuni di bidangnya.


Pertanyaannya adalah, apakah ustadz-ustadz dadakan yang menurut saya lebih pantas disebut selebritis itu pernah belajar sampai tamat kitab Al-Ajurumiyah, Amtsilah At-Tashrifiyah, Mushtholah Al-hadits, Arba’in Nawawi, Arba’in Nawawi, Fathul Qorib, Tausyaikh, Fathul Mu’in, Riyadhus Sholihin, Al-Adzkar, Minhajut Tholibin, Syarh Muslim, dan segudang kitab njlimet lainnya?

Sekali lagi saya tanya, pernahkah mereka membacanya? Dan jika kitab-kitab klasik di atas itu dianggap sangat berat, maka setidaknya mereka yang mengaku ustadz dan ustadzah ini bisa membaca "Juzz Amma" dengan qiroah, tajwid, dan makhroj yang benar.......


Fenomena Ustadz Produk Google & Trend Hijrah

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Fenomena banjir ustadz dan ustadzah dadakan ini memang agak dilema. Di satu sisi ini menunjukan adanya peningkatan kuantitas jumlah para da'i dan jemaah. Terlebih mereka yang mengaku ustadz ini menyasar kalangan remaja dan anak-anak gaul yang katanya sedang dalam proses hijrah.

Tapi karena prosesnya sangat instan, maka tak heran jika kita kerap mendengar berita di media tentang seseorang yang ujug-ujug pakai jilbab lalu melepasnya lagi.

Ada juga beberapa artis sensasional yang hanya karena sedang terbawa suasana lalu nekat berangkat umroh. Pulang umroh pakai jilbab dan pakaian syar'i. Tapi sebulan kemudian pake bikini dan pamer aurat lagi......

Demi Allah, bukan karena saya benci kepada mereka yang hijrah atau mereka yang mengaku ustadz (hasil polesan media). Saya cuma merasa kasihan, kok, bisa ustadz dibuat dengan cara instan? Kok bisa hijrah tapi gak kaffah?

Asal bisa ngomong "Subhanallah, Walhamdulillah, Walaila Hailallah" lalu sudah merasa pantas disebut ustadz?

Apa hanya karena pernah mengisi acara televisi di bulan Ramadhan lalu boleh dipanggil ustadz?

Apa hanya karena pernah sekolah di perguruan tinggi Islam selama 5 tahun lalu merasa lebih tinggi ilmunya dibanding Kyai Idrus Romli, Gus Baha, Emha Ainun Nadjib, Ustadz Adi Hidayat hingga Ustadz (beneran) Abdul Somad?

Apa hanya karena memiliki 20 orang jemaah lantas merasa dirinya ustadz?

Apa hanya karena modal jenggot dan sorban merek nganu lalu bisa disebut ustadz?



Saya kok curiga, jangan-jangan mereka yang mengaku ustadz (seleb) itu tidak pernah mengenal apalagi mempelajari yang namanya kitab "Taklim al-Muta’allim" apalagi "Ihya Ulumuddin". Sehingga tidak heran jika ada orang yang mengaku ustadz tapi akhlaqnya bobrok....

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Masa ada ustadz kondang dipenjara gara-gara menganiaya?

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Masa ustadz jebolan tivi memelintir dan menginjak kepala orang di atas panggung. Ustadz kok gitu amat?

Jika memang demikian maka saya juga tidak heran jika ada ustadz yang masih bisa berbohong kepada jemaahnya. Pantas saja jika ada ustadz yang mau digebuki oleh jemaah di Anyer karena dengan sengaja memperlambat jadwal ceramahnya......

Atau pantas saja jika ada ustadz yang dengan sengaja mencari uang dengan memasang tarif setinggi langit. Belum lagi fenomena ustadz yang banyak pamer tentang harta dan istri-istrinya yang mantan artis atau sok ngartis.

Dan yang paling menjijikan adalah mereka yang mengaku ustadz tapi kerjaannya sibuk mencari subscriber dan like di media sosial......


Dan saya yakin, para jemaah yang hadir bukan untuk mendengarkan tausyiahnya, melainkan hanya sekedar ingin melihat dari dekat wajah sang ustadz yang kerap muncul di televisi..........

Ustad dan Kyai beneran

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Bagi saya, mereka yang layak dan paling pantas disebut sebagai ustadz atau ulama adalah mereka yang menghindari politik praktis dan nafsu duniawi sebagai alat mencari uang dan kekuasaan.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Mereka yang layak dilabeli ustadz adalah mereka yang konsisten serta fokus mengurus umat dan santrinya agar menjadi manusia yang berakhlak dan berilmu. Sehingga bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, bangsa dan agamanya......

Ustadz asli adalah orang alim yang jelas latar belakang pendidikan agamanya, juga jelas siapa gurunya......

Ustadz beneran adalah mereka yang dekat dengan santri dan masyarakat......

Dan yang terakhir, ustadz beneran adalah ustadz yang senantiasa sowan kepada para ulama besar untuk terus mengaji dan menderas ilmunya. Itulah makanya ustadz beneran setiap harinya selalu berada di majelis-majelis ilmu. Bukan ngeksis di televisi atau pamer istri dan kekayaan.......


Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Semoga Allah SWT, senantiasa memuliakan dan menempatkan guru-guru alim di tempat yang terbaik.

Wabil khusus kepada Syekh Nawawi Al-Bantani (Banten), Syekh Asnawi (Caringin-Banten), Alm. Syekh Cholil (Madura) Alm. KH. Hasyim Asyari (Jombang) Alm. KH. Ahmad Dahlan (Sumbar), Alm. Abuya Dimyati (Pandeglang), Alm. kyai Abdurahman Wahid (Jombang), Alm. Gus Ma'syum (Kediri), Alm. kyai Maimoen Zubair (Rembang), Alm. kyai Abdul Hamid Hasbullah (Tambak Beras), Alm.Aki Fuad (Pandeglang).

Serta nama lainnya yang dimuliakan Allah SWT dan dicintai umat..........






Saya, napelogini.........Terima kasih

Photo : Google

Diubah oleh napelogini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eni050885 dan 177 lainnya memberi reputasi
168
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 15 dari 17
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 12:38
Quote:Original Posted By davinof
Ustad ustadan cap kampak beracun itu, kalo dibandingkan ilmunya dengan santri Lirboyo, Tebu Ireng, atau Pondok tengah saja, itu bagaikan bumi dan langit. Apalagi sama Gus Baha atau Idrus Romli.......

Bisa kejang-kejang mereka.....

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Auto mencret om.. 😂😂
profile-picture
napelogini memberi reputasi
1 0
1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 12:43
Quote:Original Posted By adrifebri
gue sih cuman penasaran, para ustadz2 ini, termasuk ustadz Adi Hidayat, ustadz Abdul Somad, profesinya apa ya ?
dapet duit dari mana ya ?
apa boleh, ceramah pake tarif ?
ini nanya beneran, dan pengen diskusi beneran lho ya, gue bukan nge-gas ...... emoticon-Big Grin


Kalo ustad adi hidayat beliau sudah bilang berkali2 di ceramahnya gan, beliau paling ga suka dipakein tarif..
Apalg wktu beliau ceramah di daerah ane, malah beliau yg donasi banyak ke daerah ane, pengajiannya jg dihadiri ribuan jemaah daerah ane..
Menurut ane beliau ustad yg bener2 panutan
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 13:35
Quote:Original Posted By napelogini
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Selain pernah mengalami swasembada beras di era kepemimpinan Soeharto, beberapa waktu tahun yang lalu Indonesia juga sempat mengalami yang namanya 'swasembada ustad'.

Karena dalam rentang waktu 5 hingga 12 tahun terakhir Indonesia benar-benar kebanjiran ustadz-ustadz kondang yang konon diproduksi oleh media.

Sebagai seorang muslim saya sendiri merasa bingung dan tidak tahu. Entah harus bangga atau merasa sedih dengan 'swasembada ustad' tersebut.....

Terlebih mereka yang sempat menjadi ustadz kondang itu kini hilang begitu saja entah kemana?

Kesedihan saya sejujurnya bukan karena mereka yang mengaku ustadz itu sekarang menghilang bak ditelan bumi. Tapi sedih karena merasa ustadz kok gitu amat?


Tentunya kita mungkin masih ingat dengan boomingnya ustadz dan ustadzah (seleb) dadakan hasil bentukan media. Beberapa diantaranya adalah :

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ustadz nganu yang istrinya artis yang jika ceramah selalu minta tarif tinggi. Pernah mau digebukin warga dan juga pernah bermasalah dengan TKI di Hongkong.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Lalu si nganu yang suka manggil jamaah oooough jama'aaaah.....

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ada juga si nganu yang mantan pemain film dan sinetron tetiba jadi ustadzah.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Lalu adalagi si nganu yang mengaku bisa mengobati penyakit dengan cara rukyah tapi ujung-ujungnya nipu kemudian di penjara........

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Ada lagi si nganu yang tidak tahu pernah mondok dimana tetiba dengan entengnya mengatakan bahwa ada pesta sex di surga.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Kemudian ada lagi si nganu yang tempramental yang pernah menganiaya dan menginjak kepala orang.....

Dan beberapa nama lainnya yang malas saya sebutkan satu persatu. Belum lagi dengan munculnya fenomena da'i karbitan "cap kampak beracun" yang kerap mengaku sebagai mantan ini dan itu.

Serius mereka ustadz?

Beberapa nama yang saya sebut di atas oleh sebagian kecil penggemarnya disebut sebagai "ustadz". Entahlah ustadz apaan namanya?

Dan entah kenapa juga, saya kok, merasa geli jika mereka disebut sebagai ustadz.....

Ajaibnya mereka semua tiba-tiba menghilang begitu saja entah dimana sekarang? Sudah tidak laku atau emang ganti profesi?

emoticon-DP

Karena menurut pemahaman saya yang faqir ilmu ini, bukankah yang layak dan pantas diberi gelar ustadz itu adalah mereka yang jelas bagaimana latar belakang, sanad, dan keilmuannya?

Bagi saya, ustadz itu harus tawadhu dan berilmu (alim). Selain menguasai Al Quran dan hadist, seorang ustadz juga harus bisa memahami puluhan bahkan ratusan kitab-kitab tentang akidah, hukum-hukum Islam (fiqih), adab dan etika, serta disiplin ilmu lainnya sebagai perbandingan.

Dan itu semua tidak bisa dipelajari secara instan melalui Google apalagi Youtube. Butuh waktu bertahun-tahun bahkan tak berbatas.

Dan untuk bisa menguasai semua itu dibutuhkan banyak guru (ulama atau kyai) yang jelas, yang sholeh, yang tawadhu dan mumpuni di bidangnya.


Pertanyaannya adalah, apakah ustadz-ustadz dadakan yang menurut saya lebih pantas disebut selebritis itu pernah belajar sampai tamat kitab Al-Ajurumiyah, Amtsilah At-Tashrifiyah, Mushtholah Al-hadits, Arba’in Nawawi, Arba’in Nawawi, Fathul Qorib, Tausyaikh, Fathul Mu’in, Riyadhus Sholihin, Al-Adzkar, Minhajut Tholibin, Syarh Muslim, dan segudang kitab njlimet lainnya?

Sekali lagi saya tanya, pernahkah mereka membacanya? Dan jika kitab-kitab klasik di atas itu dianggap sangat berat, maka setidaknya mereka yang mengaku ustadz dan ustadzah ini bisa membaca "Juzz Amma" dengan qiroah, tajwid, dan makhroj yang benar.......


Fenomena Ustadz Produk Google & Trend Hijrah

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Fenomena banjir ustadz dan ustadzah dadakan ini memang agak dilema. Di satu sisi ini menunjukan adanya peningkatan kuantitas jumlah para da'i dan jemaah. Terlebih mereka yang mengaku ustadz ini menyasar kalangan remaja dan anak-anak gaul yang katanya sedang dalam proses hijrah.

Tapi karena prosesnya sangat instan, maka tak heran jika kita kerap mendengar berita di media tentang seseorang yang ujug-ujug pakai jilbab lalu melepasnya lagi.

Ada juga beberapa artis sensasional yang hanya karena sedang terbawa suasana lalu nekat berangkat umroh. Pulang umroh pakai jilbab dan pakaian syar'i. Tapi sebulan kemudian pake bikini dan pamer aurat lagi......

Demi Allah, bukan karena saya benci kepada mereka yang hijrah atau mereka yang mengaku ustadz (hasil polesan media). Saya cuma merasa kasihan, kok, bisa ustadz dibuat dengan cara instan? Kok bisa hijrah tapi gak kaffah?

Asal bisa ngomong "Subhanallah, Walhamdulillah, Walaila Hailallah" lalu sudah merasa pantas disebut ustadz?

Apa hanya karena pernah mengisi acara televisi di bulan Ramadhan lalu boleh dipanggil ustadz?

Apa hanya karena pernah sekolah di perguruan tinggi Islam selama 5 tahun lalu merasa lebih tinggi ilmunya dibanding Kyai Idrus Romli, Gus Baha, Emha Ainun Nadjib, Ustadz Adi Hidayat hingga Ustadz (beneran) Abdul Somad?

Apa hanya karena memiliki 20 orang jemaah lantas merasa dirinya ustadz?

Apa hanya karena modal jenggot dan sorban merek nganu lalu bisa disebut ustadz?



Saya kok curiga, jangan-jangan mereka yang mengaku ustadz (seleb) itu tidak pernah mengenal apalagi mempelajari yang namanya kitab "Taklim al-Muta’allim" apalagi "Ihya Ulumuddin". Sehingga tidak heran jika ada orang yang mengaku ustadz tapi akhlaqnya bobrok....

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Masa ada ustadz kondang dipenjara gara-gara menganiaya?

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Masa ustadz jebolan tivi memelintir dan menginjak kepala orang di atas panggung. Ustadz kok gitu amat?

Jika memang demikian maka saya juga tidak heran jika ada ustadz yang masih bisa berbohong kepada jemaahnya. Pantas saja jika ada ustadz yang mau digebuki oleh jemaah di Anyer karena dengan sengaja memperlambat jadwal ceramahnya......

Atau pantas saja jika ada ustadz yang dengan sengaja mencari uang dengan memasang tarif setinggi langit. Belum lagi fenomena ustadz yang banyak pamer tentang harta dan istri-istrinya yang mantan artis atau sok ngartis.

Dan yang paling menjijikan adalah mereka yang mengaku ustadz tapi kerjaannya sibuk mencari subscriber dan like di media sosial......


Dan saya yakin, para jemaah yang hadir bukan untuk mendengarkan tausyiahnya, melainkan hanya sekedar ingin melihat dari dekat wajah sang ustadz yang kerap muncul di televisi..........

Ustad dan Kyai beneran

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Bagi saya, mereka yang layak dan paling pantas disebut sebagai ustadz atau ulama adalah mereka yang menghindari politik praktis dan nafsu duniawi sebagai alat mencari uang dan kekuasaan.

Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Mereka yang layak dilabeli ustadz adalah mereka yang konsisten serta fokus mengurus umat dan santrinya agar menjadi manusia yang berakhlak dan berilmu. Sehingga bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, bangsa dan agamanya......

Ustadz asli adalah orang alim yang jelas latar belakang pendidikan agamanya, juga jelas siapa gurunya......

Ustadz beneran adalah mereka yang dekat dengan santri dan masyarakat......

Dan yang terakhir, ustadz beneran adalah ustadz yang senantiasa sowan kepada para ulama besar untuk terus mengaji dan menderas ilmunya. Itulah makanya ustadz beneran setiap harinya selalu berada di majelis-majelis ilmu. Bukan ngeksis di televisi atau pamer istri dan kekayaan.......


Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?

Semoga Allah SWT, senantiasa memuliakan dan menempatkan guru-guru alim di tempat yang terbaik.

Wabil khusus kepada Syekh Nawawi Al-Bantani (Banten), Syekh Asnawi (Caringin-Banten), Alm. Syekh Cholil (Madura) Alm. KH. Hasyim Asyari (Jombang) Alm. KH. Ahmad Dahlan (Sumbar), Alm. Abuya Dimyati (Pandeglang), Alm. kyai Abdurahman Wahid (Jombang), Alm. Gus Ma'syum (Kediri), Alm. kyai Maimoen Zubair (Rembang), Alm. kyai Abdul Hamid Hasbullah (Tambak Beras), Alm.Aki Fuad (Pandeglang).

Serta nama lainnya yang dimuliakan Allah SWT dan dicintai umat..........






Saya, napelogini.........Terima kasih

Photo : Google



Uuhhh.. Ustadz (beneran) abdul somad? Kok cringe yah
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 14:18
ustadz juga manusia
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 14:37
Quote:Original Posted By adrifebri
tapi, pastinya para ustadz2 ini ngga pasang tarif kan ya ?


Ya enggak bro, tapi ada jga kasus nya ustad yg d undang k cina tpi minta tarif
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 15:04
saya non-islam, cuma penasaran, apa UAS masuk dalam Ustad yang patut jadi contoh? mengingat baru2 ini beliau ceramahnya ada yang kontroversial. kalau untuk soal ilmu ok mungkin beliau udah menempuh dan mendalami tentang Islam dengan track record tinggi, tapi sempet buat isu provokatif, itu yang buat saya heran aja.

emoticon-raining
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 15:16
Behahahahaha emoticon-Ngakak (S)
Ai aga rancu sama beberapa istilah. Salah satunya tentang ulama

Dikategorikan sbg ustad/ulama itu berdasarkan apa? Parameternya apa?

Style berbusana yg 'muslim-wannabe' ?

Jenggot tergerai menjuntai?

Apal isi puluhan kitab?

Alumnus, sarjana, magistra, atau profesor dari al azhar?

Suka meet and greet/ceramah dg seribu umat?

Suka dikit2 klaim ini halal itu haram?

masuk jajaran direksi MUI/Muhammadiyah/NU/ahmadiah/dkk ?

Punya ponpes relatif gede?

Punya ribuan murid2 terdoktrin?
😂

Sorry. Sarcasm.
Tapi stereotip beliau2 di mata ai yang awam dan sudra ini memang seperti itu. Full pencitraan.
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 15:53
mereka bukan ustadz
mirip2 pernyataan "isis bukan islam"
sama aja pernyataan dari umat denial yg ga kuat lihat wajah agamanya emoticon-Betty
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 16:12
Tau ah.
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 16:20
setiap orang pasti kalau bener, ada keinginan untuk mengajak ke kebaikan. masalahnya kadang ada yg semangatnya tinggi tp ilmunya masih blm banyak sekali, jd ya emang perlu pilih2.
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 16:37
kebodohan umat adalah keberkahan bagi pemimpin nya emoticon-Cool
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 17:05
Ane yakin ini thread pasti sampai dan dilihat salahsatu yang dimaskud "nganu".
Diubah oleh menmax
profile-picture
napelogini memberi reputasi
1 0
1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 17:57
ya begitulah Indonesia,modal pakaian syari udh bs dibilang alim
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 20:02
Yah banyak yang karbitan yaaa skrggg hmmmm
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 21:01
pemuka agama yg benar itu memang benar2 belajar tentang agama sudah lama, jauhi politik dn sbagainya, tidak menjelekkan agama lain...
itu yg benar
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
19-02-2020 21:10


Quote:Original Posted By adrifebri
Ok, terima kasih atas reply nya. emoticon-Smilie
Tapi, gue bukan ingin membahas isi kajian mereka, siapapun ustadznya.
Gue cuman penasaran soal profesi mereka dan how they make a living sebagai ustadz.


Kebanyakan berdagang, sesuai anjuran dalam agama Islam, bahwa dianjurkan utk berdagang daripada bekerja

Ada yg punya travel, restoran, bisnis makanan, tambak/ekspor, sawah, dll

Pendakwah ini kan networknya luas... dianggap orang2 sebagai orang panutan, biasanya banyak orang yg mau kerjasama bareng/pemodal...

Harusnya sih ustadz2 / pendakwah itu biasanya levelnya udah diatas pemikiran kita...mengenai rezeki
Ga perlu dakwah/kajian utk mencari uang, ga dikasih pun juga ga apa apa mungkin...
Cm ustadz terkenal, skrg ini kebanyakan udah punya pegawai, mungkin di bagian media utk memperluas jaringan2 dakwah mereka melalui yutub, IG, buku, dll...

Ya bs aja uang yg mereka “tetap” terima dr hasil memberi kajian itu ya digunakan sbg “modal” utk syiar agama lagi... sehingga pahala mereka bertambah berkali lipat...

Level mereka dah beda dalam urusan mencari rezeki....

Rezeki ga akan ketuker... ane dah buktiin sendiri

profile-picture
napelogini memberi reputasi
1 0
1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 03:20
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan? Kalo yg ini termasuk ustad apa gan ????
Diubah oleh swpratama
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 09:42
ustadz ane cuman itu2 aja gan, dan tempat baru juga itu2 aja, dan ga pernah dengerin ceramah lewat utub dan sebangsanya, karena yang ane mau itu berdasarkan alquran dan alhadist dari mulut seorang ustad dan melihat lansung mimik bibir berbicaranya, kebetulan ane ga ada tipi jadi ga tau berita ustadz sejenis itu... emoticon-Army (S)
Diubah oleh dan2nd
profile-picture
napelogini memberi reputasi
1 0
1
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 11:56
ustad abu janda jangan ketinggalan
0 0
0
Ustadz Kok Gitu Amat, Atau Cuma Karbitan?
20-02-2020 12:30
Kalo ajarannya melulu kebencian dan kekerasan ya wajar kalo pengikutnya bangsad2.
Diubah oleh hadarmo
0 0
0
Halaman 15 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia