News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
300
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4bd98ca7276802ae0525e4/diramal-kejayaan-berakhir-sepeda-motor-malah-mau-dibatasi
Kejayaan sepeda motor di Indonesia diramal akan berakhir di tengah berkembangnya transportasi online, transportasi massal, dan perubahan gaya hidup kaum milenial.
Lapor Hansip
18-02-2020 19:33

Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi

Past Hot Thread
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejayaan sepeda motor di Indonesia diramal akan berakhir di tengah berkembangnya transportasi online, transportasi massal, dan perubahan gaya hidup kaum milenial.

Pemerhati Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan kondisi masa-masa sepeda motor akan mencapai periode kemandekan bahkan sunset adalah suatu keniscayaan. "Itu bisa terjadi, apalagi mulai gencar transportasi umum. Musuh sepeda motor itu transportasi umum," kata Djoko kepada CNBC Indonesia, Selasa (18/2).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat hingga 2018 ada 146,5 juta unit sepeda motor yang ada di jalanan. Angka tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya, meskipun tren penjualan sepeda motor dari tahun ke tahun memang menurun.

Kondisi ini seolah jadi alarm keras bagi pabrikan sepeda motor untuk mulai waspada. Namun, sialnya pemerintah justru punya rencana yang bisa membuat sepeda motor makin terpuruk di masa depan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyebut tidak menutup kemungkinan Indonesia akan mulai mengetatkan regulasi untuk sepeda motor. Cara ini agar masyarakat mulai beralih ke transportasi umum dan sedikit demi sedikit meninggalkan kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor.

"Bisa saja nanti di UU 22 (Revisi UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) yang sekarang lagi dibahas (di DPR)," kata Budi (18/2/2020).

Di dunia, negara-negara berkembang juga mulai ada kesadaran soal pembatasan sepeda motor. Pemerintah Kota Hanoi, ibu kota Vietnam, sudah berencana akan melarang sepeda motor di jalan raya pada 2030.

Bukan tidak mungkin Indonesia juga demikian. Kepada CNBC Indonesia, Budi memberikan bocoran mengenai regulasi yang mungkin akan gol nantinya. Namun bukan pelarangan, melainkan pembatasan usia untuk kendaraan.

"Kemarin saya dengar dari DPR udah menyampaikan pembatasan usia bukan pelarangan. Sekarang belum ada pembatasan usia kecuali angkutan umum pariwisata. Kalau kendaraan pribadi kan belum ada, (mungkin nanti ada) batasan apa 5 atau 10 tahun," sebutnya.

Untuk jangka waktu 5 tahun memang terlalu singkat untuk negara seperti Indonesia. Jika nantinya diterapkan bisa jadi lebih dari itu. "Kalau di beberapa negara macam-macam. jika satu negara menerapkan satu standar keselamatan yang bagus, ekosistem yang bagus. Bisa 10 tahun udah dibatasi nggak boleh lagi. Ada juga yang 15 tahun," sebutnya.

"Kita berapa? belum tahu nanti," tutup Budi.

CNBC

Lang, Lang, batesin aje terus Lang....
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariebetadine dan 34 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 13
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:16
Menurut ane, lebih baik diperbaiki dulu keseluruhan fasilitas transportasi umum. Rute diperluas, kemudahan akses dan pembayaran transportasi umum jadi kunci buat ane. Sekarang banyak yang belum merasa nyaman karena rutenya belum menjangkau ke banyak daerah, apalagi jaman sekarang pada males banget jalan. Nanti kalo angka kenaikan transportasi umum semakin naik (contoh kayak transjakarta yang menurut ane sukses banget di bidang peningkatan pemakai mereka), baru atur regulasinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:17
sebelum di sahkan, ibukota sudah terlanjur pindah duluan? mungkinkah hanya wacana? emoticon-Big Grin
profile-picture
Raaiiinnn memberi reputasi
1 0
1
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:17
kalau transportasi umum sudah merata, aman, dan nyaman pula, enakan naik transportasi umum aja sih
profile-picture
Raaiiinnn memberi reputasi
1 0
1
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:20
ya kalo gitu yang penting transport umumnya memadai lah
0 0
0
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:21
berlakukan dg cepat dikota² yg udah tradisi macet ...hmmm klo daerah rasanya ga bakal bisaemoticon-Cool
0 0
0
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:22
Quote:Original Posted By iskrim
sebelum di sahkan, ibukota sudah terlanjur pindah duluan? mungkinkah hanya wacana? emoticon-Big Grin


oembatasan hp bm ampe skg blum jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:24
Klo kendaraam umum bisa se praktis motor gpp deh emoticon-Ngakak ehgimanasi emoticon-Traveller
profile-picture
Raaiiinnn memberi reputasi
1 0
1
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:27
yang jelas harus diimbangi sama penyediaan transportasi publik yang mumpuni... bukan cuma di daerah besar kayak Jakarta, Surabaya, dll. tapi di kota-kota kecil juga emoticon-Jempol
0 0
0
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:28
Quote:Original Posted By 4nt1.sup3r
Ya bagus. Saya dukung bayar pajak tambahan yang gedenya luar biasa.


Sepertinya agan benci amat sama motor klasik sampe dipajakin setinggi mungkin. Motor klasik (macam vespa tua, honda cb, dan lain-lain), toh itu motor gk bakal bikin macet jalan khususnya di jakarta. Motor - motor klasik sekarang cuman di musiumin di rumah sekalinya keluar rumah cuman buat isi bensin, ke bengkel, dan kalo ada acara gathering komunitas motor doang
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan Raaiiinnn memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:31
setujunya dibatasin dari pengendaranya sih karena yang salah manusianya bukan motornya, motor hanya alat transportasi
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan Raaiiinnn memberi reputasi
2 0
2
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:32
iya neh njir gw baru pindah ke jakarta dah sumpek bgt ngeliat motor dah kayak semut di jalanan, udah gitu ugal"an hampir nabrak sana sini bikin gw parno klo naik ojek online
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:36
Di LN (kecuali India, Thai, Viet, dan sebangsanya) .... motor sudah bisa dikatakan lenyap di kota besar (bahkan tidak boleh masuk, kecuali dalam komplek), namun di kota kecil / kota penyangga masih ada walaupun hanya sejumlah sedikit saja.
0 0
0
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:37
setuju sih klo dibatesin, tp ya transportasi umum nya harus merata gk cm ada di kota fasilitas pendukung nya harus bagus
profile-picture
profile-picture
paidjoe92 dan Raaiiinnn memberi reputasi
1 1
0
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:39
kasian kasian kasian
profile-picture
stygiant memberi reputasi
0 1
-1
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:39
menurut gw sih pemerintah jangan banyak cincong, kelarin dulu sistem angkutan masal kaya di sgp, cina, malay.. bangun mrt masif tiap kota besar, bis2 yg nyaman dan murah.. apalah pokonya yg benar2 membantu ekonomi dan trasportasi murah rakyat.. kalau cuma wacana ini itu tapi angkutan masal masih semrawut ya sampe 5, 10, 20, whatever taun ya gini2 aja negara kita emoticon-Najis
Diubah oleh mamsky23
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan lqmnnhkm memberi reputasi
2 0
2
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:43
MOTOR TUA GUA GIMANA DONG NASIB NYA, YA SEDIHH AJIG
0 0
0
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:44
0 0
0
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:45
thread apaan sih ga ngerti gue.
profile-picture
stygiant memberi reputasi
0 1
-1
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:46
sekarang cukup dengan kirim foto ktp dan KK kirim via WA udah dapet motor baru.. sadis benerrr...

pembatasan kendaraan pribadi asal imbang aja dengan tranaportasi umum yang aman dan nyaman .
Diubah oleh manutsu
0 0
0
Diramal Kejayaan Berakhir, Sepeda Motor Malah Mau Dibatasi
18-02-2020 22:47
jangan cuman motor aja
mobil juga
0 0
0
Halaman 4 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia