News
Batal
KATEGORI
link has been copied
280
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4ccb26af7e935cee27eca2/siap-siap-sri-mulyani-bakal-tarik-cukai-dari-motor-mobil
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengajukan pengenaan beberapa produk kena cukai ke Komisi XI DPR, Rabu (19/2). Salah satu barang yang akan kena cukai adalah kendaraan bermotor khususnya kendaraan yang masih mengeluarkan emisi CO2.
Lapor Hansip
19-02-2020 12:44

Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil

Past Hot Thread
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengajukan pengenaan beberapa produk kena cukai ke Komisi XI DPR, Rabu (19/2). Salah satu barang yang akan kena cukai adalah kendaraan bermotor khususnya kendaraan yang masih mengeluarkan emisi CO2.

Ketentuan yang akan diatur adalah, dikecualikan pada kendaraan:

- Kendaraan yang tak menggunakan BBM seperti kendaraan listrik
- Kendaraan umum, kendaraan pemerintah, kendaraan keperluan khusus seperti ambulan dan damkar
- Kendaraan untuk kebutuhan ekspor

Ketentuan pengenaan cukai akan dikenakan kepada pabrikan di dalam negeri dan kepada para importir. Namun, karakter pengenaan cukai pada umumnya, beban cukai itu akan diteruskan kepada konsumen yang membelinya.


Berdasarkana bahan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diterima CNBC Indonesia, belum ada besaran tarif yang diusulkan. Besaran tarif dapat berubah tergantung tujuan dari kebijakan pemerintah.

Pihak kemenkeu hanya menyatakan "Tarif cukai advalorum dan atau spesifik multi tarif berdasarkan emisi CO2 yang dihasilkan dan aspek keseimbangan dan keadilan"

Bagaimana cara pembayaran? berdasarkan dokumen tersebut diusulkan pembayaran berlaku secara berkala, dibayarkan setiap bulan.

"Tarif cukai kendaraan bermotor dapat ditetapkan dengan memperhatikan emisi CO2 yang dihasilkan yang dikombinasikan dengan parameter yang menggambarkan tingkat kemewahan untuk keseimbangan dan keadilan," jelas dokumen tersebut


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ri-motor-mobil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 12
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 12:48
btw, negara lain ada yang sudah menerapkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrimardi dan 9 lainnya memberi reputasi
5 5
0
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 12:51
Apa dari dulu gak cukai klo onroad ?
Di nota pembelian kan ada harga pabrikan berapa, plus doble pajak emoticon-Leh Uga jadi onroad.
Biasa itu di dealer harga 23jt kena bbn 3.5jt X2 <= nih jurus nye
Diubah oleh mibmobz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanblackcore dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 12:52
pajekin aja smuanya kontoI
Jiwasraya jebol.penerimaan pajak turun.daya beli kurang
Masih brani2nya majekin yg lain
Pantes d pecay beye
Diubah oleh carlito256gmail
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kerupukaleng dan 50 lainnya memberi reputasi
46 5
41
Lihat 13 balasan
Memuat data ..
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 12:54
ya bagus sih, lanjutken
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dropshot69 dan 13 lainnya memberi reputasi
2 12
-10
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 12:56


Noh

Sebelum diberlakukan, kalo mau beli mobil sekarang aja.
Cari mobil yg desainnya paling futuristis, sehingga dipakai sampai 10th ke depan masih trlihat keren.

Ntar kalo dh berlaku, dijamin hrg mobil baru melonjak naik semua. Udah kena pajak penjualan, pajak inport, masih kena cukai pula.

BTW, harga mobil di Indonesia trmasuk yg paling mahal di Asia Tenggara, krn beban pajak yg tinggi.

Makanya produsen pada suka nyunat2 feature (yg di negara lain spt Malaysia & Thailand ada, tp di Indo ga ada feature itu)
Tujuannya supaya hrga jualnya lebih realistis


Krn kalo smua feature dikasih, ditambah beban pajak penjualan kendaraan, harga mobil jd ga realistis kalo dihitung dalam dollar n di compare sama harga mobil di negara2 sekitar.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
rajin.meremas dan 28 lainnya memberi reputasi
29 0
29
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 12:58
Sok2an CO2
Bilang aja ga ada duit buat bayar bunga utang dan sekarang pontang panting.
Pengusaha ga bisa dipalak lagi,dunia usaha lesu
Parahnya para tukang selfie dan salaman mati2an bilang usahanya lagi rame.

11nya kambing hitam terbaru perlamabatan ekonomi ya virus corona,padahal perlambatan ekonomi sudah lambat sejak sebelum perang dagang.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
kerupukaleng dan 51 lainnya memberi reputasi
50 2
48
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:05
Pajakin teroosss emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warbound dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:09
Harga rokok naikkan jadi 100k aja kayak singapore, dijamin makmur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Peex60 dan 14 lainnya memberi reputasi
13 2
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:16
semuanya dipajakin

duit APBN dan BUMN disetor ke partai penguasaemoticon-fuck3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tetsunosheehan dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:16
Kan udah ada pajak tiap tahun, anggap aja itu buat emsi co2
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
1 0
1
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:16
Pajak kendaraan saja banyak yang nunggak/mati/ kagak mau bayar brayemoticon-Cape d...
Tambah lagi cukai-cukai segala macamemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:19
Ya klo baru ya murah pajaknya.. pajak progresif bagi kepemilikan mobil lbh dri 1 dan mobil diatas 10 thn yg bisa dinaikin

Tp ge yakin kgk bakal tepat targetnya. Secara orang sini jago ngadalin emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh ruuuruuu
profile-picture
profile-picture
tetsunosheehan dan kenny.1509kc memberi reputasi
2 0
2
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:25
Betul betul menteri yang paling kreatif bisa mencari celah untuk menambal defisit anggaran.

Ayo bu...Saya dukung ibu tingkatkan pendapatan negara bila perlu air hujan, air tanah, air sungai dan yang memanfaatkan udara dikenakan pajak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yuwen dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:33
Seterah ibu ajah... Makin banyak pajak makin kerasa oleh rakyat.... Sementara cukong besar hutang besar ongkang ongkangemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 13:33
wc umum kena cukai emoticon-Cool
profile-picture
Yuwen memberi reputasi
1 0
1
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 14:03
Quote:Original Posted By ganesha09part7
Sepeetinya bukan salah dia
Sepertinya dia di target sama orang yang bikin kebijakan sendiri dan pusing sendiri akhirnya anak buahnya dibikin pusing.


Mksd ny atasannya ya emoticon-Ngakak
Untung gw golput dulu.dan gw bangga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 14:13
Ayook buk naekin semua pajak mobil ma motor .. biar pada naek angkutan umum walau belom siap … bertahap ! biar Infra lbh ke Integrasi Moda Transportasi daripada bangun tol bikin byk mobil pribadi yg make drpd logistic.
profile-picture
kotiii memberi reputasi
1 0
1
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 14:38
manusia bernafas juga mengeluarkan emisi karbon lohemoticon-Ngakak
0 0
0
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 15:02
mentri kuntul emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Siap-Siap! Sri Mulyani Bakal Tarik Cukai dari Motor-Mobil
19-02-2020 15:12
Quote:Original Posted By urban21
@dr.anonymous Ya itu makanya saya bilang : Indonesia termasuk yg paling mahal.

Selain Singapore yg krn sempit wilayahnya, ya justru Indonesia ini yg luas wilayahnya malah termasuk mahal.

Bandingin sama harga mobil di Thailand, Malaysia, hingga Philiphine aja kita yg paling mahal.



harga mobil hrusnya lebih mahal... trus perbanyak angkutan umum dan perbanyak jalan baru...

di jawa udah padat penduduknya... plus jalan sempit.... sulit cari jalan utama 4 jalur...

kalo hrga mobil murah, jalan raya gak muat...





profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan nickNovero memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia