NovellaHikmiHasAvatar border
TS
NovellaHikmiHas
Gunungan Sampah Plastik yang Meresahkan, Mampukah Disulap?
Sampah Plastik yang Semakin Meresahkan


Bismillahirrahmanirrahhim

Satu dari sekian sebab rusaknya bumi ini yaitu tidak pedulinya manusia dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Banjir adalah salah satu permasalah besar yang rutin tiap tahun terjadi di negara kita pada musim penghujan. Banjir melanda hampir pada sebagian besar di segala penjuru negeri ini.

Selain karena memang Allah ingin memberikan bagaimana besar bukti kekuasaan-Nya, sehingga kita sebagai makhluq mampu untuk instropeksi diri dengan apa yang telah diperbuat.

Beberapa tahun terakhir, masalah penanganan sampah plastik memang sungguh meresahkan. Bagaimana tidak? Berbagai macam dan jenis produk berlomba-lomba dikemas indah juga cantik dengan bahan plastik. Terutama pada produk makanan dan minuman yang dikemas sedemikian rupa sehingga tampak menarik.

Semua perusahaan berusaha merancang dan mendesain produk makanannya seindah dan semenarik mungkin, berharap produknya laku keras di pasaran.

Namun sayangnya para pengusaha tidak memikirkan efek ataupun dampak buruk yang akan terjadi pada bumi ini, dari segala macam produk yang dihasilkannya.

Dari situlah sumber banjir berawal. Plastik-plastik pembungkus makanan dan minuman yang merebak, tentu saja tidak mudah terurai dengan tanah.

Namun, keresahan itu menjadikan beberapa orang yang peduli akan lingkungan dan juga yang kreatif telah mampu membuat mesin pengolah sampah plastik menjadi Paving Block Ramah Lingkungan.

Mesin ini dirakit sendiri oleh para pekerja, tidak hanya sederhana akan tetapi mesin ini adalah mesin yang irit akan bahan bakar.

Mesin ini dibuat oleh Bank Sampah Warisan Alam yang terdapat di Desa Sukapura-Kertasari, Bandung.

Quote:


Semoga tidak lama lagi di daerah-daerah lain juga terdapat orang-orang yang peduli akan lingkungan. Sehingga dapat meniru apa yang telah dilakukan para pekerja di Desa Sukapura-Kertasari, Bandung.

Atau mungkin daerah lain lebih kreatif lagi dalam pengolahan sampah plastiknya. Sampah plastik di daerah lain dapat diolah menjadi barang bermanfaat dalam bentuk lain. Sehingga permasalahan banjir yang tiap kali melanda dapat diminimalisir. Aamiin.

Semoga kita bisa lebih bijak lagi dalam penggunaan plastik, sehingga sampah plastik tidak lagi menggunung di mana-mana, yang cepat ataupun lambat akan berdampak buruk pada lingkungan kita. Aamiin

Baiklah semoga saja thread kali ini dapat memberikan kemanfaatan, pencerahan dan dapat memotivasi diri untuk semakin menjaga lingkungan.

Sampai jumpa


Wassalamu'alaykum wa rahmatullah


Penulis : NovellaHikmiHasan
Sumber Berita :
Link Sumber Berita
Sumber Gambar : Google, pinterest, Link
Diubah oleh NovellaHikmiHas 28-02-2022 12:54
anasabila
sebelahblog
agungdar2494
agungdar2494 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.5K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.